invisible hit counter

Follow US

Jenis-Jenis Obat Alami Sakit Tenggorokan dan Batuk yang Mudah Ditemukan

Jenis-Jenis Obat Alami Sakit Tenggorokan dan Batuk yang Mudah DitemukanMengobati sakit tenggorokan dan batuk menggunakan obat alami sakit tenggorokan bisa menjadi alternatif pilihan apabila Anda tidak ingin mengonsumsi obat-obatan kimia. Meskipun sebenarnya obat-obatan yang dijual di pasaran secara bebas umumnya lebih cepat menyembuhkan sakit tenggorokan. Namun apa boleh dikata jika suatu saat Anda sedang terdesak tidak bisa membeli obat tersebut di apotek. Apakah Anda hanya akan membiarkan sakit tenggorokkan tersebut sembuh dengan sendirinya? Tentu tidak, bukan?

Oleh karena itu menurut kami obat sakit tenggorokan dan batuk yang alami juga cukup penting untuk diketahui jenis-jenisnya. Jadi jika sewaktu-waktu Anda tiba-tiba terserang sakit tenggorokan atau batuk, Anda tidak perlu repot membeli obat batuk di apotek atau di toko. Cukup dengan mencari bahan-bahan alami di dapur atau di lemari es, kemudian Anda olah bahan tersebut menjadi obat tradisional. Apalagi obat sakit tenggorokan yang alami biasanya juga tidak akan menimbulkan efek samping. Berikut ini kami jelaskan beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan dan batuk dengan obat-obatan alami.

Mengenal Beberapa Macam Obat Alami Sakit Tenggorokan dan Batuk

Meskipun bukan menjadi jenis penyakit yang berat, namun sakit tenggorokan ini biasanya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terutama bagi Anda yang pekerjaan sehari-harinya harus banyak mengeluarkan suara seperti memimpin rapat, mengajar atau bahkan menyanyi. Jangankan bicara, makan dan minum pun jadi serba salah. Pasalnya semua makanan terasa semakin membuat tenggorokan menjadi semakin tidak nyaman. Namun mungkin dengan beberapa jenis obat alami sakit tenggorokan berikut ini, Anda bisa segera mengatasi masalah tenggorokan dan batuk yang Anda alami.

  1. Air Garam

Air garam memang sangat identik dengan cara tradisional untuk mengobati sakit gigi. Tapi siapa sangka kalau ternyata berkumur dengan air garam juga cukup efektif untuk melegakan sakit tenggorokan. Anda juga tidak perlu takut untuk meminum air garam, asalkan dalam takaran yang tepat. Pasalnya minum air garam juga bisa menghilangkan panas dalam. Fungsi garam adalah sebagai antiseptik sehingga bisa membantu engencerkan lendir dan menghilangkan rasa nyeri pada tenggorokan. Gunakan setengah sendok teh garam untuk satu gelas air hangat. Aduk sampai merata, lalu gunakan untuk berkumur setidaknya 3 kali sehari.

  1. Madu dan Lemon

Campuran antara madu dan lemon juga dinilai cukup manjur menjadi obat alami sakit tenggorokan dan batuk. Rasanya pun pasti akan lebih nikmat ketimbang air garam. Kedua bahan alami ini memang sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh, termasuk sakit tenggorokan. Madu sendiri berkhasiat untuk membantu proses pengobatan karena mengandung anti-bakterial. Ditambah lagi lemon yang juga bisa mengatasi rasa nyeri pada tenggorokan. Jadi jika keduanya dikombinasikan, hasilnya pun akan lebih maksimal.

  1. Teh Jahe Hangat

Obat sakit tenggorokan dan batuk selanjutnya adalah teh jahe hangat, obat tradisional yang memang sudah sejak zaman dahulu digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Apalagi jahe mengandung zingiberin yang berfungsi untuk membuang racun dari dalam tubuh serta melancarkan sirkulasi darah. Jahe juga memiliki khasiat anti-inflamasi sehingga bisa membunuh bakteri jahat di dalam tubuh. Termasuk bakteri-bakteri yang mungkin menjadi penyebab sakit tenggorokan. Supaya rasanya lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan jahe dengan teh. Buat minuman teh jahe hangat sebagai obat alami sakit tenggorokan. Tenggorokan Anda niscaya akan merasa lebih nyaman dan batuk pun akan reda.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memang dikenal memiliki senyawa bernama allicin yang berkhasiat membunuh bakteri-bakteri di dalam tubuh. Namun jika dibandingkan dengan ramuan madu lemon atau teh jahe rasanya memang sangat tidak enak. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, Anda bisa langsung mengunyah bawang putih mentah-mentah dan diamkan di tenggorokkan Anda selama beberapa saat. Barulah setelah itu Anda berkumur dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya Anda boleh meminum dua jenis obat alami sakit tenggorokan sebelumnya, yaitu teh jahe atau madu lemon supaya rasa bawang putih di mulut Anda bisa segera hilang.

  1. Belimbing

Benarkah belimbing bisa digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan batuk? Benar sekali, karena ternyata belimbing bisa mengatasi rasa nyeri di tenggorokan. Pasalnya buah yang berbentuk bintang ini punya sifat anti-radang sehingga berkhasiat mengobati peradangan di tenggorokan. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, lebih baik konsumsi buah belimbing secara langsung. Tidak dalam kondisi dingin, karena makanan atau minuman dingin justru bisa membuat sakit tenggorokan semakin parah. Atau jika Anda ingin membuatnya menjadi jus buah, usahakan jangan menggunakan gula.

Penyebab Serta Gejala Sakit Tenggorokan dan Batuk

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk membuat obat alami sakit tenggorokan? Namun obat alami ini terkadang efek penyembuhannya memang tidak secepat obat-obatan di pasaran. Beberapa merk obat batuk terkenal juga terbukti cukup ampuh mengobati sakit tenggorokan dan batuk secara cepat. Tetapi tidak ada salahnya juga jika Anda mencoba obat-obatan alami yang tadi kami jelaskan.

Secara umum, radang tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri tersebut adalah bakteri Streptococcus Pyogenes, jenis bakteri yang juga bisa menular melalui media udara. Jadi jika Anda sedang sakit tenggorokan atau batuk, lebih baik gunakan masker. Jangan batuk atau meludah sembarangan di dekat orang yang sedang tidak sakit. Penderita sakit tenggorokan juga disarankan untuk tidak berbagi makanan atau minuman dengan orang lain yang sehat. Pasalnya bakteri Streptococcus Pyogenes ini juga bisa menyebar melalui media minuman dan makanan atau bahkan barang-barang lain yang sudah tertular bakteri tersebut.

Adapun gejala sakit tenggorokan dan batuk yang perlu Anda waspadai adalah ketika Anda mulai merasakan tenggorokan Anda tidak nyaman. Biasanya rasa tidak nyaman tersebut akan terasa saat Anda menelan ludah, menelan makanan atau saat minum. Coba lihat amandel Anda, jika membengkak dan berwarna merah, maka segera lakukan langkah pengobatan. Terkadnag juga terlihat bercak putih di bagian amandel. Gejala lain yang bisa Anda rasakan dengan mudah adalah kelenjar getah bening yang membengkak. Letaknya ada di leher, dan Anda bisa merasakan pembengkakkanya dengan mudah. Gejala lain yang harus Anda waspadai adalah demam tinggi, sakit kepala, ruam, nyeri pada sendi, mual dan muntah, atau mudah lelah.

Jika sudah demikian, lebih baik Anda periksakan diri Anda ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut. Meskipun sudah diberikan obat dari dokter, Anda juga tetap bisa minum obat alami sakit tenggorokan. Misalnya seperti teh jahe hangat atau minuman campuran madu dan lemon. Minumlah ramuan tradisional tersebut saat Anda sedang bersantai atau saat Anda mulai merasakan tenggorokan Anda tidak nyaman lagi. Dengan demikian sakit tenggorokan dan batuk yang Anda alami akan lebih cepat sembuh. Demikian tips mengenai obat sakit tenggorokan dan batuk alami. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *