invisible hit counter

Follow US

Inilah Tahap Perkembangan Anak 1 Tahun yang Mengagumkan

Inilah Tahap Perkembangan Anak 1 Tahun yang MengagumkanMenjadi orangtua yang baik berarti tidak boleh melewatkan segala perkembangan dan pertumbuhan anak, khususnya perkembangan anak 1 tahun yang lagi lucu-lucunya. Kini ia sudah lebih besar, lebih pintar dan lebih responsif bila diajak bermain dan berinteraksi oleh Anda. Pada usia ini, seorang anak sudah jarang disebut bayi lagi dan sudah menyandang predikat batita.

Banyak perubahan yang Anda hadapi, mulai dari jam tidur mereka yang mulai teratur, cara mereka memainkan mainan, tangisan anak ketika Anda pergi bahkan perubahan berat badan sekalipun. Dan seiring berjalannya waktu, Anda harus mulai memikirkan mainan anak 1 tahun dan makanan untuk anak 1 tahun yang dapat Anda mulai berikan pada buah hati Anda agar pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih optimal.

Bagaimana Perkembangan Anak 1 Tahun?

Parents, bersiaplah menyambut perkembangan anak 1 tahun yang terjadi pada anak Anda. Bersiaplah untuk menghadapi rasa takut anak ketika berhadapan dengan orang asing, tangisan anak bila Anda meninggalkan dia, kebiasaan baru anak untuk mengeksplor mainannya dan tantrum yang anak berikan bila dipisahkan dari benda favoritnya. Terlepas dari itu, bersiaplah juga menerima kelucuan mereka saat merespon perkataan Anda, mencoba membantu Anda ketika Anda memakaikan baju padanya, cerewet meniru perkataan Anda, serta usaha mereka untuk berdiri, jalan atau duduk sendiri yang sangat menggemaskan. Berikut adalah perkembangan anak 1 tahun yang tidak boleh Anda lewatkan:

  • Berat Badan

Perkembangan pertama yang harus Anda perhatikan dari anak Anda yang telah menginjak 1 tahun adalah berat badannya. Pada usia 1 tahun seorang anak haruslah mencapai berat badan 3 kali dari berat lahirnya. Otak bayi Anda pada usia 1 tahun telah mencapai 60% dari berat dan besar otak orang dewasa. Setelah kenaikkan berat badan yang cukup pesat pada tahun pertama kehidupan, berat badan anak Anda akan melambat, apalagi karena aktivitasnya yang kian bertambah.

  • Kemampuan Motorik

Motorik atau kemampuan bergerak anak Anda pun akan mengalami perkembangan yang cukup berarti. Perkembangan anak 1 tahun yang harus Anda perhatikan adalah anak Anda sudah dapat berdiri sendiri atau bahkan telah dapat melangkahkan kakinya untuk pertama kali. Bila belum, terus dukung anak Anda untuk dapat melakukan kemampuan ini.

Perkembangan anak 1 tahun lainnya yang harus Anda perhatikan adalah di usia ini, anak Anda seharusnya sudah dapat makan menggunakan jari-jemarinya sendiri, membantu orangtua ketika orangtua memakaikan mereka baju, dan dapat membolak-balik halaman buku. Anda mulai dapat melatih anak Anda menggunakan sendok dengan benar, pura-pura mengangkar telepon dan menyisir rambut sendiri. Meski belum dapat melakukannya dengan sempurna, ia sudah mengerti maksud pelatihan Anda.

  • Kemampuan Sosial dan Emosional

Perkembangan anak 1 tahun lainnya adalah perkembangan dari segi psikologisnya. Pada usia ini, anak menjadi pemalu dan takut bila berada di sekitar orang asing yang tidak dikenalnya. Dan jangan kaget bila anak Anda menangis bila ditinggal oleh orangtua dan pengasuhnya. Anak Anda pun kini memiliki beberapa orang favoritnya, seperti orangtua, pengasuh atau saudaranya. Ia juga sudah memiliki benda favoritnya seperti mainan, guling atau selimut sehingga seringkali anak menangis bila benda favoritnya ini diambil dari jangkauan mereka. Pada usia ini mereka pun sudah dapat memberikan buku cerita kepada orangtua bila ingin mendengarkan cerita dongeng favoritnya.

  • Kemampuan Berbahasa dan Berkomunikasi

Menginjak usia 1 tahun, anak Anda akan mengerti dan dapat merespon perintah atau permintaan Anda yang sederhana. Iya pun mulai dapat memperlihatkan beberapa gerakan sederhana untuk mengisyaratkan keinginannya, seperti menggelengkan kepala atau melambaikan tangannya sebagai symbol selamat tinggal. Perkembangan anak 1 tahun lainnya di bidang bahasa adalah ia mulai dapat memberikan intonasi terhadap celotehan atau teriakannya. Dan paling penting, ia berusaha mengikuti untuk mengatakan kata-kata yang Anda ucapkan.

  • Kemampuan Kognitif (Belajar dan Memecahkan Masalah)

Perkembangan anak 1 tahun lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah kemampuan belajar, berpikir dan memecahkan masalah yang ia tunjukkan. Pada usia 1 tahun, anak Anda biasanya sudah mampu menemukan benda yang Anda sembunyikan secara sederhana, meniru gerakan Anda, mengeksplorasi benda secara menyeluruh seperti menggoyang-goyangkan bendanya, memukul benda atu melempar bedna. Iya juga sudah dapat menaruh mainan di dalam suatu wadah atau juga mengeluarkan mainan sendiri. Anak pun sudah dapat menunjuk atau menoel sesuatu dengan jari telunjuknya.

Tips Memilih Mainan Anak 1 Tahun

Banyak sekali jenis mainan yang sudah dapat Anda berikan pada anak 1 tahun. Karena kini ia sudah dapat mengerti dan mengekplorasi benda, memberikannya mainan yang beraneka ragam rupa, warna dan bentuk sangatlah cocok untuk mereka, misalnya balok beraneka bentuk dan warna, instrument musik untuk anak 1 tahun, serta bola karet. Anda juga dapat memberikan mainan yang dapat mendukung fungsi berjalan anak Anda, seperti kereta dorong dengan 4 roda. Coba berikan juga buku cerita yang menarik untuk anak, karena kini ia senang mendengarkan dongen dari buku cerita. Terakhir, Anda dapat memberikannya telepon-teleponan sederhana agar ia mengerti konsep memegang dan menggunakan telepon.

Tips Memilih Makanan untuk Anak 1 Tahun

Perkembangan anak 1 tahun lainnya akan tampak nyata dari makanan yang sudah mulai harus Anda berikan pada anak Anda. Pada usia ini, bila ASI yang keluar dari tubuh ibu sudah mulai menipis, Anda boleh mulai mengganti ASI sepenuhnya dengan susu sapi atau susu formula. Mulailah dari susu full cream. Karena anak Anda membutuhkan asupan lemak untuk mendukung pertumbuhan otak, menimbun lemak sebagai makanan cadangan dan perkembangannya pula. Jangan memberikan produk makanan rendah lemak, setidaknya sampai anak Anda menginjak usia 2 tahun.

Pada saat ini, anak Anda sudah wajib mendapatkan makanan padat. Bahkan seharusnya, waktu yang tepat untuk mulai memberikan makanan yang lebih padat adalah ketika anak Anda berusia 7 bulan. Menginjak usia 1 tahun, si kecil sudah dapat memutuskan kapan ia lapar dan kapan ia kenyang. Biarkan anak Anda menentukan seberapa banyak ia ingin makan. Ingat untuk memberikan cairan sebelum ia makan makanan padat, seperti susu, air putih atu jus. Meski susu merupakan makanan penting, usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan susu, karena bayi dapat kenyang lebih cepat dan dapat menyebabkan bayi menderita anemia defisiensi zat besi.

Pada usia 1 tahun, ia sudah harus mengenal makanan orang dewasa, dan memulai makan makanan yang biasa Anda makan. Usahakan untuk tetap memberikan pilihan makanan yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan dan daging lunak agar ia terbiasa menyenangi makanan sehat sampai di usia dewasa. Berikan anak Anda berbagai macam rasa dan tekstur baru dari makanan yang ia konsumsi secara berkala. Karena kini ia sudah dapat mengonsumsi makanan jenis apa saja (ya, termasuk madu), berhati-hatilah dengan makanan yang dapat membuat ia tersedak, seperti satu butir anggur utuh, sosis dalam potongan besar, popcorn dan makanan apapun yang dapat tersangkut di tenggorokannya. Selalu damping si kecil saat makan.

Menyenangkan bukan rasanya menjadi orangtua? Meski melelahkan pada bulan-bulan pertama, namun pertumbuhan dan perkembangan anak Anda rasanya lebih dari cukup sebagai bayaran usaha kerja keras Anda. Apalagi bila melihat buah hati kini begitu dekat dengan Anda, asik memainkan mainannya, meminta Anda membacakan buku cerita favoritnya dan mulai dapat menunjukkan kasih sayangnya pada Anda dan pasangan Anda. Berikan mainan dan makanan terbaik bagi si kecil demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *