invisible hit counter

Follow US

Inilah Menu MPASI 6 Bulan yang Bernutrisi dan Mudah Dibuat

Inilah Menu MPASI 6 Bulan yang Bernutrisi dan Mudah DibuatUntuk melengkapi nutrisi bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan maka ibu sudah harus mempersiapkan menu MPASI 6 bulan. MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) diperlukan bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya yang didapat dari makanan yang disesuaikan untuk bayi. Selain itu dengan pemberian MPASI juga dapat menurunkan risiko alergi serta melatih pencernaan bayi. Bayi pun juga dapat dilatih beradaptasi dengan berbagai makanan yang disuapkan kepadanya. Karena baru dalam proses adaptasi dalam mencerna makanan, maka tidak sembarangan makanan boleh diberikan kepada bayi.

Menu MPASI 6 bulan yang diberikan kepada bayi hendaknya mempunyai kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Nutrisi tersebut antara lain yatu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air, dan serat. Prinsip dalam memberikan makanan yang diberikan kepada bayi usia berusia 6 bulan yaitu bahwa bentuknya . Artinya makanan dihaluskan dulu dengan cara dibuat bubur atau juss, kemudian diencerkan dengan air secukupnya agar makanan tersebut dapat ditelan bayi dengan mudah dan aman. Organ pencernaan bayi juga bekerja secara sempurna, sehingga makanan yang diberikan adalah yang paling mudah dicerna.

Berbagai Pilihan Menu MPASI 6 Bulan

Dalam membuat makanan untuk bayi tidak harus mahal, tetapi dapat menggunakan bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Makanan yang bergizi dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Bahan makanan dapat berasal dari berbagai jenis buah, sayur, biji-bijian, biskuit bayi, telur, ikan, daging, dan sebagainya. Anda dapat mengkombinasikan bahan makanan seiring dengan pertambahan usia bayi. Berbagai pilihan menu MPASI 6 bulan untuk bayi antara lain sebagai berikut:

  1. Bubur pepaya

Pepaya merupakan buah yang cocok digunakan sebagai bahan menu MPASI 6 bulan karena mudah dicerna dan bergizi tinggi. Cara membuatnya yaitu siapkan 50 gram pepaya kupas, cuci sampai bersih, dan potong-potong. Haluskan pepaya dengan cara diblender, tambahkan sekitar 30 ml ASI. Setelah halus, tuang ke dalam mangkuk dan siap diberikan untuk si kecil.

  1. Bubur pisang

Selain pepaya, pisang juga sangat baik diberikan kepada bayi karena teksturnya yang lunak dan lembut. Cara membuatnya yaitu siapkan 50 gram pisang ambon kupas, dan potong kecil-kecil. Siapkan juga sekitar 30 ml ASI. Blender pisang bersama ASI sampai halus, tuang dalam mangkuk, dan sajikan kepada bayi.

  1. Bubur alpukat

Alpukat dapat Anda pilih sebagai salah satu pilihan menu MPASI 6 bulan karena kaya akan nutrisi penting terutama vitamin dan mineral serta kaya serat. Cara membuatnya yaitu siapkan 50 gram daging alkpukat, cuci, dan potong-potong. Masukkan daging alpukat ke dalam blender, lalu tambahkan sekitar 25 cc ASI atau susu formula. Blender sampai halus sekitar 4 menit, lalu sajikan dalam sebuah mangkuk.

  1. Bubur dari tepung beras

Anda dapat membuat makanan pokok untuk bayi dari bahan tepung beras. Cara membuatnya yaitu siapkan 10 gram tepung beras lalu dimasak dengan sedikit air. Setelah masak tuangkan dalam wadah dan tambahkan 200 ml ASI perahan atau air matang.

  1. Bubur bayam

Menu sayuran juga dapat Anda berikan pada si kecil, salah satunya yaitu bayam. Cara membuatnya yaitu siapkan 50 gram bayam yang dibersihkan tangkainya dan dicuci bersih lalu direbus sampai matang. Kemudian haluskan bayam dan tambahkan 50 ml ASI perahan atau air sisa rebusan bayam.

  1. Bubur jagung

Berikutnya, menu MPASI 6 bulan yang dapat Anda berikan kepada bayi yaitu bubur jagung. Cara membuatnya, siapkan 100 gram jagung manis yang sudah dipipil, dikukus hingga lunak kemudian campurkan 100 ml ASI atau air matang, diblender, kemudian disaring.

  1. Bubur kacang hijau

Kacang hijau kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan oleh bayi. Cara membuatnya yaitu siapkan 2 sendok makan kacang hijau, 200 cc air, dan 50 cc ASI atau susu formula. Mula-mula rebus kacang hijau bersama 200 cc air dalam sebuah panci selama sekitar 20 menit dengan api sedang, lalu angkat. Haluskan kacang hijau dengan air rebusan yang tersisa, kemudian saring agar kulitnya tidak tercampur. Tambahkan ASI atau susu formula supaya lebih encer, dan berikan pada bayi.

  1. Kentang wortel

Sayuran kentang dan wortel juga sangat baik diberikan sebagai salah satu menu MPASI 6 bulan. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 buah wortel, cuci sampai bersih, dan potong kecil-kecil. Lalu siapkan 1 buah kentang, dikupas, cuci sampai bersih, dan dipotong dadu. Pertama-tama kukus kentang dan wortel sampai lunak, kemudian haluskan dengan cara diblender. Tambahkan sekitar 100 ml ASI, tuang ke dalam mangkuk, dan makanan pun siap disajikan kepada bayi.

  1. Kakap tahu

Ibu juga dapat memberikan makanan pada si kecil dari bahan ikan kakap dan tahu yang tentunya memiliki nilai gizi yang tinggi. Cara membuatnya yaitu siapkan 50 gram fillet ikan kakap, 1 sendok makan perasan jeruk nipis, ½ sendok teh jahe parut, 50 gram tahu halus (tahu sutra) yang dipotong kecil-kecil, dan 250 ml air. Pertama lumuri ikan kakap dengan jeruk nipis dan jahe, diamkan selama kurang lebih 3 menit lalu dicuci dengan air mengalir. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan ikan kakap dan tahu, rebus sebentar, angkat, lalu didinginkan. Setelah dingin, haluskan dengan cara diblender, tuang dalam mangkuk, dan sajikan.

Selain mengetahui menu MPASI 6 bulan seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua tentang prinsip dalam memberikan MPASI. Hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut perhatikan alergi makanan pada bayi. Caranya pada tahap awal berikan bahan makanan satu persatu dulu (jangan dicampur) sehingga akan dapat dideteksi jenis makanan apa yang memberikan reaksi alergi pada bayi. Kemudian berikan makanan bayi secara bertahap, baik dalam hal jumlah maupun jenis makanannya. Artinya pada tahap awal jangan berikan makanan dalam jumlah yang banyak, dan pilihlah jenis makanan dari yang paling mudah dicerna bayi.

Dalam memberikan makanan pada bayi sebaiknya hindari memberikan penyedap rasa buatan, lebih baik gunakan cita rasa alami seperti dari daun seledri, daun salam, daun bawang, atau berbagai jenis kaldu seperti kaldu ayam, ikan, atau sapi. Hal yang tak kalah pentingnya yaitu untuk selalu menjaga kebersihan bahan dan alat makan bayi. Gunakan bahan makanan yang kondisinya baik, serta bersihkan atau cuci bahan makanan sebelum dimasak/diolah. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci peralatan makan bayi dengan bersih. Pembuat dan penyaji makanan bayi pun juga harus mencuci tangan baik pada saat membuat atau memberikan makanan pada bayi. Semua itu ditujukan agar bayi terhindar dari risiko masuknya kuman penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *