invisible hit counter

Follow US

Inilah Berbagai Penyebab Sering Sariawan yang Membandel

Inilah Berbagai Penyebab Sering Sariawan yang MembandelPenyebab sering sariawan berulang adalah hal yang banyak dicari masyarakat umum. Bagaimana tidak, penyakit yang menyakitkan dan sering terjadi pada hampir seluruh manusia di muka bumi ini kerapkali menyerang keseharian kita hingga mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari. Mengenali dan mengidentifikasi penyebab sering sariawan dapat menjadi cara bagi kita untuk menghindari penyebab tersebut sehingga kesehatan rongga mulut tetap terjaga. Beberapa cara mengobati sariawan juga akan dibahas di artikel ini.

Beberapa Penyebab Sering Sariawan dan Pencetus Terjadinya Sariawan di Rongga Mulut

Sariawan, atau nama kedokterannya stomatitis aphtosa, merupakan suatu keadaan pada mukosa mulut yang perih dan menyakitkan. Pada sariawan, terjadi luka yang menjorok ke dalam di mukosa mulut atau dapat pula di lidah. Meskipun penyakit sariawan merupakan salah satu penyakit dalam rongga mulut yang sering terjadi, penyebab pasti dan mekanisme terjadinya sariawan di rongga mulut masih belum diketahui secara pasti. Beberapa ahli sudah meneliti dan mengemukakan beberapa penyebab sering sariawan yang telah kami rangkum. Penyebab sariawan tersebut adalah:

  • Genetik

Bukan hanya penyakit kencing manis atau tekanan darah tinggi yang disebabkan karena adanya faktor keturunan dari leluhur, penyakit sariawan pun erat kaitannya dengan gen DNA yang diwariskan orangtua dan leluhur kepada kita. Penelitian yang dilakukan para ahli mengatakan bahwa hampir 40% pasien sariawan mempunyai riwayat sariawan berulang yang menandakan bahwa besar kemungkinan pnyebab sering sariawan adalah kerentanan pada beberapa orang tertentu. Para ahli juga berpendapat penyakit sariawan ini rentan terjadi pada jenis ras atau etnis tertentu. Jadi, bila keluarga Anda memiliki riwayat sakit sariawan yang sering dan berulang, janganlah heran bila Anda pun sering mengalami sariawan.

  • Luka Pada Rongga Mulut

Mungkin Anda sering memperhatikan bahwa luka yang terjadi pada rongga mulut dapat berlaknjut menjadi sariawan yang harus menunggu 10-14 hari untuk sembuh. Ya, luka pada rongga mulut sangatlah berpenngaruh menimbulkan penyakit sariawan. Luka tersebut dapat terjadi karena misalnya saja tindakan penyuntikan di rongga mulut, mukosa mulut yang tidak sengaja tergigit oleh gigi Anda, cara menyikat gigi yang terlalu keras serta permukaan gigi yang tajam yang selalu mengiritasi mukosa mulut. Tidak lupa, gigi geraham paling belakang yang tidak kunjung keluar pun dapat menimbulkan luka pada rongga mulut kronis yang sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter Anda.

  • Kekurangan Zat Besi dan Vitamin B12

Meskipun terkenal karena kekurangan Vitamin C, ternyata sariawan lebih berkaitan dengan kurangnya zat besi serta Vitamin B12. Dua zat nutrisi tersebut merupakan komponen yang sangat diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah merah. Para ahli menemukan kaitan kurang darah atau anemia dengan terjadinya penyakit sariawan. Maka, menjaga asupan makanan yang mengandung zat besi serta Vitamin B12 sangatlah penting untuk mencegah terjadinya sariawan yang berulang pada rongga mulut.

  • Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Beberapa ahli memperkirakan adanya hubungan yang bermakna antara infeksi atau masuknya kuman mikroorganisme ke dalam tubuh dengan terjadinya sariawan. Selain itu, penurunan daya tahan tubuh tanpa adanya infeksi pun ternyata berkaitan dengan episode terjadinya sariawan pada rongga mulut. Penyebab sering sariawan ini dapat dicegah dengan makan makanan yang mengandung nutrisi baik, mengonsumsi makanan dengan antioksidan, olahraga teratur dan menghindari suhu lingkungan yang terlalu dingin.

  • Alergi Makanan

Penyebab sering sariawan lainnya adalah adanya alergi pada makanan yang kita konsumsi. Proses alergi ini akan mencetuskan terjadinya radang pada mukosa mulut sehingga akan menimbulkan luka dan terbentuklah sariawan. Beberapa jenis makanan yang dicurigai berperan dalam pembentukan alergi yang terlokalisir di dalam mulut adalah kopi, cokelat, keju, kacang-kacangan serta buah-buahan yang asam. Cobalah untuk mengurangi konsumsi produk makanan di atas ketika Anda sedang sariawan atau daya tahan tubuh Anda sedang rentan, karena dikhawatirkan dapat mencetuskan episode sariawan yang lebih parah.

  • Infeksi Virus dan Bakteri

Kuman atau mikrooganisme yang menyerang rongga mulut dapat menjadi salah satu penyebab sering sariawan yang umum terjadi. Infeksi bakteri dari kuman Streptococcus atau juga Helicobacter pylori dapat menyebabkan sariawan yang berulang. Beberapa jenis virus pun mempunyai kaitan dengan terjadinya sariawan pada rongga mulut. Sariawan yang sangat parah dan lama sembuh biasanya berkaitan dengan infeksi virus Herpes. Maka, menjaga sanitasi makanan yang kita konsumsi sangatlah penting bagi kesehatan rongga mulut kita.

  • HIV

Salah satu penyebab sering sariawan yang harus diwaspadai adalah adanya infeksi virus HIV atau bahkan ketika sudah terjadi penyakit AIDS. Sariawan yang berulang dan tidak kunjung sembuh biasanya menandakan adanya penurunan daya tahan tubuh kronis seperti yang terjadi pada penyakit AIDS. Apalagi bila searing sariawan ini diikuti oleh adanya lapisan putih di mulut, adanya luka seperti cabang daun di lidah serta diikuti gejala diare kronis, demam kronis serta batuk yang tidak kunjung sembuh. Periksakan diri Anda ke dokter bila gejala-gejala di atas terjadi pada tubuh Anda.

  • Kanker Mulut

Terjadinya sariawan yang berulang dan menetap dengan lama dapat mengakibatkan terjadinya kanker pada rongga mulut. Sebaliknya, gejala utama kanker mulut adalah adanya sariawan dan luka pada rongga mulut yang lama dan tidak kunjung membaik dan berjalan sampaiberminggu-minggu. Maka, bila terjadi suatu sariawan yang lama serta sering berulang di tempat yang sama, konsultasikan kondisi ini ke dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang lebih optimal.

Bagaimana Cara Mengobati Sariawan atau Mempercepat Penyembuhan Sariawan?

Sariawan menrupakan penyakit yang menimbulkan nyeri dan sangat menganggu kualitas hidup. Mulai dari mengganggu proses makan, minum, berbicara hingga menyikat gigi, penyakit ini pokoknya dapat membuat hidup menjadi tidak nyaman. Tidak heran banyak masyarakat yang mencari bagaimana cara mengobati sariawan agar tidak terlalu nyeri dan cepat menghilang. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati sariawan:

  • Minum air putih yang banyak
  • Menyikat gigi dengan teratur, sehingga rongga mulut selalu dalam keadaan bersih
  • Berkumur menggunakan obat kumur atau air garam
  • Konsumsi paracetamol sebagai penahan nyeri
  • Konsumsi makanan dengan Vitamin B12 dan zat besi
  • Konsumsi yogurt
  • Hindari makanan yang terlalu pedas, panas dan berminyak
  • Menempelkan es batu pada sariawan Anda

Menderita penyakit sariawan merupakan hal yang sangat tidak enak dan sangat mengganggu. Namun setelah mengetahui beberapa penyebab paling sering dari terjadinya penyakit yang menyerang mukosa rongga mulut ini tentu Anda kini dapat menghindari penyebab-penyebab tersebut. Misalnya berhati-hati bila mengunyah makanan agar mukosa mulut tidak luka, atau memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan Vitamin B12. Untuk memperpendek dan mengatasi nyeri yang ditimbulkan sariawan, Anda dapat mencoba hal-hal di atas yang sudah kami jabarkan. Jangan lupa untuk mengonsultasikan kondisi Anda ke dokter bila sariawan terjadi terus menerus, tidak kunjung sembuh dan selalu terjadi pada lokasi yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *