invisible hit counter

Follow US

Inilah Berbagai Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Inilah Berbagai Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu HamilMengetahui apa saja makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil dalam masa kehamilannya tentu merupakan keharusan guna menjaga tumbuh dan kembang janin di dalam kandungan. Seorang janin di dalam kandungan sudah tentu membutuhkan nutrisi yang optimal dari berbagai jenis makanan yang ada, akan tetapi tidak semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu aman bagi kondisi sang buah hati. Beberapa makanan di bawah ini justru merupakan makanan yang banyak kita jumpai di sekitar kita dengan rasa yang nikmat serta harga yang terjangkau dan bisa saja menarik wanita hamil untuk menyantapnya. Untuk itu simaklah artikel di bawah ini dimana kita akan bersama-sama membahas mengenai makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil dan juga makanan apa yang sehat bagi wanita hamil.

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Sebagai wanita yang sedang hamil kita tentu sering mendengar nasihat maupun larangan-larangan dari ibu, nenek ataupun saudari-saudari kita yang pernah hamil sebelumnya mengenai asupan makanan. Begitu banyak daftar makanan yang tidak bisa dimakan tentu membuat kita bertanya apakah informasi tersebut hanyalah mitos belaka atau memang memiliki bahaya yang sesungguhnya. Mari kita lihat makanan-makanan berikut ini.

  • Buah nanas

Buah fenomenal satu ini entah sudah berapa tahun lamanya menjadi daftar tetap makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Keadaan ini tentu bukanlah mitos belaka, karena begitu banyak penelitian di bidang medis yang sudah membuktikan bahaya mengkonsumsi nanas saat kehamilan. Ditemukannya kandungan Bromelain sebuah ekstrak protein di dalam buah nanas ini menjadi penyebab utama karena bisa menimbulkan kontraksi rahim dan dapat menyebabkan leher rahim menjadi lemah. Dua proses pada rahim inilah yang akan menyebabkan seorang wanita hamil keguguran.

  • Sayur-sayuran mentah

Mengkonsumsi sayuran bagi kita  tentu merupakan sebuah anjuran yang positif dan baik bagi kesehatan, akan tetapi bagi wanita hamil sayuran mentah yang tidak di masak seperti beberapa produk lalapan, salad, lotek dan gado-gado yang tidak bisa dijamin kebersihannya sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Selain karena sisa pestisida yang mungkin tidak bersih sepenuhnya, kemungkinan adanya kuman pada produk sayuran mentah yang diolah kurang baik ini perlu diwaspadai. Akan tetapi jika ibu bisa memastikan kebersihan olahan makanan tersebut, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan-makanan di atas.

  • Produk daging mentah

Seperti halnya sayuran mentah di atas, produk-produk daging mentah juga merupakan salah satu makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Contoh produk daging yang tidak dianjurkan ini selain daging merah, juga daging ikan yang disajikan mentah seperti pada sebagian besar olahan sushi dan telur yang setengah matang. Berbagai jenis daging maupun ikan yang belum dimasak sepenuhnya mengandung sejumlah bakteri, virus maupun parasit tertentu yang dapat menimbulkan penyakit bagi sang ibu dan janin.

Begitu juga dengan produk telur yang diolah setengah matang, beberapa penilitan menemukan adanya kuman Salmonella di dalam telur yang tidak diolah secara sempurna tersebut. Akan tetapi produk daging merah, ikan maupun telur memiliki kandungan protein yang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Untuk itulah konsumsi ketiga jenis makanan ini tetap sangat dianjurkan, akan tetapi harus diperhatikan bagaimana kebersihan dan pengolahannya dimana setiap jenis makanan ini harus diolah hingga matang seutuhnya.

  • Produk susu yang belum dipasteurisasi

Selain jenis-jenis makanan di atas, terdapat beberapa jenis makanan lain yang juga menjadi  pantangan makanan ibu hamil seperti beberapa jenis susu yang belum dipasteurisasi karena produk susu yang belum dipasteurisasi memiliki kemungkinan tinggi mengandung kuman Listeria yang berbahaya bagi keselamatan sang bayi.

  • Minuman berkafein

Kafein adalah salah satu stimulan yang dikenal luas oleh masyarakat, biasa digunakan sebagai minuman pencegah rasa kantuk bagi banyak orang. Sebagai stimulan atau zat perangsang sistem saraf, selain membuat kita tetap terjaga semalaman kafein juga dapat memberikan beberapa efek seperti peningkatan denyut jantung dan juga tekanan darah, meningkatkan frekuensi buang air kecil dan juga diare.

Karena alasan-alasan tersebut maka konsumsi kafein dianjurkan untuk dibatasi pada setiap wanita hamil karena dapat mengganggu tumbuh serta kembang janin. Selain kopi, produk minuman yang mengandung kafein antara lain teh, minuman-minuman bersoda, cokelat dan beberapa minuman berenergi.

  • Minuman beralkohol

Minuman dengan kandungan alkohol di dalamnya tentu tidak baik bagi suatu kehamilan dan merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari oleh semua wanita hamil. Alkohol yang dikonsumsi oleh seorang wanita yang sedang hamil dapat menembus plasenta dan diterima oleh sang buah hati.

Alkohol yang masuk ke dalam tubuh janin ini dapat mengganggu proses tumbuh dan kembangnya terutama proses pembentukan sistem saraf, sehingga tidak heran jika banyak bayi yang dilahirkan oleh ibu yang mengkonsumsi alkohol selama kehamilannya akan mengalami kecacatan baik fisik maupun mental.

Lalu Bagaimana dengan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil?

Setelah melihat daftar makanan berbahaya bagi kehamilan di atas, sekarang kita akan membahas tentang makanan yang sehat bagi kehamilan. Makanan yang sehat yang dikonsumsi oleh wanita hamil merupakan syarat utama bagi pertumbuhan dan perkembangan yang sempurna dari janin di dalam kandungannya, oleh karena itu selain memperhatikan jumlah makanan yang dimakan, penting bagi ibu hamil untuk menilai kandungan gizi di dalam setiap jenis makanan.

Jika anda bertanya, adakah makanan tertentu yang harus dikonsumsi saat hamil? Jawabannya sangat banyak. Saat hamil sejak awal trimester pertama hingga terakhir, wanita hamil membutuhkan makanan dengan jumlah kalori tinggi yakni 2000-2200 kalori per hari. Makanan yang dikonsumsi juga harus mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, roti dan umbi-umbian juga protein seperti telur, daging, ikan, kacang-kacangan dan sayuran. Selain itu, wanita hamil juga tetap membutuhkan sumber lemak seperti penggunaan minyak sayur dan juga dari daging.

Saat hamil, setiap wanita juga memerlukan asupan beberapa nutrien lain seperti zat besi, kalsium, folat, magnesium, selenium dan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B dan C. Semua nutrien ini selain dari suplemen, bisa anda dapatkan dari produk makanan yang anda makan sehari-hari terutama dari sayur dan buah. Beberapa makanan yang sebaiknya anda tambahkan ke dalam menu makanan anda saat hamil antara lain buah pisang, alpukat, sayuran terutama bayam karena kandungan asam folatnya, berbagai produk kacang-kacangan, telur dan juga lemak ikan laut yang kaya akan omega 3 dan sangat baik bagi perkembangan otak sang buah hati.

Nah, itulah beberapa jenis makanan baik yang sehat maupun makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil yang bisa dibahas dalam artikel ini. Bagi semua ibu hamil, perhatikanlah asupan makanan anda karena apa yang anda makan akan menentukan kesehatan sang buah hati di dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *