invisible hit counter

Follow US

Inilah Aneka Buah yang Mengandung Vitamin C Tertinggi

Inilah Aneka Buah yang Mengandung Vitamin C TertinggiMengonsumsi buah yang mengandung vitamin C secara rutin setiap hari sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C, sama seperti vitamin-vitamin lainnya, dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang tidak banyak namun harus selalu tercukupi, berfungsi untuk memastikan metabolisme tubuh berjalan lancar dan optimal. Vitamin dapat diibaratkan sebagai minyak pelumas pada mesin. Vitamin C bermanfaat  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai antioksidan, dan untuk mencegah alergi. Selain itu vitamin C juga berguna untuk membantu pembentukan jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi untuk pembentukan sel darah, menjaga kesehatan gigi dan mulut, menjaga kesehatan mata, membantu menyembuhkan luka, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak fungsi lainnya.

Apa Saja Buah yang Mengandung Vitamin C dalam Jumlah Banyak?

Vitamin C bersama dengan vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air, yakni jenis vitamin yang tidak dapat disimpan didalam tubuh. Oleh karenanya penting untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C secara rutin. Kabar baiknya adalah mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang berlebih atau sangat banyak tidak akan membuat keracunan seperti pada vitamin A, D, E, dan K. Lalu apa saja buah-buahan yang kaya akan vitamin C ini? Berikut daftarnya:

  • Jambu Biji

Jenis buah yang mengandung vitamin C paling tinggi adalah jambu biji, mencapai 228mg untuk setiap 100g, atau mencapai 380% kebutuhan vitamin C harian. Jika Anda membutuhkan vitamin C dalam jumlah tinggi, inilah buah yang perlu Anda konsumsi, seperti saat masa penyembuhan (penderita DBD dianjurkan mengonsumsi jambu biji) ataupun setelah melakukan aktivitas fisik yang melelahkan. Uniknya, rasa masam yang identik dengan vitamin C tidak ditemui pada buah ini.

  • Kiwi

Buah yang unik ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Rasanya sangat enak dan menyegarkan, cocok untuk dibuat es buah. Kandungan vitamin C per 100g kiwi hijau mencapai 90mg (150% kebutuhan harian), sedangkan untuk kiwi kuning mencapai 120mg-180mg. Selain kaya vitamin C, buah ini juga bagus untuk kesehatan jantung, memperbaiki pola tidur, dan mengatur tekanan darah.

  • Pepaya

Pepaya mengandung vitamin C mencapai 60mg per 100mg, atau sekitar 100% kebutuhan harian. Selain tinggi vitamin C, buah ini juga kaya serat yang sangat baik untuk pencernaan. Buah yang mudah didapat di pasar-pasar tradisional ini juga bermanfaat untuk meredakan gangguan sinus dan juga untuk memperkuat tulang.

  • Stroberi

Buah yang sering menjadi pelengkap kue tart ini termasuk buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Vitamin C pada buah ini hampir sama dengan pepaya, mencapai hampir 60mg per 100g penyajian. Selain itu buah stroberi juga kaya vitamin B9 (folat) yang penting untuk perkembangan janin pada ibu hamil. Stroberi biasanya terlalu masam untuk langsung dikonsumsi, namun sangat nikmat saat dibuat jus ataupun es buah.

  • Jeruk

Kalau mencari buah yang kaya vitamin C, pasti yang mudah teringat adalah jeruk. Namun ternyata kandungan vitamin C pada jeruk bukanlah yang paling tinggi, hanya sekitar 30mg hingga 55mg per 100 gram (sekitar 50%-90% kebutuhan harian per 100 gram) tergantung jenis jeruknya. Meskipun demikian jeruk tetaplah sumber vitamin C yang bagus, karena juga mengandung folat, fitonutrien, dan potasium. Fitonutrien sendiri salah satunya terdiri dari flavanoid dan karoten.

  • Nanas

Nanas memiliki kandungan vitamin C yang mencapai 47,5mg untuk setiap 100 gramnya, atau memenuhi 80% kebutuhan harian untuk tiap 100g. Nanas juga mengandung Bromelain yang merupakan zat anti peradangan alami, sehingga bagus untuk dikonsumsi setelah kegiatan fisik yang berat. Bromelain juga sangat membantu sistem pencernaan. Namun untuk ibu hamil sebaiknya menghindari nanas karena dapat menyebabkan keguguran.

  • Melon

Melon mungkin lebih terkenal sebagai buah untuk menurunkan tekanan darah, namun kandungan vitamin C pada buah ini ternyata lumayan juga. Untuk setiap 100g, kandungan vitamin C nya mencapai 36mg, atau sekitar 60% kebutuhan harian. Kandungan vitamin A pada buah ini juga cukup tinggi, juga mencukupi 60% kebutuhan harian untuk setiap 100 gramnya.

  • Mangga

Buah yang mengandung vitamin C berikutnya adalah mangga. Buah ini setiap 100 gramnya mengandung 36mg vitamin C, atau 60% kebutuhan harian. Buah musiman ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja. Mengonsumsi 1 buah mangga lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. 1 buah mangga (hanya dagingnya) biasanya beratnya mencapai 300 gram.

  • Tomat

Tiap 100 gram tomat mengandung sekitar 13mg vitamin C, atau hanya sekitar 22% kebutuhan harian. 1 buah tomat rata-rata memiliki berat 150g, jadi Anda harus makan banyak buah tomat jika ingin memenuhi kebutuhan vitamin C dengan buah ini. Kabar baiknya adalah buah ini juga banyak mangandung vitamin A. Selain itu buah ini cocok untuk diet menurunkan berat badan, dikarenakan rendahnya kalori yang ada pada buah ini.

Selain yang telah disebutkan di atas, sebenarnya hampir semua buah-buahan mengandung vitamin C, hanya saja jumlahnya bervariasi. Mengonsumsi buah-buahan secara bervariasi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang bermacam-macam, tidak hanya memenuhi kebutuhan akan vitamin C saja.

Berbagai Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Selain buah-buahan, berbagai jenis sayuran juga mengandung vitamin C. Mengonsumsi Sayuran sama pentingnya dengan mengonsumsi buah. Secara umum sayuran memiliki kandungan vitamin C lebih sedikit, namun kaya akan kandungan nutrisi lain yang kurang ditemui pada buah, sehingga saling melengkapi. Berikut ini daftar sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi:

  • Paprika

Mengandung 185mg vitamin C untuk setiap 100g, atau 300% kebutuhan harian. Sayangnya paprika bukanlah jenis sayuran yang dikonsumsi dalam julah banyak, hanya sebagai pelengkap masakan.

  • Brokoli

Mengandung 90mg vitamin C untuk setiap 100g, atau 150% kebutuhan harian. Brokoli sangat baik untuk sering dikonsumsi. Selain kaya vitmain C, sayur ini juga kaya akan folat, vitamin A, dan juga untuk setiap 100 gramnya saja sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin K harian.

  • Kacang Polong

Mengandung 40mg vitamin C untuk setiap 100g, atau 66% kebutuhan harian. Selain kaya vitamin C, terdapat cukup banyak vitamin A, B6, B9 atau folat, dan zat besi.

Selain ketiga sayuran di atas, vitamin C pada sayuran banyak terdapat pada sayuran hijau. Perlu diketahui juga, sayuran hijau merupakan sumber folat (asam folat). Tips supaya kandungan nutrisi pada sayuran tidak hilang saat dimasak adalah mencucinya terlebih dahulu baru kemudian di potong-potong. Saat memasaknya jangan terlalu panas.

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah banyak memang diperlukan pada saat-saat tertentu, namun sebaiknya untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang bervariasi karena tubuh butuh nutrisi yang banyak sekali macamnya, yang tidak dapat dipenuhi dengan hanya beberapa jenis makanan tertentu saja. Demikianlah artikel ini tentang apa saja buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah banyak. Semoga dapat bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *