invisible hit counter

Follow US

Inilah 10 Tips Menurunkan Berat Badan secara Permanen

Inilah 10 Tips Menurunkan Berat Badan secara PermanenBagi Anda yang mempunyai masalah dengan berat badan berlebih, cobalah untuk menerapkan 10 tips menurunkan berat badan secara permanen dan aman yang disajikan dalam artikel ini. Memiliki berat badan yang ideal pastilah merupakan impian bagi semua orang. Namun tidak sedikit orang yang gagal mewujudkan impian itu karena berbagai faktor. Ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang memiliki berat badan berlebih atau yang sering disebut obesitas. Faktor genetik, gaya hidup, dan pola makan, biasanya menjadi faktor risiko yang menyebabkan terjadinya kegemukan. Jaman modern yang memanjakan manusia untuk hidup serba praktis, juga menjadi pemicu utama.

Ada berbagai karakteristik orang dengan masalah berat badan. Karakteristik tersebut antara lain ada tipe orang yang memang memiliki bakat untuk gemuk sedari kecil. Hal ini biasanya didukung oleh adanya faktor genetik. Kemudian ada tipe orang yang berat badannya naik turun tergantung dari apa dan berapa banyak makanan yang dikonsumsi. Tipe ini yang paling banyak ditemui di masyarakat. Ada juga tipe orang yang gemuk karena suatu momen/peristiwa tertentu, misalnya gemuk sejak berkeluarga, sehabis melahirkan, karena mengkonsumsi obat tertentu, dan sebagainya. Apapun tipe kegemukan Anda, semuanya dapat diatasi jika Anda menjalankan 10 tips menurunkan berat badan secara permanen dalam artikel ini.

10 Tips Menurunkan Berat Badan secara Permanen dan Alami

Cara menurunkan berat badan yang alami merupakan cara diet yang alami dan tanpa efek samping. Seba saat ini banyak ditawarkan metode penurunan berat badan secara instan yang seringkali dapat membahayakan kesehatan kita dan belum tentu hasilnya efektif. Sedangkan cara yang alami lebih memfokuskan pada penurunan berat badan secara permanen, mudah dilakukan, dan tidak membahayakan kesehatan. Berikut ini adalah 10 tips menurunkan berat badan secara permanen dan alami yang perlu Anda coba:

  1. Mindset untuk hidup sehat

Hal terpenting dalam menjalankan 10 tips menurunkan berat badan secara permanen adalah mindset/pola pikir untuk menjalankan pola hidup sehat. Selain untuk memperindah dan mempercantik penampilan, memiliki berat badan yang ideal fungsi utamanya adalah membentuk tubuh yang sehat, bugar, dan jauh dari serangan penyakit. Secantik apapun diri Anda, jika sering sakit-sakitan pastinya kecantikan tersebut akan berkurang. Tetapi orang yang selalu sehat dan bugar walaupun aslinya wajahnya tidak terlalu cantik atau tampan, tetapi dia selalu memancarkan kesegaran dari dalam diri, gesit, lincah, penuh semangat, dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, sehingga membuatnya menjadi jauh lebih menarik.

Banyak penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan karena kegemukan atau obesitas, seperti penyakit jantung, hipertensi, stroke, kencing manis/diabetes melitus, penyakit liver, dan sebagainya. Orang yang gemuk biasanya juga memiliki ketahanan tubuh yang rendah sehingga mudah terserang berbagai penyakit infeksi. Jadi, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya jangan tunda lagi untuk menurunkan berat badan Anda demi memiliki tubuh yang sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit, dan tubuh selalu bugar sepanjang hari.

  1. Kurangi porsi makan dan kendalikan diri

Perhatikan porsi makan Anda. Jika Anda memiliki porsi makan yang banyak, sebaiknya segera dikurangi. Pada tahap awal mungkin ini menjadi sesuatu yang berat, tetapi jika sudah terbiasa pasti akan menjadi ringan. Anda dapat melakukannya secara bertahap untuk mengurangi porsi makan Anda. Intinya adalah pengendalian diri. Apalagi jika Anda menghadiri suatu pesta atau acara jamuan makan, maka kendalikan diri Anda untuk mencicipi semua makanan yang disediakan. Kembali ke mindset awal bahwa Anda harus makan seperlunya saja dan memilih makanan yang sehat demi mewujudkan impian memiliki berat tubuh yang ideal dan sehat.

  1. Ganti nasi dengan karbohidrat lainnya

Sering diasumsikan bahwa orang Indonesia secara umum kalau belum makan nasi berarti dianggap belum makan. Pola inilah yang harus dirubah. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tidak harus dengan nasi. Sebab nasi merupakan karbohidrat yang menghasilkan gula tinggi dan cepat diserap tubuh. Penumpukan gula dalam tubuh akan berubah menjadi lemak jika tidak segera dibakar dalam bentuk energi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti nasi dengan makanan berkarbohidrat lain seperti kentang, gandum, jagung, roti, dan umbi-umbian.

Jika Anda tidak dapat meninggalkan nasi sepenuhnya, Anda dapat mengurangi porsi dan frekuensinya. Misalnya dalam satu hari cukup sekali saja makan nasi dengan porsi kecil, selebihnya Anda dapat mengganti makanan pokok jenis lain.

  1. Rajin berolahraga

Olahraga mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sekaligus merupakan bagian dari 10 tips menurunkan berat badan secara permanen yang sangat efektif. Olahraga dapat menyehatkan jantung Anda, memperlancar peredaran darah, melatih otot, memperkuat tulang, dan yang pasti membakar kalori dalam tubuh. Banyak olahraga yang dapat Anda pilih, misalnya jogging/lari, bersepeda, berenang, senam, dan sebagainya. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Hindari makanan berlemak

Sebagaimana kita ketahui, bahwa lemak adalah biang utama penyebab kegemukan. Oleh karena itu sedapat mungkin hindari makanan yang berlemak tinggi, seperti makanan yang digoreng, jerohan, makanan bersantan, dan makanan cepat saji. Anda juga sebaiknya mengurangi makanan jenis daging-dagingan, dan lebih memperbanyak protein yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan/protein nabati.

  1. Kurangi asupan garam

Garam mengandung senyawa natrium yang mempunyai sifat mengikat air di dalam jaringan dan di dalam aliran darah. Sehingga kandungan garam berlebih di dalam tubuh, akan berakibat air susah dibuang oleh tubuh dan akhirnya menumpuk di jaringan otot yang ikut berperan untuk menimbulkan kegemukan. Diet rendah garam ini merupakan tips menurunkan berat badan secara alami yang sangat efektif jika dilakukan secara disiplin dan berkesinambungan.

  1. Kurangi makanan/minuman yang manis-manis

Gula adalah zat yang mempunyai kandungan kalori sangat tinggi. Bahkan zat ini jauh lebih mudah diserap oleh tubuh daripada nasi. Jumlah yang menumpuk berlebihan dalam tubuh dapat berubah menjadi lemak sehingga menimbulkan kegemukan. Banyak makanan dari jenis kue, permen, coklat, makanan kecil, minuman kemasan, atau mungkin makanan/minuman yang Anda buat sendiri yang seringkali memiliki rasa terlalu manis sehingga perlu Anda hindari agar berat badan Anda dapat cepat turun.

  1. Hindari makan menjelang tidur

Jika ingin memiliki berat badan ideal, maka bagian dari 10 tips menurunkan berat badan secara permanen yang harus Anda lakukan yaitu jangan makan menjelang tidur. Kebiasaan inilah yang mudah sekali menyebabkan timbunan lemak di dalam tubuh. Jika Anda makan malam, lakukanlah minimal 4 jam sebelumnya. Jadi jangan makan terlalu malam, lakukanlah sekitar setelah magrib atau bahkan sebelumnya, dan setelah itu hentikan aktifitas makan lainnya.

  1. Perbanyak makan buah, sayur, serta cairan yang cukup.

Buah dan sayur mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga memperlancar proses pencernaan dan berperan penting dalam metabolisme lemak. Kandungan vitamin C dalam buah dan sayur juga berperan dalam mengurangi lemak dan kolesterol. Banyak makan buah dan sayur juga dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok ataupun camilan sehingga perut tidak cepat merasa lapar. Anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar metabolisme tubuh menjadi lebih lancar, tubuh selalu segar, dan juga dapat menahan rasa lapar. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

  1. Hindari hidup bermalas-malasan

Kehidupan modern yang menyediakan sarana dan fasilitas yang sangat lengkap, selain membawa dampak yang baik ternyata juga dapat menimbulkan dampak yang buruk. Dampak buruk tersebut diantaranya orang menjadi malas untuk melakukan aktifitas fisik atau sekedar menggerakkan badan. Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan hindari pola hidup yang bermalas-malasan, antara lain sering menghabiskan waktu di depan komputer untuk main game, terlalu banyak nonton TV, jarang berjalan kaki karena ada fasilitas kendaraan, sering bermalas-malasan di tempat tidur, dan sebagainya.

10 Tips menurunkan berat badan secara permanen yang telah dipaparkan di atas akan berjalan efektif jika Anda memiliki komitmen yang kuat dalam melakukannya. Jangan hanya dilakukan sekejap saja atau dilakukan seenaknya, kadang dijalankan terkadang tidak. Tips di atas merupakan langkah yang alami sehingga aman dijalankan walaupun dilakukan seumur hidup, bahkan merupakan anjuran dari para pakar kesehatan agar tubuh kita selalu sehat, berat badan menjadi ideal, dan kualitas hidup pun menjadi meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *