invisible hit counter

Follow US

Ingin Segera Memiliki Momongan? Inilah Makanan Sehat agar Cepat Hamil!

Ingin Segera Memiliki Momongan? Inilah Makanan Sehat agar Cepat Hamil!Makanan ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita. Oleh karena itu, mengonsumsi beberapa makanan sehat agar cepat hamil bisa menjadi salah satu usaha yang wajib dicoba untuk wanita yang sedang ingin hamil. Selain alami sehingga tidak memberikan efek samping, solusi ini juga dapat membantu kesehatan karena berfokus pada pemenuhan nutrisi.

Makanan Sehat agar Cepat Hamil yang Perlu untuk Anda Coba

Meskipun ada banyak makanan yang bernutrisi tinggi dan menyehatkan tubuh, namun ternyata tidak semuanya dapat membantu mempercepat terjadinya kehamilan. Hanya beberapa jenis makanan tertentu saja memiliki nutrisi dan kandungan khusus yang akan mendukung masa pra dan kehamilan. Beberapa makanan berikut ini memiliki nutrisi yang akan membantu tubuh lebih sehat dan lebih cepat hamil.

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Jadi, seorang wanita sebaiknya mengonsumsi makanan jenis protein nabati agar tidak sulit hamil karena menurut penelitian yang ada, jika yang dikonsumsi adalah protein hewani secara tidak teratur maka 39% dari mereka akan menghadapi kesulitan untuk hamil. Salah satu makanan yang kaya akan protein nabati adalah kacang-kacangan.

  1. Es Krim

Siapa sangka suka makan es krim dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Mengkonsumsi es krim akan membantu terjadinya proses ovulasi pada tubuh seorang wanita. Makanan sehat agar cepat hamil yang dimaksud adalah es krim yang bukan rendah lemak karena jika es krim yang Anda konsumsi adalah es krim rendah lemak maka justru akan menghambat kesuburan. Selain itu, tidak perlu mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan tetapi diimbangi dengan nutrisi dari makanan lainnya.

  1. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Makanan sehat agar cepat hamil yang selanjutnya adalah sayuran berdaun hijau gelap. Sayuran yang berdaun hijau gelap dipercaya memiliki kandungan folat (vitamin yang membantu peningkatan proses ovulasi) yang kaya. Untuk itu, selain wanita ada baiknya juga jika pasangan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau karena nantinya sperma yang dihasilkan pun akan lebih sehat. Folat juga bermanfaat untuk menghindari permasalahan genetik pada bayi dan juga resiko keguguran.

  1. Biji Labu

Biji labu mengandung kandungan zat besi non-heme yang merupakan zat sejenis zat besi yang ditemukan hanya pada tanaman atau makanan tertentu. Oleh karena itu biji labu menjadi salah satu pilihan makanan sehat agar cepat hamil. Wanita yang secara rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi non-heme akan lebih mudah untuk mengalami kehamilan dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

  1. Roti Gandum

Roti gandum merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang dicerna dalam waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan karbohidrat olahan. Hal itu berdampak pada kadar insulin yang dapat terjaga kestabilannya. Wanita yang memiliki kadar insulin tinggi akan terganggu hormon reproduksinya sehingga akan lebih sulit hamil. Oleh karena itu roti gandum menjadi salah satu makanan sehat agar cepat hamil.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah lemak tak jenuh yang dapat mengurangi peradangan yang dapat terjadi di seluruh tubuh dimana salah satunya adalah radang yang dapat mengganggu proses ovulasi, proses pembuahan bahkan perkembangan embrio pada tahap awal. Maka, dianjurkan agar wanita menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng atau mentega.

  1. Pisang

Buah pisang menjadi daftar makanan sehat agar cepat hamil yang selanjutnya karena pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting, yaitu vitamin B6. Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin yang sangat penting agar memperlancar proses pembuahan karena vitamin B6 berfungsi untuk mengatur hormon. Apabila wanita kekurangan nutrisi vitamin B6 maka dapat berakibat pada proses menstruasi yang tidak teratur dan terganggunya sel telur.

  1. Asparagus

Asparagus kaya akan kandungan asam folat yang dapat bermanfaat untuk mengurangi resiko gagalnya proses ovulasi. Oleh karena itu, wanita sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi asam folat saat sedang menjalani program hamil.

  1. Kerang-Kerangan

Kerang-kerangan masuk sebagai makanan sehat agar cepat hamil yang disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita. Kerang-kerangan memiliki kandungan nutrisi yang penting yaitu vitamin B12. Selain vitamin B12, vitamin B6 juga baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang menjalani program hamil. Wanita yang kekurangan vitamin B12 akan mudah terganggu proses implantasi telurnya ketika sedang dibuahi. Selain itu, vitamin B12 juga mengurangi resiko terjadinya keguguran kelak ketika hamil.

  1. Telur

Telur tidak hanya kaya akan protein tetapi juga vitamin D. Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Yale, wanita yang mandul sebagian besar disebabkan oleh karena kurangnya konsumsi vitamin D. Dengan kata lain, mengkonsumsi telur dapat mengurangi resiko kemandulan.

  1. Kacang Almond

Tidak hanya wanita yang harus mengkonsumsi makanan sehat agar cepat hamil, pria pun dianjurkan untuk memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi. Salah satunya adalah vitamin E yang kaya terkandung pada kacang almond. Vitamin E dapat membantu peningkatan kesehatan sperma dan juga mengurangi resiko kemandulan.

  1. Buah jeruk

Seperti yang kita ketahui, buah jeruk sangat kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C dapat membantu pergerakan sperma ketika menuju ke arah sel telur.

  1. Tahu

Tahu memiliki kandungan zat besi yang baik, jadi kandungan zat besi tidak hanya terdapat pada sayur-sayuran. Jika wanita kekurangan zat besi maka besar kemungkinan akan mengalami kegagalan ovulasi atau telur yang dihasilkan tidak cukup sehat dimana akan berdampak pada menurunnya peluang terjadinya kehamilan.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung sebuah nutrisi yang penting yaitu selenium yang dapat menghasilkan antioksidan yang dapat melindungi baik sel telur maupun sperma dari serangan radikal bebas. Setelah itu melindungi dari kerusakan kromosom yang menjadi penyebab bayi keguguran atau terlahir cacat.

  1. Kacang Polong

Makanan sehat agar cepat hamil yang terakhir adalah kacang polong. Kacang polong mengandung zinc yang dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria dan menambah kesuburan pria. Untuk wanita, kekurangan nutrisi zinc dapat mengakibatkan ketidakseimbangan estrogen dan progesteron.

Tips Lain agar Cepat Hamil yang Juga Perlu Anda Perhatikan

Tidak hanya makanan yang mempengaruhi kehamilan seseorang, tetapi ada juga tips-tips lain yang dapat Anda lakukan agar cepat hamil.

  1. Mengenali Masa Subur

Mengetahui siklus haid adalah hal yang penting bagi seorang wanita dan pasangannya agar dapat menghitung masa subur. Dengan mengetahui masa subur maka dapat diketahui juga waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami-istri karena jika melakukan hubungan di masa subur jelas kemungkinan hamil lebih tinggi.

  1. Memeriksa Kesuburan Anda dan Pasangan

Sebaiknya, pasangan suami istri melakukan cek kesuburan pada dokter spesialis kandungan. Selain mengetahui kondisi kesuburan ada baiknya juga untuk melakukan pemeriksaan pada kondisi kesehatan secara menyeluruh agar jika ternyata ditemukan gangguan kesehatan dapat disembuhkan terlebih dahulu.

  1. Memperluas Pengetahuan Tentang Tips Cepat Hamil

Sebagai pasangan suami istri, mencari tahu tentang tips-tips kehamilan adalah hal yang perlu dilakukan jika ingin segera dianugerahi momongan.

Bagi pasangan suami-istri, memiliki momongan adalah sebuah idaman sehingga banyak pasangan yang berjuang untuk melakukan program kehamilan. Tidak hanya program dokter yang dapat membantu mempercepat kehamilan tetapi banyak hal-hal yang harus diperhatikan dimana salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat agar cepat hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *