invisible hit counter

Follow US

Hal-Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Sering Sakit Kepala

Hal-Hal yang Dapat Menjadi Penyebab Sering Sakit KepalaApa yang menjadi biang penyebab sering sakit kepala merupakan hal yang mungkin menjadi pertanyaan besar di benak Anda. Sebab, sakit kepala merupakan suatu reaksi tubuh yang paling sering dialami oleh manusia seumur hidupnya. Sakit kepala yang dirasakan dapat bervariasi baik dari segi frekuensinya, tingkatan dan lamanya nyeri, sensasi yang dirasakan, maupun area yang terkena. Dari segi frekuensi ada orang yang hanya kadang-kadang saja merasakan sakit kepala, tetapi ada pula orang yang amat sering mengalami sakit kepala. Jika sakit kepala sudah terlalu sering menghampiri, tentu saja hal ini sangat mengganggu aktifitas dan kenyamanan Anda.

Tingkatan nyerinya juga bervariasi dari yang hanya biasa-biasa saja sampai yang nyerinya  sangat menyakitkan sehingga susah hilang walaupun diobati dengan obat pereda rasa sakit. Lama menderita sakit kepala ada yang cuma sebentar, tetapi ada juga yang berlangsung lama. Sakit kepala dapat menimbulkan berbagai variasi sensasi pusing, seperti rasa nyut-nyutan, rasa berputar, berkunang-kunang, seperti ingin jatuh (nggliyer), dan sebagainya. Area kepala yang merasakan sakit dapat berada di sebelah kanan, kiri, depan, atas (ubun-ubun), kepala belakang, bahkan di seluruh kepala.

Keadaan/Aktifitas yang Dapat Menjadi Biang Penyebab Sering Sakit Kepala

Penyebab pusing kepala dapat dengan mudah dibedakan menjadi 2 macam, yaitu yang dikarenakan oleh keadaan atau aktifitas tertentu, dan yang disebabkan oleh suatu masalah kesehatan lain. Pada sakit kepala yang akibatkan karena keadaan atau aktifitas tertentu ini bisa dengan mudah diatasi dibandingkan karena penyakit tertentu. Beberapa keadaan/aktifitas yang dapat menjadi penyebab sering sakit kepala adalah sebagai berikut:

1. Kurang Aktifitas Fisik

Badan yang kurang aktifitas fisik/olahraga dapat menyebabkan sakit kepala. Penyebabnya adalah karena aliran darah di seluruh tubuh kurang lancar. Jadi jika Anda sering menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan di kamar atau hanya sekedar nonton TV, main game, atau berlama-lama di depan komputer, tanpa diimbangi dengan olahraga maka kepala Anda jadi mudah pusing.

2. Olahraga yang Berlebihan

Selain kurangnya olahraga, ternyata olahraga yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab sering sakit kepala. Hal ini dikarenakan tubuh dipaksa untuk mengeluarkan energi di luar batas kemampuannya sehingga dapat menimbulkan pusing. Jika tidak ingin sering sakit kepala, maka berolahraga lah secukupnya secara teratur dan pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda.

3. Kurang Istirahat

Jika Anda merupakan seorang yang pekerja keras dan terlalu asyik bekerja, Anda bisa jadi jarang beristirahat dan waktu tidur Anda sedikit. Keadaan ini juga membuat Anda jadi sering menderita sakit kepala.

4. Telat Makan

Jangan remehkan terlambat makan, sebab selain menyebabkan sakit maag telat makan juga dapat menjadi penyebab sering sakit kepala. Sebab Anda dapat mengalami hipoglikemi (kurang glukosa) sehingga tubuh menjadi lemas dan kepala mudah pusing bahkan suatu ketika dapat menyebabkan pingsan.

5. Menu Makanan/Minuman

Jenis makanan dan minuman tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan sakit kepala. Makanan tersebut antara lain makanan yang banyak mengandung lemak, makanan yang terlalu asin, terlalu asam, dan makanan dengan MSG. Sedangkan untuk minuman, seperti minuman bersoda, yang mengandung kaffein, dan minuman beralkohol.

6. Hormon

Faktor hormon ternyata juga dapat menjadi penyebab sering sakit kepala. Hal ini sering terjadi pada wanita ketika terjadi ketidakseimbangan hormon estrogen, terutama ketika datang bulan/menstruasi maupun ketika sedang hamil.

7. Banyak Pikiran/Stres

Saat Anda menghadapi banyak masalah dan memikirkannya dengan berat, bahkan sampai stres, maka hampir bisa dipastikan kepala Anda menjadi sering pusing. Bahkan sakit kepala jenis ini akan susah sembuh wlaupun telah minum obat pereda sakit kepala sebelum faktor pencetusnya dapat dikendalikan.

8. Cuaca

Cuaca yang ektrem juga dapat mempengaruhi zat kimia dalam otak sehingga memicu sakit kepala. Cuaca tersebut antara lain suhu yang terlalu dingin, terlalu panas, maupun kelembabab dan tekanan udara yang tinggi.

9. Sarana Transportasi

Berada di suatu alat transportasi dalam waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan Anda mudah menderita sakit kepala, misalnya terlalu lama mengendarai motor, mobil, pesawat terbang, kapal laut, dan sebagainya. Apalagi jika ditambah dengan kondisi lalu lintas yang padat yang membuat Anda sering bergelut dengan kemacetan lalu lintas setiap hari.

10. Posisi Tidur Yang Salah

Jika Anda sering mengalami pusing, maka Anda perlu mengevaluasi posisi tidur Anda. Sebab posisi tidur yang salah juga dapat menjadi penyebab sering sakit kepala. Posisi tidur tersebut biasanya karena posisi leher yang tertekuk, sandaran kepala yang posisinya kurang pas, atau bisa juga karena alas tidur yang terlalu keras.

11. Kolesterol tinggi

Kolesterol yang tinggi juga dapat menyebabkan Anda mudah menderita sakit kepala. Sebab dengan adanya kolesterol yang tinggi ini akan menghambat peredaran darah. Jadi jika Anda sering menderita pusing, Anda dapat mengecek kolesterol secara berkala di laboratorium, yang meliputi kolesterol total, HDL dan LDL, maupun trigliserid.

Penyakit yang Dapat Menyebabkan Anda Sering Sakit Kepala

Sakit kepala juga dapat diakibatkan karena Anda sedang mengalami penyakit tertentu. Bahkan sakit kepala seakan menjadi “menu wajib” bagi berbagai penyakit karena merupakan sebuah gejala dari timbulnya penyakit tersebut. Berikut ini adalah berbagai penyakit yang dapat menyebabkan Anda sering menngalami sakit kepala:

1. Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah (haemoglobin) merupakan penyebab sering sakit kepala yang sangat sering dijumpai. Anemia dapat diakibatkan kurang zat besi, asam folat, magnesium, vitamin B12, atau karena menderita kelainan pembentukan sel darah merah, serta banyak kehilangan darah akibat kecelakaan.

2. Hipotensi dan Hipertensi

Hipotensi (tekanan darah rendah) dan hipertensi (tekanan darah tinggi) juga dapat menyebabkan sering pusing. Oleh karena itu jika sering sakit kepala, Anda dapat memeriksakan tensi/tekanan darah secara mandiri atau ke tenaga kesehatan terdekat karena bisa jadi Anda menderita hipotensi atau hipertensi.

3. Sakit Gigi, Mata, dan THT

Gigi, mata, dan THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) adalah bagian tubuh yang banyak terdapat ujung syaraf di mana langsung terhubung dengan pusat syaraf di kepala/otak. Sehingga jika Anda sedang menderita sakit gigi, sakit mata, dan gangguan pada THT maka besar kemungkinan kepala Anda pun akan ikut merasakan sakit/pusing.

4. Berbagai Jenis Demam

Berbagai jenis demam juga dapat menjadi penyebab sering sakit kepala. Demam tersebut diantaranya yaitu demam pada penyakit typhoid, DBD (Demam Berdarah Dengue), Malaria, Flu, ISPA, Cikungunya, Cacar air, dan sebagainya.

5. Penyakit Jantung

Jangan remehkan jika Anda sering mengalami pusing, sebab bisa jadi Anda menderita penyakit jantung. Tentu saja hal ini dapat diketahui jika Anda memeriksakan diri ke dokter. Jika menderita penyakit Jantung, maka akan terjadi gangguan pada sistem pemompa darah sehingga akan menghambat pasokan darah ke jaringan tubuh termasuk ke otak. Keadaan ini akan menjadi penyebab sering sakit kepala pada penderitanya.

6. Penyakit Stroke

Stroke merupakan penyakit yang terjadi karena sumbatan pada pembuluh darah menuju ke otak maupun akibat pecahnya pembuluh darah di otak. Penyakit yang sangat berbahaya ini juga menimbulkan manifestasi klinik atau gejala yang ditimbulkan berupa sering pusing/sakit kepala.

7. Tumor/Kanker

Berbagai jenis Tomor/Kanker juga dapat mengirimkan sinyal ke tubuh berupa sakit kepala. Sebab terjadinya tumor/kanker dapat mengganggu berbagai sel dan jaringan tubuh lain termasuk yang terhubung dengan syaraf di otak. Terlebih lagi pada tumor/kanker otak, dapat dipastikan akan menyebabkan penderitanya sering pusing sebab menyerang langsung pada organ kepala/otak.

8. Penyakit Lainnya

Sebenarnya masih banyak penyakit lainnya yang dapat menjadi penyebab sering sakit kepala, dengan variasi yang berbeda antara satu orang dengan orang yang lain. Sebab sakit kepala biasanya terjadi ketika terjadi gangguan metabolisme tubuh, gangguan fungsi imunitas, maupun hambatan dalam sistem peredaran darah. Penyakit lain tersebut antara lain Diabetes Melitus, HIV/Aids, Leptospirosis, Meningitis, Hepatitis, Gastritis, gagal ginjal, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *