invisible hit counter

Follow US

Daftar Obat Sariawan Tradisional dan Alami yang Ampuh

Daftar Obat Sariawan Tradisional dan Alami yang AmpuhInformasi mengenai obat sariawan tradisional berikut ini sangat berguna terutama bagi Anda yang sering menderita sariawan. Sariawan atau dalam bahasa medis disebut sebagai stomatitis yaitu terjadinya lesi atau perlukaan pada selaput lendir (mukosa) mulut, berupa bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan yang cekung. Walaupun terlihat sepele, namun menderita sariawan pastilah sangat mengganggu. Sebab akan menimbulkan rasa sakit/nyeri di berbagai wilayah bagian mulut yang terkena sariawan, seperti di bibir bagian luar, bibir bagian dalam, di dekat gusi, di bagian lidah, di langit-langit, dinding mulut, dan sebagainya. Sehingga sariawan dapat mengakibatkan penderita mengalami kesakitan saat mengunyah atau menelan makanan sehingga nafsu makan menurun.

Sariawan dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti kurangnya kebersihan mulut, luka akibat tergigit, mengkonsumsi makanan terlalu panas atau pedas, karies gigi (infeksi yang merusak struktur gigi),pemasangan kawat gigi, alergi terhadap pemakaian lipstik atau pasta gigi yang tidak cocok, pemasangan gigi tiruan, kekurangan vitamin C, dan kebiasaan merokok. Selain itu sariawan juga dapat diakibatkan akibat infeksi kuman di rongga mulut, baik berupa infeksi bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Sariawan juga dapat menjadi indikator adanya penyakit pada sistem pencernaan, kelainan hormon, stres, serta berbagai kondisi yang berkaitan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia.

Berbagai Pilihan Obat Sariawan Tradisional yang Bisa Anda Coba

Bagi Anda yang menderita sariawan tidak perlu khawatir karena dapat diobati dengan bahan-bahan alami tradisional yang mudah dijumpai di sekitar kita. Obat tradisional selain murah juga terbukti ampuh tanpa menimbulkan efek samping. Berikut ini merupakan obat sariawan tradisional yang dapat Anda pilih:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya digunakan sebagai obat sariawan tradisional karena merupakan tanaman yang mempunyai khasiat sebagai anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi, dan membantu proses regenerasi sel. Zat yang terkandung dalam lidah buaya antara lain yaitu enzim, mineral, vitamin, polisakarida, asam amino, dan zat lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lidah buaya juga mengandung zat asam folik yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Cara mengobati sariawan dengan lidah buaya yaitu siapkan beberapa batang lidah buaya, diiris lalu diambil lendir/cairannya. Oleskan lendir lidah buaya tersebut pada daerah yang terkena sariawan secara teratur 3 kali dalam sehari.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang berkhasiat sebagai obat sariawan tradisional. Jeruk nipis dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan sebagai bumbu, penyedap makanan, dan bahan membuat minuman segar sehingga sangat mudah mendapatkannya. Cara membuat obat sariawan dari jeruk nipis sangat mudah, siapkan 1 buah jeruk nipis, diiris lalu diambil airnya campurkan pada satu gelas minuman air hangat. Minuman yang telah bercampur dengan air jeruk nipis tersebut dapat digunakan untuk berkumur atau dapat juga untuk diminum. Jika diminum, dapat ditambahkan madu sebagai pemanis sekaligus menambah khasiatnya.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan susu yang difermentasi dengan bantuan bakteri baik, seperti lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermopillus. Bakteri tersebut sangat bermanfaat untuk menetralkan bakteri jahat khususnya di dalam rongga mulut dan meningkatkan sisitem imunitas tubuh sehingga sangat efektif sebagai obat sariawan tradisional. Selain itu yogurt juga mengandung nutrisi penting, seperti asam folat, pantotenat, biotin, vitamin B1, B2, B3, B6, B kompleks, kalsium, dan fosfor. Untuk menyembuhkan sariawan, minumlah yogurt secara teratur 2 kali dalam sehari.

  1. Air garam

Air garam dapat digunakan sebagai obat sariawan tradisional karena garam mempunyai sifat mengikat cairan dan mengeringkan luka. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu campurkan satu sendok garam pada 1 gelas air hangat lalu gunakanlah untuk berkumur. Lakukanlah secara teratur 3 kali dalam sehari maka sariawan Anda akan segera sembuh.

  1. Air kelapa

Obat sariawan tradisional yang berikutnya yaitu dengan menggunakan air kelapa. Air kelapa mempunyai kandungan elektrolit alami yang dapat meredakan sariawan. Selain itu air kelapa mempunyai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, seperti mineral, protein, karbohidrat, vitamin, kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan zat besi. Untuk menyembuhkan sariawan, air kelapa dapat digunakan untuk berkumur atau dapat juga digunakan untuk minuman.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini juga berkhasiat sebagai obat sariawan tradisional. Kunyit dikenal sebagai tanaman yang mengandung zat anti inflamasi alami dan peningkat kekebalan tubuh. Zat penting yang terkandung dalam kunyit antara lain kurkumin, bidesmetoksikurkumin, desmetoksikumin, keton sesquiterpen, tumeon, felandren, sineil, sabinen, borneol, dan zingiberen. Selain itu kunyit juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Cara menyembuhkan sariawan menggunakan kunyit yaitu siapkan beberapa ruas kunyit, dikupas, dan dibersihkan, lalu dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Untuk menambah khasiatnya, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh gliserin bersama kunyit yang dihaluskan tersebut. Setelah kunyit halus, oleskanlah pada daerah yang terkena sariawan secara rutin 3 kali dalam sehari.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan tanaman yang sering digunakan bumbu dapur ini ternyata juga bermanfaat sebagai obat sariawan yang manjur. Bawang putih merupakan zat antibiotik alami sehingga efektif untuk melawan kuman penyebab sariawan sekaligus memperbaiki jaringan kulit yang luka. Cara mengobati sariawan dengan bawang putih yaitu siapkan beberapa siung bawang putih, diuleg atau ditumbuk sampai halus, lalu oleskan pada area sariawan.

  1. Tomat

Tomat merupakan buah yang digolongkan ke dalam jenis sayuran yang kaya manfaat untuk kesehatan. Tomat juga sangat efektif digunakan sebagai obat sariawan alami. Tomat mempunyai kandungan vitamin C dosis tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki luka pada jaringan kulit. Tomat juga mengandung zat antioksidan bernama likopen untuk menangkal radikal bebas sekaligus membunuh bakteri jahat dan mempercepat penyembuhan luka. Cara mengobati sariawan menggunakan tomat, yaitu Anda dapat memblendernya sebagai juss lalu diminum secara teratur 3 kali sehari. Selain dengan cara dijuss, Anda dapat juga memakannya secara langsung.

Selain mengkonsumsi berbagai pilihan obat sariawan tradisional yang telah diterangkan di atas, Anda dapat melakukan pencegahan terhadap sariawan antara lain yaitu dengan cara selalu menjaga kebersihan mulut, menghindari makanan yang terlalu panas atau pedas, menjaga kebersihan gigi, dan hati-hat dalam mengunyah makanan untuk menghindari tergigit di area sekitar mulut. Selain itu hindari kebiasaan merokok dan selalu ciptakan pikiran yang tenang untuk menghindari stres. Perbanyak konsumsi buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C dan cukupi asupan kebutuhan cairan minimal 8 gelas dalam sehari.

Jika sariawan telah diobati dengan berbagai cara tetapi tidak kunjung sembuh dan bertambah parah, maka sebaiknya periksalah ke dokter agar dapat diketahui penyebab dan penanganannya. Sebab pada beberapa kasus, sariawan dapat terjadi karena adanya kelainan autoimun atau terganggunya sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *