invisible hit counter

Follow US

Ciri-Ciri Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai dan Cara Penanganannya

Ciri-Ciri Sakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai dan Cara PenanganannyaCiri-ciri sakit ginjal harus diketahui sejak awal, supaya gejala kerusakan ginjal tersebut bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut. Mengingat ginjal merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh, maka akan sangat berbahaya akibatnya jika ginjal mengalami kerusakan. Ciri ciri ginjal bermasalah mungkin sering diabaikan karena tidak terlihat seperti gejala yang serius. Tapi terkadang justru gejala yang tidak terlihat serius itulah yang kemudian menyebabkan penyakit serius, bahkan hingga menyebabkan kematian. Pasalnya disfungsi organ vital yang satu ini bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Sebenarnya apa penyebab penyakit ginjal?

Ada beberapa penyebab timbulnya sakit ginjal yang perlu Anda waspadai. Sakit ginjal ini bisa disebabkan oleh kondisi penyakit lain, misalnya seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Bahkan beberapa penyakit kronis lain seperti lupus, HIV/AIDS, hepatitis B, dan hepatitis C juga bisa menyebabkan terganggunya fungsi ginjal. Bahkan yang perlu Anda garis bawahi adalah, sakit ginjal bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan yang terlalu sering. Maka dari itu untuk lebih jelasnya, pahami beberapa ciri ciri ginjal bermasalah berikut ini.

Beberapa Ciri-Ciri Sakit Ginjal yang Harus Anda Waspadai

Beberapa gejala sakit ginjal mungkin mirip dengan gejala-gejala penyakit lain. Tapi kalau Anda sudah mengetahui apa saja gejalanya dan apa sebabnya bisa timbul gejala tersebut, mungkin Anda bisa tahu penyakit apa yang sedang Anda rasakan. Seperti halnya penyakit ginjal, biasanya penyakit ini punya gejala yang awalnya disebabkan oleh suatu kebiasaan, yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri ginjal bermasalah yang perlu diwaspadai sejak dini.

  1. Ruam, Gatal dan Kering

Ciri-ciri sakit ginjal yang pertama adalah timbulnya ruam, gatal dan kering. Jika Anda sering merasakan gejala seperti ini, ada kemungkinan mengindikasikan adanya ginjal bermasalah di dalam tubuh Anda. Apa penyebab timbulnya gejala-gejala tersebut? Seperti yang sudah Anda ketahui, fungsi ginjal adalah untuk membersihkan aliran darah dari racun-racun atau zat sisa di dalam tubuh. Dan ketika fungsi ginjal terganggu, maka racun dan zat sisa di dalam darah akan menyebabkan ruam, gatal dan kulit yang kering. Pasalnya ginjal tidak bisa membuang zat-zat racun tersebut.

  1. Rasa Nyeri di Punggung Bawah

Gejala yang satu ini mungkin juga sering Anda rasakan saat melakukan suatu aktivitas. Tapi kalau nyeri di punggung bagian bawah ini cukup sering Anda rasakan, ada kemungkinan Anda mengidap ginjal bermasalah. Rasa nyeri ini bisa muncul di satu sisi saja, dan biasanya rasa nyeri ini bisa muncul saat Anda sedang tidur dalam posisi miring. Terkadang ketika Anda sedang buang air kecil, rasanya juga akan sakit dan sulit keluar. Ciri ciri sakit ginjal yang satu ini menjadi gejala awal kerusakan ginjal. Dan jika tidak segera mendapat penanganan lebih lanjut, akibatnya bisa lebih buruk.

  1. Lebih Mudah Lelah dan Lemah

Jika Anda mengalami mudah lelah dan tubuh sering terasa lemah, mungkin ini adalah salah satu ciri-ciri sakit ginjal di awal. Salah satu tugas utama ginjal adalah menghasilkan hormon erythropoietin. Di mana hormon tersebut adalah hormon yang membantu produksi sel darah merah yang berguna untuk membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. Jika kadar hormon tersebut berkurang, maka jumlah sel darah merah tentu akan berkurang. Dengan demikian suplai oksigen ke sel-sel tubuh pun juga akan berkurang sehingga membuat penderita lebih mudah lelah dan sering merasa lemah.

  1. Fungsi Kemih yang Berubah

Fungsi ginjal yang lain adalah menjadi salah satu bagian vital dalam sistem sekresi urin. Oleh karena itu ciri ciri ginjal bermasalah juga bisa ditandai dengan fungsi kemih yang tiba-tiba berubah. Jika terjadi sesekali, mungkin bukan menjadi masalah serius. Tapi jika gejala ini terjadi berulang kali, ada kemungkinan itu adalah ciri-ciri sakit ginjal. Adapun perubahan kemih yang biasanya terjadi adalah, penderita menjadi sulit buang air kecil, sering buang air kecil, atau bahkan urin bisa bercampur darah. Fase ini menandakan kerusakan ginjal yang sudah lebih parah.

  1. Pembengkakkan di Beberapa Bagian Tubuh

Penderita ginjal biasanya akan mengalami pembengkakkan di beberapa bagian tubuh. Mengingat ginjal juga berfungsi untuk mengatur kadar air di dalam tubuh. Jika fungsi ginjal tidak lagi optimal, maka ginjal tidak akan lagi bisa membuang kelebihan cairan di dalam tubuh. Akibatnya cairan di dalam tubuh akan menumpuk di beberapa bagian tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan ciri-ciri sakit ginjal yang lain, yakni pembengkakkan. Biasanya pembengkakkan ini terjadi di wajah, kaki dan tangan. Anda harus mewaspadai ciri ciri ginjal bermasalah yang satu ini, karena gejala ini mengindikasikan kerusakan ginjal yang semakin parah.

Tips Penanganan Fungsi Ginjal yang Bermasalah

Setelah mengetahui berbagai gejala penyakit ginjal, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menangani fungsi ginjal yang bermasalah. Hal ini bisa Anda lakukan sebelum Anda benar-benar memeriksakan kondisi Anda ke dokter. Jadi paling tidak, Anda sudah melakukan pertolongan pertama supaya kerusakan ginjal tidak semakin parah. Jika Anda merasa sudah mulai mengalami beberapa ciri-ciri sakit ginjal seperti yang tadi sudah kami jelaskan, segera ubah pola hidup Anda.

Pertama, jaga tekanan darah Anda, terutama jika Anda punya riwayat penyakit hipertensi. Kondisi tekanan darah tinggi diketahui bisa membuat kerusakan ginjal lebih cepat. Maka dari itu usahakan selalu mengontrol tekanan darah Anda dengan mengubah pola hidup Anda. Mulailah dengan hal-hal yang sederhana, seperti mengurangi asupan garam dan melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Untuk konsumsi garam, lebih baik batasi tidak lebih dari 6 gram atau sekitar satu sendok teh per harinya. Diet juga harus dilakukan oleh Anda yang mengalami kegemukan atau obesitas. Hal ini bisa membantu Anda supaya kondisi ginjal tidak semakin rusak.

Jika selama ini pola hidup Anda kurang sehat, maka perbaikilah kebisaan-kebiasaan buruk Anda. Ubah kebiasaan bermalas-malasan dengan lebih rajin dan rutin berolahraga. Misal Anda bisa memanfaatkan waktu libur atau waktu kosong Anda dengan pergi jogging, bersepeda atau berolahraga bersama teman-teman Anda. Hentikan kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi minuman keras. Selalu konsumsi makanan-makanan yang sehat dan rendah lemak. Pastikan tubuh Anda selalu mendapat asupan gizi yang seimbang dari makanan yang Anda konsumsi.

Jika ciri-ciri sakit ginjal yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau rumah sakit. Hindari obat-obatan anti-inflamasi non-steroid, seperti ibuprofen misalnya, kecuali kalau memang obat tersebut diresepkan oleh dokter. Bagaimana? Sudah cukup paham dengan gejala sakit ginjal dan cara penanganannya? Semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa lebih menyadari pentingnya kesehatan ginjal. Sekian dan Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *