invisible hit counter

Follow US

Berbagai Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Obat Tradisional

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Obat TradisionalPada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit tips mengenai cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan obat tradisional. Mengingat masyarakat modern saat ini pasti lebih memilih obat-obatan kimia yang dijual bebas di pasaran untuk mengobati berbagai penyakit. Biasanya mereka lebih percaya dengan obat-obatan kimia karena efeknya yang dinilai bekerja lebih cepat. Namun demikian, tidak selamanya obat-obatan kimia aman dikonsumsi dan bisa bekerja secara cepat. Padahal sejak zaman dahulu, obat-obatan tradisional sudah dipercaya keampuhannya, termasuk untuk menyembuhkan radang tenggorokan.

Radang tenggorokan sendiri bukanlah jenis penyakit serius. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa radang tenggorokan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bayangkan saja, radang tenggorokan ini bisa membuat Anda kesulitan menelan, tenggorokan panas, sakit, gatal, dan sebagainya. Pastinya menyebalkan sekali kalau Anda mengalami penyakit radang tenggorokan. Sebenarnya gejalanya mudah diketahui, namun terkadang banyak orang yang menyepelekan gejala radang tenggorokan sehingga penyakit ini bisa menjadi lebih parah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui resep obat alami radang tenggorokan, sebagai pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan saat Anda mulai merasakan gejala-gejala radang tenggorokan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan dengan Metode yang Alami

Pada dasarnya semua penyakit pasti ada obatnya, tapi tidak semua orang mengetahui secara pasti obat masing-masing penyakit tersebut. Termasuk radang tenggorokan, yang sebenarnya Anda bisa menemukan obatnya secara mudah di sekitar Anda. Banyak bahan-bahan alami yang sebenarnya bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Jadi jika Anda mulai merasakan gejala-gejala radang tenggorokan, sebaiknya segera Anda tangani dengan obat-obatan alami supaya kondisinya tidak semakin parah. Berikut ini adalah contoh-contoh cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan obat tradisional.

  1. Teh Chamomile

Jenis obat alami radang tenggorokan yang pertama adalah teh chamomile. Jika suatu saat Anda mulai merasakan tenggorokan Anda nyeri, panas, atau terasa sakit saat menelan, segera lakukan penanganan karena gejala-gejala tersebut mengindikasikan Anda akan mengalami radang tenggorokan. Gantilah minuman seperti kopi atau minuman-minuman ringan lainnya dengan teh chamomile. Teh ini dinilai cukup manjur, terutama jika disajikan secara hangat. Saat diminum, teh ini bisa meredakan rasa nyeri di tenggorokan. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan madu.

  1. Teh Jahe

Cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan cara alami yang lainnya adalah dengan teh jahe. Sama seperti teh chamomile, teh jahe juga punya khasiat meredakan rasa sakit di tenggorokan. Pasalnya jahe memiliki sifat ekspektoran, sama seperti kebanyakan obat batuk yang dijual di pasaran. Khasiat dari ekspektoran ini adalah bisa membantu melegakan tenggorokan dan mengeluarkan lendir di salran sistem pernapasan. Jahe bisa membantu membuang racun dan meningkatkan suplai oksigen, sehingga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan radang.

  1. Madu dan Lemon

Madu dan lemon juga dinilai cukup efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Bahkan cara menyembuhkan radang tenggorokan yang satu ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, madu memang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan selain dikombinasikan dengan lemon, Anda juga bisa menambahkan jahe. Cara pembuatannya, Anda campurkan satu sendok madu dan lemon dengan takaran yang sama. Tuangkan ke dalam secangkir air hangat, kemudian nikmati ramuan tradisional tersebut untuk menenangkan nyeri di tenggorokan.

  1. Bawang Putih

Selain bisa menjadi bumbu dapur, bawang putih ternyata juga bisa menjadi obat alami radang tenggorokan. Mungkin kedengarannya aneh dan rasanya pun pasti aneh. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan bawang putih ini dinilai sangat manjur. Mengingat bawang putih mengandung senyawa allicin, yakni senyawa yang bisa membunuh bakteri penyebab radang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memakan bawang putih mentah-mentah. Caranya, iris bawang putih secukupnya, gigit dan hisap sari bawang putihnya. Anda hanya perlu mengonsumsi obat ini sekali dalam sehari.

  1. Air Alang-Alang

Ekstrak alang-alang ini sudah banyak digunakan pada berbagai macam minuman kemasan. Dan ternyata alang-alang memang cukup efektif untuk mengatasi radang tenggorokan. Anda juga bisa membuat obat alami radang tenggorokan sendiri dengan memanfaatkan air alang-alang. Pertama, Anda bersihkan dulu batang alang-alang. Ambil segenggam batang alang-alang yang sudah Anda bersihkan, lalu rebus dengan satu panci air. Biarkan mendidih sampai airnya berkurang setengahnya. Saring rebusan daun alang-alangnya dan konsumsi secara rutin sampai radang tenggorokan Anda sembuh.

  1. Air Garam

Air garam mungkin lebih sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Tapi ternyata, berkumur air garam juga cukup manjur sebagai cara menyembuhkan radang tenggorokan. Meskipun terkesan kuno, air garam ini bisa membantu melegakan nyeri tenggorokan. Pasalnya garam punya sifat antiseptik sehingga akan membantu mengurangi rasa sakit dan membersihkan lendir yang ada di saluran pernapasan. Gunakan air yang hangat, tapi jangan terlalu panas. Lalu tambahkan setengah sendok teh garam dan aduk hingga merata. Kemudian gunakan air garam tersebut untuk berkumur, tiga kali dalam sehari.

Waspadai Gejala Radang Tenggorokan Sejak Dini

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, gejala radang tenggorokan biasanya bisa Anda rasakan sejak dini. Tapi terkadang gejala-gejala tersebut sering diabaikan sehingga penyakitnya semakin parah. Memangnya seperti apa saja gejala tenggorokan yang harus diwaspadai? Penyakit radang tenggorokan atau yang dikenal sebagai faringitis ini 80 persen disebabkan oleh virus dan bakteri. Antara radang yang disebabkan oleh virus dan bakteri, ada perbedaan gejala.

Pada radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, biasanya risiko penyakitnya cukup parah. Bahkan hingga bisa merambat ke katup jantung sehingga menimbulkan demam rhematik. Adapun bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan adalah bakteri streptococcusm dan ini bisa menular pada orang di sekitar Anda. Gejala yang dialami diantaranya rasa sakit saat menelan, leher yang membengkak, di pangkal tenggorokan muncul bercak putih dan kemerahan, serta suhu badan meningkat. Bahkan terkadang bisa disertai dengan menggigil.

Sedangkan untuk radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus, biasanya tidak akan separah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Tapi justru infeksi virus ini tidak bisa dilawan dengan antibiotik. Jadi Anda harus mendapatkan obat yang tepat, mungkin dengan beberapa cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan obat tradisional seperit yang tadi sudah kami sampaikan. Adapun gejala yang bisa dialami oleh penderita radang akibat infeksi virus yaitu tenggorokan terasa perih, gatal dan kering. Terkadang menyebabkan batuk, bersin hingga suara serak, dan mengalami sedikit demam.

Itulah tadi penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara menyembuhkan radang tenggorokan dengan menggunakan obat alami radang tenggorokan. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan baru kepada Anda dan bisa Anda coba sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *