invisible hit counter

Follow US

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Mudah dan Efektif

Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Mudah dan EfektifBagi Anda yang sedang atau sering mengalami gusi bengkak, informasi mengenai cara menyembuhkan gusi bengkak dengan mudah dan aman berikut ini mungkin akan sangat berguna. Gusi merupakan jaringan utama penyangga gigi dimana di dalamnya banyak terdapat pembuluh darah yang kecil-kecil. Sehingga apabila terjadi gangguan pada gusi, baiasanya akan menimbulkan rasa yang sangat sakit dan dapat menimbulkan sering sakit kepala. Gusi yang membengkak berarti telah terjadi proses peradangan pada gusi tersebut yang pada umumnya ditandai dengan warna gusi yang lebih merah dari gusi lain di sekitarnya, gusi terlihat menonjol, kadang terdapat warna kuning diujungnya sebagai tanda munculnya nanah, dan biasanya gusi menjadi mudah berdarah.

Gusi yang bengkak ini juga dapat berpengaruh sampai ke area pipi, sehingga wajah terlihat tidak simetris dan tentunya berpengaruh terhadap penampilan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gusi bengkak, yang paling sering adalah karena masuknya kuman atau bakteri sehingga menimbulkan peradangan pada gusi. Masuknya kuman ke dalam gusi ini dipicu oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut sehingga menyebabkan terjadinya radang pada gusi. Selain gusi bengkak juga dapat disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi pada masa kehamilan, kekurangan vitamin C, menderita alergi, stres, dampak memakai kawat gigi/behel, dan konsumsi makanan yang terlalu manis.

Beberapa Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak dengan Mudah yang Bisa Anda Coba

Menderita gusi bengkak pastilah sangat mengganggu kenyamanan dan aktifitas Anda. Oleh karena itu harus secepatnya ditangani agar tidak menjadi semakin parah. Cara menyembuhkan gusi bengkak yang dapat dilakukan dengan mudah dan aman antara lain sebagai berikut:

  1. Memperbanyak asupan vitamin C

Salah satu penyebab terjadinya gusi bengkak adalah kekurangan asupan vitamin C. Oleh karena itu cara menyembuhkan gusi bengkak yang efektif adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C juga ampuh melawan kuman penyakit penyebab radang pada gusi. Anda dapat mengkonsumsi berbagai macam buah yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, tomat, mangga, buah kiwi, dan stroberi.

Anda juga dapat membuat ramuan dengan bahan dasar jeruk nipis atau jeruk lemon. Cara membuatnya yaitu jeruk nipis atau jeruk lemon diperas untuk diambil airnya lalu campurkan pada 1 gelas air matang hangat. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur dan lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari. Jeruk nipis maupun jeruk lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat yang ampuh untuk mengobati gusi bengkak.

  1. Menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan jenis tanaman kaya manfaat yang dikenal sebagai tanaman antibiotik alami dan sebagai pereda rasa sakit. Dalam kehidupan sehari-hari bawang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, sehingga tentunya Anda sangat mudah menemukan tanaman yang satu ini. Cara menyembuhkan gusi bengkak menggunakan bawang putih yaitu dengan mengambil beberapa siung bawang putih lalu tumbuk sampai halus. Setelah halus, oleskan bawang putih tersebut pada gusi yang bengkak.

  1. Larutan air garam

Larutan air garam juga dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak karena kandungan natriumnya efektif meredakan radang pada gusi. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu siapkan satu sendok teh garam dapur dan campurkan pada 1 gelas air matang yang hangat. Aduk sampai merata, kemudian gunakanlah untuk berkumur dan lakukan secara rutin 3 kali sehari sehingga gusi Anda yang bengkak akan segera sembuh.

  1. Pijatan pada gusi

Cara menyembuhkan gusi bengkak yang berikutnya yaitu dengan melakukan pijatan pada gusi. Untuk memijit gusi yaitu dengan menggunakan jari telunjuk, sehingga sebelum melakukan pijatan pada gusi pastikan bahwa jari telunjuk dan kuku Anda benar-benar bersih dengan mencucinya terlebih dahulu menggunakan sabun. Setelah bersih, masukkan jari telunjuk Anda ke dalam mulut dan arahkan pada gusi yang bengkak. Mulailah melakukan pijatan pada gusi dengan arah melingkar. Pijatan dilakukan secara perlahan agar tidak melukai gusi. Lakukan terapi ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Minyak cengkeh

Cengkeh merupakan jenis tanaman yang dikenal memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan anti inflamasi alami sehingga kandungan minyak di dalamnya dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak. Cara membuat ramuannya yaitu ambil siapkan segenggam cengkeh lalu ditumbuk sampai halus, dan tambahkan sedikit minyak zaitun. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada gusi yang bengkak. Lakukan secara rutin 2 kali sehari maka gusi bengkak yang Anda derita akan sembuh dengan cepat.

  1. Kompres air hangat

Salah satu cara untuk meredakaan gusi yang membengkak adalah dengan melakukan kompres air hangat. Caranya yaitu basahi handuk dengan air hangat lalu diperas. Segera tempelkan handuk tersebut pada pipi atau bagian luar gusi yang mengalami pembengkakan. Tunggu beberapa saat kemudian basahi lagi handuk dengan air hangat dan ulangi lagi prosedur yang sama. Cara ini dapat merelaksasaikan syaraf dan pembuluh darah di area gusi sehingga dapat meredakan peradangan dan mengurangi rasa sakit pada gusi.

  1. Ramuan daun sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak karena mengandung zat antiseptik alami. Cara membuatnya yaitu siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian masukkan dalam panci yang berisi 2 gelas air. Masukkan juga ke dalam panci tersebut 1 ruas kunyit yang telah dibersihkan dan 1 sendok garam dapur. Masak semua campuran tersebut sampai tersisa airnya kira-kira menjadi 1 gelas. Lalu gunakanlah ramuan tersebut untuk berkumur dan lakukan secara rutin 2 kali sehari untuk meyembuhkan gusi bengkak.

  1. Menggunakan baking soda

Baking soda atau sodium bikarbonat juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gusi bengkak. Baking soda dikenal sebagai bahan tambahan pembuat kue ini ternyata ampuh sebagai pembersih kuman dan membuang sel-sel kulit yang telah mati. Cara mengobati gusi bengkak menggunakan baking soda yaitu dengan menyiapkan satu sendok makan dan masukkan ke dalam satu gelas air hangat dan aduk hingga rata. Lalu gunakan larutan baking soda tesebut untuk berkumur dan lakukan secara rutin 2 kali dalam sehari.

Di samping melakukan tips atau cara menyembuhkan gusi bengkak yang telah diterangkan di atas, untuk mempercepat kesembuhan maka perbanyaklah minum air putih dan hindari kebiasaan konsumsi rokok dan alkohol. Dan yang paling penting adalah jagalah selalu kebirsihan gigi dan mulut dengan selalu menggosok gigi secara rutin dan membersihkan sisa makanan yang masih melekat di area gigi. Sebaiknya kurangi makanan yang terlalu manis, misalnya permen atau coklat karena lebih pat menjadi cepat memicu pertumbuhan kuman di area gigi dan gusi. Selain itu hindari stres, sebab stres juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gusi bengkak. Jika mengalami sakit berlanjut akibat gusi bengkak yang susah sembuh, maka konsultasikan ke dokter gigi agar mendapatkan solusi yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *