invisible hit counter

Follow US

Cara Mengobati Sakit Kepala Ringan dan Migrain Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Kepala Ringan dan Migrain Secara AlamiCara mengobati sakit kepala seharusnya bisa dilakukan tanpa mengonsumsi obat-obatan kimia. Dengan catatan, sakit kepala yang dialami bukanlah sakit kepala serius. Pasalnya ada banyak jenis sakit kepala terutama jika dibedakan dari penyebabnya. Namun umumnya sakit kepala dibedakan menjadi dua, yakni sakit kepala biasa dan sakit kepala sebelah atau migrain. Jika rasa pening atau sakit kepala yang dialami bukan berasal dari masalah serius seperti penyakit dalam yang sudah stadium tinggi misalnya, maka ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal tanpa harus minum obat.

Sakit kepala adalah masalah yang sepertinya akan dialami oleh semua manusia. Hampir tidak ada manusia yang tidak pernah merasakan sakit kepala selama hidupnya. Sakit kepala bisa muncul secara tiba-tiba ketika sedang beraktivitas. Atau biasanya kondisi ini disebabkan oleh berbagai penyakit lain yang bisa memicu sakit kepala. Misalnya seperti hipertensi, hipotensi, dan sebagainya. Cara mengobati sakit kepala sebelah ataupun sakit kepala biasa sebenarnya tidak bisa dilakukan secara instan. Tapi kalau hanya untuk meringankan saja, berikut kami jelaskan beberapa cara yang efektif.

Cara Mengobati Sakit Kepala Biasa Tanpa Obat

Banyak orang yang ketergantungan obat saat merasa pusing atau sakit kepala. Padahal belum tentu rasa sakit kepala itu berasal dari penyakit serius yang harus ditangani dengan obat. Mungkin saja itu hanyalah efek dari aktivitas fisik biasa atau karena kondisi mental. Namun jika suatu saat Anda sedang berada di suatu tempat yang tidak memungkinkan untuk mendapatkan obat sakit kepala secara cepat, lakukan beberapa cara ini untuk meringankan dan mencegah sakit kepala.

  1. Buah Pisang

Cara mengobati sakit kepala pertama yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan obat adalah dengan makan buah pisang. Selain menjadi buah yang mengenyangkan, buah pisang ini memiliki kandungan magnesium dan potasium yang tinggi. Di mana dua kandungan utama pada pisang tersebut ternyata cukup efekfit untuk meredakan sakit kepala. Oleh karena itu saat Anda sedang sakit kepala, makanlah buah pisang secukupnya supaya sakit kepala segera mereda.

  1. Kentang

Selain buah pisang, cara mengobati sakit kepala yang lain juga bisa Anda lakukan dengan makan kentang. Alasan pertama adalah karena sakit kepala bisa disebabkan oleh hilangnya elektrolit di dalam tubuh, termasuk kalium. Dan kentang adalah salah satu umbi-umbian yang memiliki kandungan kalium tinggi. Meskipun banyak yang tidak tahu, kentang dinilai cukup efektif untuk meredakan rasa sakit kepala. Tapi ingat, kentangnya dikukus, bukan digoreng.

  1. Potongan Es Batu

Sakit kepala biasanya diatasi dengan cara dikompres, baik dengan air hangat maupun air es. Tapi ternyata cara mengobati sakit kepala yang efektif adalah dengan menggunakan potongan es batu. Masukkan beberapa potong es batu ke dalam sebuah waslap. Kemudian gunakan untuk mengompres bagian kepala Anda yang terasa sakit atau pening. Biasanya pada bagian kening, lalu es batu dibiarkan selama beberapa saat sampai rasa pusing menghilang.

  1. Air Putih

Anda perlu berhati-hati, karena kebiasaan kurang minum air putih ternyata juga bisa mengakibatkan sakit kepala. Kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi, setelah itu imbasnya Anda akan mengalami sakit kepala. Untuk mengatasi masalah ini, caranya cukup mudah. Cara mengobati sakit kepala yang paling sederhana adalah dengan mengonsumsi air putih. Untuk mencegah terjadinya sakit kepala secara berulang, minumlah air putih secara rutin dan cukup, minimal delapan gelas air dalam sehari.

  1. Permen Mint

Ini sebenarnya cara darurat, terutama jika Anda sedang berada di luar ruangan yang jauh dari penjual buah pisang, kentang, tidak ada es batu, dan air putih. Jika Anda membawa permen mint, cobalah makan permen tersebut untuk membuat kepala menjadi lebih rileks. Kandungan mentol yang ada pada permen mint ternyata bisa memberikan efek relaksasi ketika Anda sedang sakit kepala. Bukan hanya permen mint, tapi jika ada makanan dan minuman lain yang mengandung mint, Anda juga bisa mengonsumsinya.

Itu dia lima hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengobati sakit kepala yang efektif dan tanpa menggunakan obat. Tapi untuk menghindari kondisi sakit kepala yang sering muncul, cobalah untuk menghindari stres. Lakukanlah relaksasi pikiran dan jiwa supaya tidak terjadi stres. Salah satunya dengan mendekatkan diri kepada Tuhan YME supaya kondisi pikiran Anda tetap tenang. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga waktu tidur Anda.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Secara Alami

Selain sakit kepala biasa, banyak juga orang yang sering mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Biasanya jenis penyakit kepala ini lebih sering dialami oleh orang dewasa. Alasannya adalah karena penyebab utama migrain biasanya adalah karena faktor psikologis atau karena kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Jadi bagi Anda yang sibuk bekerja dan tinggal di daerah perkotaan, hati-hati dengan kondisi psikologis Anda. Pasalnya sakit kepala sebelah bisa menyerang kapan saja ketika kondisi tubuh dan pikiran sedang tidak fit. Ditambah lagi dengan pengaruh lain seperti kebisingan dan polusi udara. Ada beberapa cara mengobati sakit kepala sebelah yang bisa Anda lakukan tanpa mengonsumsi obat. Berikut ulasannya.

  1. Minum Kafein

Mungkin selama ini kafein dinilai berbahaya untuk kesehatan karena bisa menyebabkan hipertensi atau penyakit-penyakit yang lain. Namun sebenarnya kafein bisa digunakan untuk penghilang rasa sakit, termasuk sakit kepala sebelah atau migrain. Dengan catatan, kafein harus dikonsumsi dalam porsi yang cukup. Oleh karena itu ketika Anda sedang migrain, coba minum segelas kopi yang mengandung kafein.

  1. Kamar yang Gelap

Cara mengobati sakit kepala sebelah yang lainnya adalah dengan beristirahat di dalam ruangan atau kamar yang gelap. Tapi yang paling penting, ketika Anda migrain cobalah untuk segera beristirahat dan menghentikan aktivitas Anda. Masuklah ke kamar, tutup pintu, jendela, lalu matikan lampu. Beristirahatlah di dalam kamar yang gelap supaya rasa pusing sebelah bisa mereda secara perlahan.

  1. Kaldu Ayam

Pernahkah Anda makan kaldu ayam? Ternyata makanan bergizi yang satu ini memiliki beberapa efek positif apabila dikonsumsi. Terutama saat Anda sedang merasa migrain atau sakit kepala sebelah. Kaldu ayam dinilai cukup efektif sebagai cara mengobati sakit kepala sebelah. Maka dari itu ketika Anda sedang migrain, cobalah untuk mengonsumsi sup yang mengandung kaldu ayam. Di dalamnya mengandung kalsium yang diketahui bisa menetralisir sakit kepala sebelah.

Itu tadi adalah beberapa penjelasan mengenai bagaimana cara mengobati sakit kepala biasa dan sakit kepala sebelah atau migrain. Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda bisa mengatasi sakit kepala tanpa panik dan tanpa minum obat, kecuali pada kondisi terdesak dan memang dibutuhkan. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *