invisible hit counter

Follow US

Cara Mengobati Mata Merah dengan Metode Pengobatan Tradisional

Cara Mengobati Mata Merah dengan Metode Pengobatan TradisionalBanyak orang yang salah kaprah mengenai bagaimana cara mengobati mata merah, gatal dan pedih. Terkadang ada yang menganggap mencuci muka saja cukup untuk mengobatinya. Padahal pada air yang digunakan untuk cuci muka itu pun belum tentu bersih. Banyak juga orang yang suka menggaruk atau mengusap mata yang terasa gatal atau pedih sehingga justru kondisinya semakin parah. Cara mengobati mata merah dan perih paling mudah mungkin adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Lalu jika sedang tidak memungkinkan untuk pergi ke apotek, adakah cara lain?

Tentu saja ada, yaitu dengan menggunakan metode pengobatan tradisional. Jadi yang Anda butuhkan adalah bahan-bahan alami untuk kemudian diramu menjadi obat tradisional untuk mengobati mata merah. Selain lebih murah karena bahan-bahannya mudah didapatkan di dapur, bahan alami juga relatif lebih aman. Ketimbang obat tetes mata yang terkadang justru bisa mengakibatkan iritasi mata. Namun bukan berarti menggunakan obat tetes mata itu tidak aman. Anda tetap boleh menggunakannya, karena efek penyembuhannya juga cukup cepat dan efektif.

Cara Mengobati Mata Merah pada Orang Dewasa

Mata merah merupakan salah satu penyakit mata yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun tidak tergolong dalam penyakit yang parah, namun tetap saja penderitanya pasti tidak nyaman melakukan segala hal. Biasanya orang yang sakit mata akan ke luar rumah dengan menggunakan kaca mata. Selain karena untuk menyembunyikan mata merahnya, memakai kaca mata juga bisa menghindarkan terjadinya penularan ke orang lain. Mengapa bisa menular? Apakah sakit mata disebabkan oleh virus atau bakteri? Selengkapnya akan kami bahas nanti, namun sebelumnya silahkan simak beberapa resep tradisional cara mengobati mata merah dan berair berikut ini.

  1. Bawang Putih

Bukankah mata akan pedih jika terkena bawang putih? Memang betul, namun cara mengobati mata merah yang satu ini dinilai cukup efektif dan cepat menyembuhkan mata merah. Pertama sediakan satu siung bawang putih. Sebelumnya pastikan Anda juga sudah mencuci mata Anda dengan air bersih. Kupas satu siung bawang putih yang sudah Anda siapkan tadi, lalu potong bagian ujungnya.

Setelah itu oleskan ujung bawang putih yang sudah dipotong tadi pada kelopak mata bawah. Tunggu sampai beberapa saat sampai Anda merasa pedih dan mata Anda mengeluarkan air mata. Oleskan lagi dan tunggu sampai mata Anda berair lagi. Setelah itu barulah Anda bilas dengan air bersih. Sebaiknya Anda melakukan metode ini di malam hari sebeum tidur.

  1. Daun Sirih

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat mata merah. Cara mengobati mata merah dengan daun sirih juga tidak terlalu rumit. Pertama, sediakan 1-3 lembar daun sirih dan cuci sampai daunnya bersih. Rebus daun sirih sampai mendidih dengan air secukupnya. Setelah mendidih, tunggu sampai dingin dan saring air rebusannya. Anda bisa memanfaatkan air rebusan daun sirih ini dengan cara diteteskan langsung seperti menggunakan obat tetes mata. Atau juga bisa digunakan untuk membersihkan area mata yang sakit. Namun Anda harus menggunakan kain yang teksturnya lembut atau boleh juga menggunakan kapas.

  1. Getah Daun Patikan Kebo

Sebagian orang pasti cukup asing dengan daun patikan kebo. Namun ternyata getah daun ini dinilai cukup efektif untuk mengobati infeksi mata yang menyebabkan mata merah, berair dan nyeri. Di mana tanaman daun patikan kebo ini sebenarnya mudah dijumpai di sekitar kita. Cara mengobati mata merah dan berair tidak terlalu repot seperti membuat ramuan tradisional dengan daun sirih tadi.

Pertama sediakan 2-3 tangkai daun patikan kebo saja, tidak perlu terlalu banyak. Kemudian ambil getahnya sekitar 2-3 tetes dan letakkan di sendok teh. Lalu teteskan ke mata yang merah seperti cara mengobati mata merah dan perih dengan obat tetes mata. Lakukan pengobatan ini sebanyak 2 kali sehari sebanyak 2-3 tetes saja. Namun jika Anda tidak berani dan ragu, lebih baik gunakan obat tetes mata saja.

  1. Kentang

Kentang mungkin menjadi salah satu sayuran yang paling banyak digemari di dunia. Namun selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata kentang ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati mata merah yang cukup manjur. Caranya adalah dengan menggunakan jus kentang. Cukup aneh mungkin, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Kupas dan cuci sebuah kentangnya sampai bersih. Lalu Anda bisa memblendernya atau memarutnya.

Untuk menerapkan obat ini, bungkus terlebih dahulu kentang yang sudah dihaluskan tersebut dengan kain halus. Lalu kompreskan pada mata Anda yang merah, gatal dan pedih. Jangan langsung diangkat, tetapi biarkan dulu selama kurang lebih 10-15 menit. Barulah kemudian Anda angkat dan bilas dengan air bersih.

Beberapa Faktor Penyebab Sakit Mata Merah

Selain beberapa cara mengobati mata merah dengan metode tradisional tadi, sebenarnya ada cara yang paling praktis. Yaitu Anda bisa mengompres mata Anda dengan menggunakan air hangat. Selain itu hindari menonton TV atau bermain gadget terlalu lama saat sedang sakit mata. Sebenarnya hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan sakit mata? Secara umum ada empat hal yang bisa menjadi penyebab sakit mata.

Yang pertama adalah viral conjunctivitis atau infeksi virus. Dengan demikian sakit mata merah karena virus ini bisa menular. Namun biasanya penyakit ini tidak memerlukan perawatan khusus karena bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Ciri-cirinya adalah mata Anda akan mengeluarkan cairan bening yang encer. Sakit mata juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Bahkan mata yang terinfeksi bakteri ini merupakan jenis sakit mata yang cukup serius. Tanda-tandanya biasanya bisa dilihat dengan keluarnya cairan kental kekuning-kuningan (belek).

Untuk sakit mata akibat virus dan bakteri, Anda mungkin bisa mencoba cara mengobati mata merah yang tadi kami jelaskan. Selain itu sakit mata juga bisa disebabkan oleh alergi. Pemicunya biasanya dari hal-hal yang sepele, seperti debu, bulu hewan yang kecil, dan sebagainya. Meskipun tidak menular, namun sakit mata karena alergi bisa terjadi dalam waktu yang lama. Dan jenis yang keempat adalah sakit mata karena iritasi. Contoh kasusnya adalah saat mata Anda kemasukan benda asing dari luar seperti debu atau percikan. Kondisi ini biasanya semakin parah karena mata diusap atau digaruk terlalu keras.

Meskipun sakit mata bukan merupakan jenis penyakit keras, namun beberapa cara mengobati mata merah dan perih yang tadi kami jelaskan cukup penting untuk Anda ketahui. Apalagi jika Anda sedang berada dalam kondisi darurat dan tidak memungkinkan untuk membeli obat tetes mata. Namun yang jelas Anda sangat perlu menjaga kesehatan dan kebersihan mata Anda supaya terhindar dari mata merah dan penyakit-penyakit mata lainnya. Sekian tips mengenai cara mengobati mata merah dan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *