invisible hit counter

Follow US

Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami dan Mengenali Berbagai Penyebabnya

Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami dan Mengenali Berbagai PenyebabnyaCara mengobati mata bengkak secara alami bisa Anda lakukan dengan berbagai macam metode. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat mata Anda bengkak supaya peradangan di mata tersebut bisa segera mereda. Pembengkakkan di area mata biasanya akan mudah terlihat sehingga lebih mudah diobatk ketimbang penyakit di bagian dalam mata. Bengkaknya mata ini secara umum bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bahkan terkadang setiap orang punya penyebab sakit mata yang berbeda-beda. Misalnya karena terjadi infeksi, karena mengalami benturan atau bahkan hanya karena masalah sepele seperti menangis.

Mata yang bengkak bisa mengurangi rasa percaya diri, karena pasti akan membuat penampilan terutama wajah menjadi kurang menarik. Oleh karena itu sebaiknya jika Anda mengalami masalah tersebut, atasi dengan segera. Cara paling sederhana dan praktis mungkin adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Akan tetapi jika Anda tidak punya waktu untuk ke apotek untuk membeli obat tetes mata, ada berbagai macam cara mengobati mata bengkak dan sakit alternatif yang bisa Anda coba.

Cara Mengobati Mata Bengkak Tanpa Obat Tetes Mata

Seperti yang barusan kami sampaikan, obat tetes mata merupakan pilihan obat paling praktis dan paling mudah apabila Anda mengalami mata bengkak. Akan tetapi sebenarnya ada beberapa cara pengobatan alami yang terbilang lebih aman. Paslanya mata adalah area yang sangat sensitif dan tipis. Jadi Anda perlu berhati-hati saat memilih obat untuk mengobati mata bengkak. Sebelum mengetahui tentang apa saja hal yang bisa menyebabkan mata bengkak, berikut ini akan kami jelaskan terlebih dahulu tentang bagaimana saja cara mengobati mata bengkak sebelah.

Selain dengan menggunakan obat tetes mata, sebenarnya Anda bisa mencoba cara mengobati mata bengkak yang lebih sederhana. Anda bisa mengompres mata Anda dengan air dingin atau es batu untuk meredakan peradangan pada mata Anda. Sediakan air dingin atau air es dalam sebuah baskom, lalu celupkan handuk kecil, peras, dan kompreskan ke bagian mata Anda yang bengkak. Atau Anda juga bisa menggunakan es batu yang dimasukkan ke dalam plastik untuk mengompres mata Anda.

Selama Anda mengalami masalah pada mata, usahakan Anda menghindari konsumsi garam yang berlebihan. Pasalnya konsumsi garam yang notabene mengandung natrium ternyata bisa meningkatkan retensi air. Hal itu bisa membuat mata semakin bengkak. Oleh karena itu selain mengompres mata, cara mengobati mata bengkak yang lain bisa Anda lakukan dengan cara menghindari mata bengkak yang semakin parah. Akan tetapi di balik bahaya garam berlebihan untuk orang yang sedang sakit mata, ternyata garam juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi mata yang sedang bengkak.

Bagaimana caranya? Cara mengobati mata bengkak sebelah dengan menggunakan garam ternyata cukup mudah. Namun bukan dengan dikonsumsi, akan tetapi digunakan untuk mengobati dari luar. Campurkan setengah sendok teh garam dengan 250 ml, lalu aduk sampai merata. Celupkan kapas ke dalam larutan garam tersebut dan gunakan untuk mengompres mata. Akan tetapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk sakit mata bengkak yang ringan. Sedangkan jika sudah dilakukan cara pengobatan tersebut namun masih belum reda juga, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pertolongan yang tepat.

Apabila suatu saat Anda mengalami mata bengkak, usahakan lebih banyak mengonsumsi air putih. Seperti anjuran pada umumnya, minumlah minimal 8 gelas air putih sehari. Tujuannya adalah membuat kulit tubuh Anda selalu terhidrasi termasuk di sekitar mata yang bengkak. Namun meskipun disarankan untuk banyak minum, usahakan kurangi minuman bersoda karena justru minuman seperti itu bisa menimbulkan dehidrasi. Cara mengobati mata bengkak lainnya adalah dengan membuat mata Anda menjadi segar. Caranya adalah dengan menggunakan potongan ketimun dingin.

Ketimun ternyata diketahui mengandung berbagai macam enzim yang mampu mengatasi peradangan atau bengkak. Dengan mengunakan potongan ketimun dingin, bengkak di bagian mata bisa sedikit teratasi. Cara mengobati mata bengkak dan sakit yang satu ini cukup mudah. Potong timun dalam ukuran yang tidak terlalu tipis, lalu dinginkan dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu letakkan di mata Anda sampai suhu ketimunnya sama dengan suhu kamar. Bahkan bukan hanya mampu mengatasi bengkak pada mata, tapi juga bisa mencerahkan warna kulit.

Teh celup dan kentang juga bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati mata bengkak. Hal ini mungkin belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang, karena teh celup dan kentang pada umumnya memang untuk dikonsumsi. Untuk menggunakan teh celup, seduh terlebih dahulu tehnya sampai hangat. Lalu tempelkan ke bagian mata yang bengkak selama kurang lebih 5-10 menit. Sedangkan untuk menggunakan kentang, gunakan parutan kentang yang sudah dicuci sampai bersih. Peras parutan kentang tersebut sampai mengeluarkan air, lalu gunakan air tersebut untuk mengompres mata yang bengkak.

Berbagai Penyebab Mata Bengkak yang Biasa Terjadi

Setelah mengetahui bagaimana cara mengobati mata bengkak, Anda juga harus tahu apa saja faktor penyebab mata bengkak supaya Anda bisa mencegah terjadinya penyakit mata tersebut. Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, penyebab mata bengkak ada banyak. Termasuk menangis, karena menangis dalam waktu yang lama ternyata bisa mengakibatkan terjadinya retensi cairan pada kelenjar mata. Itulah yang menyebabkan mata bengkak setelah seseorang menangis. Selain itu Anda juga perlu mengatur waktu tidur Anda dengan teratur. Paslanya kurang tidur juga bisa membuat mata lelah dan akhirnya membengkak.

Beberapa jenis penyakit juga bisa menjadi penyebab timbulnya pembengkakkan pada mata. Misalnya seperti flu dan sinusitis. Penyakit ini merupakan peradangan yang terjadi di sekitar rongga hidung. Hal yang sama juga terjadi ketika orang mengalami flu. Ketika seseorang mengalami flu atau sinusitis, akan timbul retensi cairan pada bagian kelenjar mata. Pada akhirnya retensi cairan tersebut mengakibatkan pembengkakkan pada mata. Kalau sudah terjadi pembengkakkan, langkah yang bisa Anda lakukan adalah melakukan beberapa cara mengobati mata bengkak seperti yang tadi sudah kami jelaskan.

Mencegah tetap lebih baik ketimbang mengobati. Oleh karena itu Anda diharapkan lebih waspada dengan berbagai faktor penyebab mata bengkak. Selain beberapa faktor yang barusan kami sampaikan, ada beberapa hal yang juga bisa menyebabkan pembengkakkan pada mata. Diantaranya konsumsi alkohol, rokok dan narkoba. Mengonsumsi alkohol, kecanduan merokok dan menggunakan obat-obat terlarang biasanya akan membaut mata berwarna merah. Mata merah itu kemudian memicu pembengkakkan yang terjadi pada area bawah mata.

Kurang lebih itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara mengobati mata bengkak dan sakit beserta tips pencegahannya. Semoga setelah mengetahui beberapa fakta yang barusan kami sampaikan, Anda bisa lebih waspada dan terhindar dari penyakit mata bengkak. Demikian artikel singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *