invisible hit counter

Follow US

Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Mudah namun Efektif

Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Mudah namun EfektifMenderita pusing kepala pastilah membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga perlu diketahui bagaimana cara menghilangkan pusing kepala secara efektif. Pusing kepala merupakan suatu keadaan yang banyak dialami oleh sebagian besar masyarakat, baik dalam skala yang ringan maupun berat. Pusing kepala ada banyak variasi sensasi yang dirasakan oleh penderitanya, misalnya rasa seperti berputar-putar (vertigo), sakit kepala sebelah (migrain), rasa sakit seperti ditusuk-tusuk, tegang pada kepala bagian belakang, rasa nyut-nyutan, pusing berkunang-kunang, dan sebagainya. Pusing kepala dapat dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia maupun jenis kelamin. Keadaan ini dapat datang secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas atau dapat juga terjadi secara hilang timbul.

Pusing kepala dapat disebabkan oleh banyak faktor, baik itu berkaitan dengan kurangnya aktifitas fisik (olahraga), kurang istirahat, banyak beban pikiran (stres), posisi tidur yang salah, terlalu lama berdiri, telat makan, faktor hormonal, cuaca aktrim, sarana transportasi (mabok kendaraan), maupun kolesterol tinggi. Selain itu, pusing kepala juga dapat disebabkan karena penyakit tertentu, seperti akibat penyakit anemia (kurang darah), hipertensi (tekanan darah tinggi), hipotensi (tekanan darah rendah), sakit gigi, mata, THT, sakit flu, maupun dapat juga sebagai gejala dari penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, kencing manis, serta berbagai jenis tumor/kanker.

Berbagai Cara Menghilangkan Pusing Kepala yang Efektif untuk Anda Coba

Bagi Anda yang sering merasakan pusing kepala, dapat mencoba berbagai cara menghilangkan pusing kepala seperti berikut ini:

  1. Teknik relaksasi

Cara menghilangkan pusing kepala yang pertama adalah dengan teknik relaksasi. Caranya yaitu dengan cara duduk bersila seperti posisi yoga/meditasi, kemudian tarik nafas dalam-dalam secara perlahan melalui hidung kemudian buang nafas secara perlahan pula melalui mulut. Cara ini juga dapat Anda lakukan sambil duduk di kursi atau berbaring rebahan di tempat tidur. Sebaiknya kurangi pencahayaan lampu untuk mengurangi rangsangan cahaya pada mata sehingga turut meredakan rasa pusing. Carilah tempat yang tenang, jernihkan pikiran Anda, jauhkan semua hal yang mengganjal di pikiran, dan posisikan tubuh Anda senyaman mungkin.

  1. Jauhkan kemungkinan faktor penyebab

Cara menghilangkan pusing pada kepala yang berikutnya yaitu dengan menjauhkan segala kemungkinan yang menjadi faktor penyebab pusing kepala. Misalnya saja jika Anda terlalu lama bekerja di depan komputer kemudian merasa pusing, maka sebaiknya hentikan aktifitas Anda dan segera beristirahat. Atau jika Anda sedang mengendarai motor, menyetir mobil, mengoperasikan mesin, dan sebagainya, maka hendaknya hentikan pekerjaan Anda. Sebab pusing di kepala dapat disebabkan oleh aktifitas yang banyak menguras konsentrasi pikiran maupun membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu sebaiknya hindari kebiasaan yang dapat memicu sakit kepala, seperti merokok, konsumsi alkohol, sering begadang, terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, asin, mengandung penyedap rasa (MSG), maupun minuman bersoda.

  1. Pijatan pada kepala, leher, dan pundak

Memijit kepala, leher, dan pundak juga dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan pusing kepala karena dapat melenturkan otot-otot yang tegang serta melancarkan peredaran darah. Untuk memijit kepala, Anda dapat melakukannya sendiri yaitu dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Caranya letakkan jari telunjuk dan jari tengah pada kening Anda, kemudian beri penekanan pada kening dan putar searah jarum jam. Lalu Anda dapat memijit bagian kepala Anda baik bagian depan, atas, samping, maupun belakang dengan menggunakan sepuluh jari kedua tangan Anda dengan tumpuan pada jari jempol. Lakukan secara perlahan dan rasakan setiap gerakannya terutama pada area kepala yang pusing.

Anda juga dapat meminta bantuan teman atau keluarga Anda untuk memijit bagian leher dan pundak Anda. Jika mengalami pusing, biasanya dengan dilakukan pijatan pada leher dan pundak biasanya akan memberikan kenyamanan pada penderitanya, otot-otot menjadi rileks, dan pusing pun berangsur-angsur akan menghilang.

  1. Olesi balsem, minyak kayu putih, atau aroma terapi

Anda juga dapat menggunakan cara menghilangkan pusing kepala dengan mengoleskan balsem, minyak kayu putih, atau minyak aroma terapi pada bagian kening, leher, maupun pundak Anda. Dengan mengoleskan bahan tersebut, akan menciptakan suhu hangat yang dapat melonggarkan pembuluh darah sehingga dapat meredakan sakit kepala. Aromanya yang segar dan hangat juga dapat terkirim ke sistem syaraf pusat yang dapat meredakan rasa nyeri pada kepala.

  1. Kerokan

Kerokan sudah dikenal secara turun-temurun dari nenek moyang sebagai cara menghilangkan pusing kepala secara efektif. Mintalah bantuan keluarga atau teman untuk mengerok punggung Anda menyesuaiakan dengan alur tulang rusuk. Mengerok yang baik yaitu dari bagian dalam/tengah ke arah luar/pinggir, dimulai dari bagian punggung atas (pundak) sampai area pinggang. Untuk bagian tengkuk dan bagian tengah-tengah tulang punggung, keroklah dari atas menuju bawah.

  1. Mengkonsumsi sup atau teh hangat

Dengan mengkonsumsi sup atau teh hangat juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan pusing kepala. Apalagi jika sakit kepala diakibatkan karena Anda sedang melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan bermotor atau mengalami mabok kendaraan. Maka dengan mengkonsumsi sup atau teh hangat, tubuh akan terasa segar kembali dan pusing kepala dapat berangsur-angsur sembuh, sekaligus Anda dapat terhindar dari kemungkinan dehidrasi.

  1. Istirahat dengan tidur

Seringkali terjadinya pusing kepala akibat Anda terlalu capek atau kurang istirahat. Sehingga cara menghilangkan pusing kepala dapat dilakukan dengan istirahat dan tidur. Pada beberapa kasus, pusing kepala dapat reda dengan sendirinya ketika seseorang beristirahat dengan rileks, berbaring di tempat tidur, kemudian tidur dengan nyaman. Setelah bangun tidur, pusing kepala dapat menghilang dan kondisi badan dapat pulih kembali.

  1. Mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri

Jika dengan cara-cara yang alami pusing pada kepala Anda tidak kunjung sembuh, Anda dapat menggunakan obat pereda rasa nyeri (analgesik) sebagai cara menghilangkan sakit kepala secara cepat. Banyak obat pereda nyeri kepala yang dijual di apotik yang dapat dibeli tanpa resep dokter, seperti antalgin, paracetamol, atau asam mefenamat. Tetapi jika Anda menderita penyakit gangguan hati, ginjal, atau alergi dengan obat-obatan tertentu, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk memilih obat pereda nyeri yang tepat.

Disamping melakukan cara menghilangkan pusing kepala seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya lakukan pola hidup sehat agar terhindar dari pusing kepala. Pola hidup sehat tersebut antara lain dengan melakukan olahraga secara teratur, hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi, makan secara teratur dengan pola gizi yang seimbang. Perbanyaklah asupan air putih agar metabolisme tubuh lancar dan terhindar dari dehidrasi. Jauhi segala hal yang dapat memicu stres, seperti bekerja terlalu keras, memikirkan masalah yang terlalu berat, suasana yang terlalu bising, atau kurangnya istirahat. Jika pusing kepala yang Anda alami intensitas kejadiannya sangat sering dan terjadi nyeri hebat atau bahkan mengakibatkan menurunnya kesadaran (pingsan), maka sebaiknya Anda periksa ke dokter agar dapat dicari penyebabnya dan mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *