invisible hit counter

Follow US

Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat Tanpa Efek Samping

Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat Tanpa Efek SampingDi samping ada orang yang ingin menurunkan berat badannya, pada beberapa kasus ada juga orang yang menginginkan berat badannya bertambah sehingga mencoba berbagai cara menggemukkan badan dengan cepat dan efektif. Selain cara yang cepat dan efektif, cara tersebut haruslah sehat supaya tidak menimbulkan efek negatif yang merugikan kesehatan. Orang yang memiliki tubuh yang kurus dan sulit gemuk biasanya terjadi karena faktor keturunan, kurangnya nafsu makan, kurangnya kelengkapan nutrisi, metabolisme tubuh yang kurang lancar, atau karena sedang menderita suatu penyakit. Sama halnya dengan orang gemuk yang pusing memikirkan cara menurunkan berat badan, ternyata orang kurus yang susah gemuk juga dipusingkan dengan masalah bagaimana cara untuk menggemukan badan.

Orang yang terlalu kurus biasanya merasa kurang percaya diri. Jika orang dewasa tubuhnya kurus pendek maka terlihat seperti anak kecil, sedangkan jika posturnya kurus tinggi akan terlihat jangkung dan biasanya akan tampak lebih tua dari umur aslinya. Berbagai pola hidup yang tidak sehat ternyata juga dapat menyebabkan tubuh seseorang terlalu kurus, seperti banyak pikiran (stres), terlalu banyak begadang, serta banyak mengkonsumsi rokok dan alkohol. Aktifitas yang berlebihan tanpa diimbangi nutrisi yang memadai biasanya juga menyebabkan berat badan seseorang susah naik.

Inilah Berbagai Cara menggemukkan Badan dengan Cepat dan Sehat

Untuk menggemukkan badan sebaiknya gunakanlah cara yang sehat agar terhindar dari penyakit. Sebab akan menjadi sia-sia jika berat badan berhasil naik tetapi justru terserang berbagai penyakit. Berikut ini adalah cara menggemukkan badan dengan cepat tanpa menimbulkan efek samping:

1. Minum susu

Minum susu secara rutin merupakan cara menggemukkan badan dengan cepat. Sebab susu mempunyai nutisi lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Memang tidak semua orang menyukai minum susu, oleh karena itu jika Anda memiliki tubuh yang kurus belajarlah untuk mulai menyukai minuman jenis susu. Anda dapat memilih rasa susu yang sesuai dengan selera Anda, kalau susu murni terasa eneg, dapat memilih jenis susu yang terdapat coklat atau buah-buahan agar lebih menyenangkan dalam mengkonsumsinya. Nutrisi yang terkandung dalam susu anatara lain karbohidrat, protein, vitamin, dan berbagai mineral penting.

2. Meningkatkan asupan kalori

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori  adalah cara menggemukkan badan dengan cepat yang dapat dilakukan dengan cara memperbanyak porsi dan frekuensi makan. Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan porsi yang mencukupi. Sebab pada orang yang berat badannya susah naik biasanya mereka malas makan atau memiliki nafsu makan yang rendah. Oleh karena itu, pilihlah jenis makanan yang Anda sukai sehingga selera makan Anda menjadi meningkat. Jika Anda kurang menyukai nasi, maka gantilah dengan makanan pokok lain yang mengandung kalori cukup tinggi seperti gandum, umbi-umbian, jagung, maupun roti.

Jika Anda tidak sanggup makan dalam porsi makan yang banyak, Anda dapat makan sedikit-sedikit tapi sering. Siapkan makanan selingan atau camilan untuk menambah kalori, seperti kue atau kacang-kacangan. Untuk menambah asupan kalori, Anda juga dapat mengkonsumsi makanan/minuman ringan yang mengandung gula, tetapi jangan sampai berlebihan.

3. Sediakan lauk yang sehat, sayur, dan buah

Selain minum susu dan makanan pokok, Anda tentunya juga harus mengkonsumsi lauk, sayur, dan buah sebagai cara menggemukkan badan dengan cepat. Lauk yang baik adalah yang banyak mengandung protein, seperti ikan, daging sapi, ayam, tempe, tahu, dan sebagainya. Protein merupakan zat pembangun tubuh yang akan membuat otot dan jaringan tubuh menjadi lebih berisi. Sedangkan sayur dan buah adalah jenis makanan yang banyak menyediakan vitamin dan mineral yang sangat berguna sebagai zat pengatur dalam proses metabolisme tubuh.

4. Hindari stres

Stres atau banyak pikiran juga dapat menyebabkan berat badan Anda susah naik. Oleh karena itu cara menggemukan badan dengan cepat dan efektif adalah dengan menghindari stres. Buatlah pikiran senyaman mungkin, jangan memikirkan masalah terlalu berat. Sediakan waktu istirahat yang cukup, tidur yang berkualitas, dan hindari begadang.

5. Konsumsi lemak yang sehat

Jika Anda memiliki tubuh yang kurus, maka cara menggemukkan badan dengan cepat yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak. Namun sebaiknya Anda mengkonsumsi lemak yang sehat atau lemak tak jenuh sehingga lebih aman dari ancaman kolesterol. Lemak ini baik untuk metabolisme tubuh sekaligus menambah massa otot dan jaringan dalam tubuh Anda. Makanan yang mengandung lemak tak jenuh antara lain ikan, buah alpukat, minyak zaitun, minyak biji matahari, kenari, almond, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

6. Jauhi rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol adalah zat yang sangat membahayakan kesehatan. Kedua zat ini dapat membunuh sel-sel yang baik dalam tubuh dan menumbuhkan sel-sel yang jahat. Orang yang banyak mengkonsumsi kedua zat tersebut biasanya juga malas makan dan cenderung mengalami malnutrisi (kekurangan nutrisi). Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menggemukan badan, selalu hindari konsumsi rokok dan alkohol.

7. Olahraga secukupnya

Cara cepat menggemukkan badan yang berikutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga sangat baik dalam melancarkan peredaran darah dan metabolisme tubuh. Tetapi pilihlah olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga karena dapat berpotensi membakar kalori terlalu banyak sehingga berat badan Anda justru susah naik. Olahraga yang cocok antara lain jalan kaki, jogging, senam, dan bersepeda. Dalam olahraga juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup, sehingga tubuh Anda akan lebih sehat dan berisi.

8. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih juga merupakan salah satu tips menggemukan badan dengan cepat karena berperan penting dalam metabolisme tubuh dan menambah massa jaringan tubuh. Sehingga tubuh Akan senantiasa segar dan sehat. Untuk menaikkan berat badan, imbangi dengan konsumsi garam yang cukup, tetapi jangan berlebihan. Konsumsi garam/natrium yang cukup akan dapat meningkatkan penyerapan air di dalam tubuh secara efektif sehingga dapat menambah berat badan Anda. Oleh karena itu cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.

Setelah melakukan berbagai cara menggemukkan badan dengan cepat seperti yang telah dipaparkan di atas, selalu lakukan evaluasi dan pantau perkembangan berat badan Anda. Timbang berat badan secara rutin dan Anda dapat mengamati perubahan yang terjadi. Jika telah terdapat penambahan berat badan secara signifikan, pertahankan program penambahan berat badan yang Anda jalankan dan tingkatkan secara bertahap. Hal yang harus diperhatikan adalah, jika Anda telah melakukan berbagai cara menggemukan badan tetapi selalu gagal dan justru berat badan cenderung turun, maka Anda juga harus mengevaluasi kesehatan Anda.

Ada berbagai kasus penyakit yang dapat membuat penderitanya menjadi kurus dan susah menaikkan berat badannya. Jenis penyakit tersebut antara lain kanker, hepatitis, TBC, tukak lambung, HIV/Aids, pneumonia, diabetes melitus, dan sebagainya. Sehingga jika Anda susah menggemukkan badan dengan disertai keluhanyang mengarah pada gejala penyakit tertentu, maka hendaknya segera memeriksakan diri ke dokter atau fasilitas layanan kesehatan terdekat agar segera mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *