invisible hit counter

Follow US

Cara Mengetahui Masa Tidak Subur Wanita untuk Mencegah Kehamilan

Cara Mengetahui Masa Tidak Subur Wanita untuk Mencegah KehamilanBagi Anda yang ingin menunda kehamilan atau sedang tidak ingin hamil, maka perlu mengetahui tentang cara mengetahui masa tidak subur wanita. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian pasangan yang tidak menginginkan kehamilan karena berbagai sebab, antara lain pada pasangan muda yang tidak ingin segera mempunyai momongan karena belum siap atau pada pasangan yang telah banyak dikaruniai anak dan tidak ingin menambah momongan lagi. Informasi ini juga sangat penting bagi Anda yang masih mempunyai anak yang terlalu kecil sehingga belum siap untuk menambah anak lagi. Apapun alasannya yang pasti ada beberapa pasangan yang belum siap untuk menerima kehamilan berdasarkan pertimbangan yang telah dipikirkan sebelumnya.

Masa tidak subur wanita adalah masa di mana sel telur (ovarium) dalam kondisi yang kurang ideal untuk dibuahi, yang artinya sel telur tersebut masih terlalu muda atau terlalu matang (hampir luruh). Pasangan yang ingin mencegah kehamilan ini pastilah bagi mereka yang dua-duanya dalam kondisi sangat subur, sehingga mereka harus mencari saat-saat yang kurang subur agar tidak terjadi kehamilan. Sebenarnya metode KB adalah cara yang efektif untuk mencegah kehamilan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa pasangan yang belum siap atau bahkan menolak untuk melakukan KB karena berbagai faktor. Oleh karena itu cara ini adalah sebagai alternatif agar pasangan dapat menunda ataupun mencegah kehamilan.

Berbagai Cara Mengetahui Masa Tidak Subur Wanita

Mengetahui masa tidak subur wanita dapat dilakukan dengan banyak cara, yang mudah dilakukan diantaranya adalah dengan menghitung siklus menstruasi, pemeriksaan urine dengan dengan alat semacam test pack kehamilan, dan juga memeriksa lendir pada leher rahim. Sedangkan yang cukup sulit dilakukan karena butuh kejelian adalah dengan mengukur suhu basa tubuh dan pemeriksaan air liur. Berikut ini kami jabarkan satu-persatu cara mengetahui masa tidak subur wanita:

  1. Menghitung berdasarkan siklus menstruasi

Cara mengetahui masa tidak subur wanita pada metode ini adalah berdasarkan siklus haid bulanan. Masa tidak subur adalah kebalikan pada masa suburnya. Di mana masa puncak kesuburan wanita untuk yang mengalami haid teratur yaitu 14 hari dihitung sejak hari pertama mendapatkan haid. Rentang masa suburnya yaitu mulai hari ke-14 dikurangi 2 hari (hari ke-12) sampai hari ke-14 ditambah 2 hari (hari ke-16). Jadi masa subur seorang wanita yang mengalami siklus haid teratur yaitu hari ke-12 sampai hari ke-16 dihitung sejak hari pertama mengalami menstruasi. Siklus haid teratur diartikan sebagai haid datang tiap bulan dengan rentang waktu yang cenderung tetap, pada umumnya 28-30 hari sekali.

Sedangkan masa subur pada wanita yang tidak mengalami haid teratur, cara menghitungnya yaitu dengan memperhatikan siklus terpendek dan siklus terpanjang yang terjadi dalam 6 masa siklus haid seorang wanita. Rumus menghitung rentang masa suburnya yaitu siklus hari terpendek dikurangi 18 hari untuk hari pertama masa subur, dan siklus hari terpanjang dikurangi 11 hari untuk hari terakhir masa suburnya. Setelah mengetahui masa subur pada wanita dengan rumus di atas, untuk menentukan masa tidak subur wanita adalah dengan cara sejauh mungkin menghindari masa paling subur tersebut.

Misalnya pada seorang wanita yang mengalami siklus haid teratur, jika berhubungan suami istri jauhilah hari ke-12 sampai hari ke-16 setelah menstruasi. Pilihlah hari yang jaraknya agak jauh dengan hari-hari subur itu, tetapi dengan catatan jangan melakukan hubungan intim pada waktu istri sedang haid karena dapat berakibat fatal bagi kesehatan. Metode ini memang tidak terlalu akurat untuk mencegah kehamilan karena adanya pergeseran siklus haid maupun timbulnya potensi lupa yang cukup tinggi, tetapi setidaknya dapat meminimalkan terjadinya kehamilan jika dihitung secara cermat dan disiplin dalam menjalankannya.

  1. Pemeriksaan urine

Cara untuk mengetahui masa tidak subur wanita melalui pemeriksaan urine yaitu dengan menggunakan alat test sekali pakai seperti pada test kehamilan (test pack). Alat ini sudah banyak dijual di apotik. Cara penggunaannya sangat mudah, sama seperti menggunakan alat test kehamilan. Celupkan stik pada urine yang diletakkan pada suatu wadah, tunggu beberapa saat lalu dilihat strip yang muncul pada stik. Jika stripnya hanya satu berarti Anda sedang dalam masa yang tidak subur, tetapi jika stripnya dua maka Anda sedang dalam masa subur. Prinsip dalam pemeriksaan urine ini yaitu berdasarkan kadar Lutenizing Hormon (LH) yang ada dalam urine seorang wanita. Oleh karena itu jika ingin melakukan hubungan intim supaya tidak hamil, lakukanlah ketika pada pemeriksaan urine menunjukkan strip satu pada stiknya.

  1. Mengamati mood/gairah seksual dan peningkatan suhu basal

Dalam masalah mood/gairah seksual terdapat perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Pada laki-laki biasanya mood dapat muncul sewaktu-waktu, tetapi pada wanita pada umumnya ada waktu-waktu khusus di mana dia merasa gairahnya sedang tinggi, biasa saja, atau rendah. Masa subur pada wanita biasanya terdapat pada saat wanita tersebut sedang mood atau mempunyai gairah tinggi untuk berhubungan intim dengan pasangannya, sebaliknya masa tidak subur wanita biasanya terjadi pada saat gairah itu sedang rendah atau biasa saja. Kelemahan cara ini mungkin agak sulit karena mengandalkan perasaan, untuk mengukurnya dapat pula dilakukan dengan cara megukur suhu basal pada wanita.

Cara mengukur suhu basal tersebut adalah dengan menggunakan termometer yang diletakkan di bawah lidah atau di anus (sebab lebih akurat daripada di ketiak). Jika suhunya stabil maka menunjukkan wanita dalam masa yang tidak subur. Tetapi jika ada peningkatan suhu yang signifikan pada beberapa hari (sekitar 0,5°C) kemudian turun kembali pada saat tertentu, maka pada saat terjadi kenaikan itulah yang merupakan masa subur sehingga harus dihindari untuk berhubungan intim agar tidak terjadi kehamilan.

  1. Memeriksa air liur

Cara mengetahui masa tidak subur pada wanita yang memiliki tingkat keakuratan cukup tinggi yaitu dengan alat pendeteksi air liur. Caranya yaitu dengan mengoleskan air liur pada kaca/lensa di sebuah alat kecil yang mirip lipstik, tunggu air liurnya kering, nyalakan lampu LED nya kemudian teropong pada lensa yang telah disediakan. Jika hasilnya terlihat hanya berupa titik atau garis yang jumlahnya sangat sedikit maka wanita dalam kondisi yang tidak subur. Sedangkan jika pada waktu diteropong terdapat garis-garis banyak yang saling bergandengan seperti ranting pohon, maka itu merupakan tanda masa subur wanita yang berpotensi besar menghasilkan kehamilan.

  1. Mengamati lendir leher rahim

Lendir leher rahim merupakan suatu pertanda bahwa sel telur telah matang dan siap dibuahi. Lendir rahim berperan sebagai media agar sperma dapat bertahan lebih lama di saluran telur sehingga pembuahan dapat terjadi. Lendir leher rahim yang banyak dan kental/lengket merupakan pertanda wanita sedang berada pada masa subur. Oleh karena itu untuk mencegah kehamilan, jika ingin melakukan hubungan suami istri lakukanlah pada saat produksi lendir leher rahim sedang sedikit dan teksturnya encer. Cara memeriksanya yaitu, masukkan ujung jari telunjuk dan jari jempol ke dalam organ intim kemudian tarik dan lihat lendir yang melekat pada jari tersebut. Jika hanya sedikit, encer, atau lendirnya tidak lengket (mudah terputus), maka hal ini merupakan salah satu tanda masa tidak subur wanita.

Setelah mengetahui cara menentukan masa tidak subur wanita agar tidak hamil yang telah dijelaskan di atas, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Anda terutama pasangan yang belum siap untuk mempunyai atau menambah momongan. Satu hal yang harus diingat adalah jangan gunakan cara-cara di atas untuk kegiatan negatif, misalnya saja hubungan intim di luar nikah dengan tujuan agar tidak hamil. Karena selain dilarang oleh agama, hubungan sex di luar nikah akan memicu penularan penyakit menular seksual dan tentunya walaupun sekecil apapun persentase peluangnya untuk hamil tetap saja kemungkinan itu tetap ada dengan kehendak Sang Pencipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *