invisible hit counter

Follow US

Cara Mengatasi Sesak Nafas dan Bagaimana Langkah Pencegahannya

Cara Mengatasi Sesak Nafas dan Bagaimana Langkah PencegahannyaUntuk mengetahui bagaimana cara mengatasi sesak nafas yang baik dan benar, sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab sesak nafasnya. Jadi Anda perlu menjalani pemeriksaan medis atau paling tidak mengenali gejala-gejala penyakitnya. Sebenarnya sesak nafas tidak selamanya disebabkan oleh penyakit. Bisa saja disebabkan oleh beberapa hal sepele yang tidak berbahaya. Hanya saja Anda tidak boleh menyepelekan hal-hal seperti itu, mengingat nafas adalah kebutuhan utama manusia untuk bisa tetap hidup. Jika suatu saat Anda mengalami sesak nafas, segera tangani. Apabila Anda belum tahu apa penyebabnya, setelah itu Anda bisa langsung periksakan diri ke dokter.

Sesak nafas sebenarnya bukan penyakit, melainkan hanya sebuah keluhan. Biasanya berupa rasa sakit atau nyeri di bagian dada sehingga rasanya sulit bernafas. Penyebabnya pun beragam, ada yang karena mengalami sakit jantung, paru-paru, hidung tersumbat, bahkan karena terjatuh pun seseorang bisa sampai mengalami sesak nafas. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika Anda atau ada orang di sekitar Anda yang mengalami sesak nafas. Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Menggunakan Obat

Ketika Anda atau ada orang lain yang mengalami sesak nafas, sebaiknya segera ditolong. Pasalnya kondisi ini bisa berdampak pada kondisi tubuh penderitanya. Terkadang jika sesak nafas dibiarkan begitu saja, penderitanya bisa sampai kejang atau bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. Tentu tidak ada yang menginginkan hal itu terjadi, bukan? Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sesak nafas karena batuk, hidung tersumbat, atau karena berbagai penyebab lain yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama.

  1. Posisikan Tubuh Setengah Duduk

Ketika ada seseorang yang tiba-tiba kejang karena sesak nafas, tidak perlu banyak ditanya apa penyebabnya. Segera lakukan pertolongan pertama, minimal dengan memposisikan tubuhnya setengah duduk. Posisi setengah duduk kira-kira sudutnya 45 derajat, dengan cara diberi bantal pada bagian punggungnya. Posisi seperti ini dinilai akan membuat paru-paru lebih mudah mengembang, sehingga oksigen yang masuk pun jumlahnya lebih banyak.

  1. Ajarkan Nafas Panjang

Cara mengatasi sesak nafas yang berikutnya adalah dengan meminta si penderita mengatur nafas panjang dan dalam. Jika amsih memungkinkan, instruksikan penderita untuk menarik nafas dalam-dalam, lalu menahannya selama kurang lebih tiga detik. Kemudian hembuskan nafasnya secara perlahan lewat mulut. Tujuan melakukan hal ini adalah untuk merelaksasikan bagian tubuh yang terasa sakit. Misalnya penderita sesak nafas karena ia terjatuh atau karena ada bagian tubuh yang memang sedang sakit. Jadi cara ini tidak bisa digunakan pada kasus sesak nafas yang disebabkan oleh sumbatan.

  1. Berikan Ruang

Sesak nafas biasanya juga bisa terjadi karena seseorang terhimpit atau terdesak oleh banyak orang di sekitarnya. Kasus seperti ini biasa terjadi di antrean panjang atau keramaian lainnya. Saat sedang banyak orang yang di sektiar kita, oksigen yang bisa kita hirup pasti tidak akan maksimal. Apalagi jika kita berada di dalam ruangan. Oleh karena itu cara mengatasis esak nafas yang disebabkan oleh udara yang pengap adalah memberikan ruang untuk si penderita. Minimal bawa penderita ke tempat yang jauh dari keramaian supaya nafasnya bisa lebih teratur.

  1. Jauhkan Alergen

Sesak nafas biasanya juga dialami oleh penderita asma. Dan biasanya yang menjadi pemicu adalah alergi terhadap suatu hal, seperti debu atau udara dingin. Sebenarnya hal ini bisa diantisipasi dengan memakai pakaian hangat atau mengenakan masker mulut dan hidung. Tapi jika kondisi ini terjadi secara tiba-tiba, cara mengatais sesak nafas untuk penderita asma adalah menjauhkan dari alergen. Jadi misal si sesak nafas karena debu, bawa dia ke dalam ruangan yang bersih dan suasananya lebih tenang.

  1. Pertolongan Medis

Cara mengatasi sesak nafas yang kelima ini adalah cara yang bisa Anda lakukan apabila keempat cara di atas sudah tidak memungkinkan untuk digunakan lagi. Misalnya orang yang sesak nafas sudah sampai pingsan atau kejang-kejang, maka sebaiknya segera bawa ke dokter, puskesmas atau rumah sakit untuk segera mendapat pertolongan medis. Biasanya penderita akan langsung diberi alat bantu pernafasan menggunakan nebulizer.

Beberapa Bahan Alami untuk Mengatasi Sesak Nafas

Selain dengan kelima cara di atas, Anda juga bisa membuat ramuan tradisional untuk mengobati orang yang sesak nafas. Biasanya obat tradisional ini digunakan sebagai cara mengatasis sesak nafas karena batuk atau karena adanya sumbatan. Bahan alami yang digunakan adalah serai dan daun sirih. Di mana tujuan penggunaan dua bahan alami ini adalah untuk melegakan saluran pernapasan supaya tidak terjadi lagi sesak nafas.

Pertama kita bahas dulu cara mengatasi sesak nafas secara alami dengan menggunaka dain serai. Bahan alami ini sangat mudah di dapatkan, karena merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan. Namun selain menjadi bumbu dapur, ternyata serai ini juga mengandung senyawa alami yang bisa mengatasi sesak nafas. Untuk membuat ramuan tradisional yang satu ini, siapkan 10 batang serai yang sudah dicuci sampai bersih. Setelah itu rebus serai-serai tersebut dengan dua gelas air. Saat direbus, Anda boleh menambahkan gula merah supaya rasa ramuannya tidak terlalu pahit. Tunggu sampai air rebusannya berkurang, lalu saring airnya. Minum selagi hangat saat Anda mengalami sesak nafas. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi ramuan dari serai ini secara rutin untuk pernafasan yang lebih baik.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan daun sirih, daun yang memang sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai cara mengatasi sesak nafas karena batuk. Daun yang sering digunakan sebagai bahan masakan ini memiliki kandungan alami yang bisa membantu mencegah serta mengobati sesak nafas karena batuk atau masalah di saluran pernapasan. Daun sirih memiliki beberapa kandungan seperti fenil propane, minyak atsiri, estragol, hidroksikavicol, dan masih banyak lagi. Untuk membuat ramuan obat sesak nafas dengan bahan daun sirih, Anda perlu menyiapkan lima lembar daun sirih dan setengah sendok teh daun lada. Pertama tumbuk bahan-bahan alami tersebut sampai halus. Lalu tempelkan langsung di dada untuk membuat pernapasan lebih tenang dan lancar. Sebagai cara pencegahan, Anda bisa melakukan pengobatan ini setiap hari supaya sesak nafas Anda tidak sering kambuh.

Itu dia berbagai macam cara mengatasi sesak nafas tanpa obat-obatan kimia yang bisa Anda lakukan. Namun jika sesak nafasnya masih sering kambuh, mungkin ada penyakit serius di dalam tubuh Anda. Jadi disarankan supaya Anda segera memeriksakan kesehatan Anda ke dokter. Selain itu sebaiknya Anda juga tidak membeli obat-obatan untuk sesak nafas secara sembarangan di apotek atau di toko-toko lain tanpa resep khusus dari dokter. Sekian tips singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *