invisible hit counter

Follow US

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun dengan Bermain dan Belajar

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun dengan Bermain dan BelajarCara mendidik anak usia 2 tahun setiap orang tua mungkin tidak bisa disamaratakan. Pasalnya mungkin setiap orang tua memiliki kriteria tersendiri mengenai apa yang terbaik untuk buah hatinya. Namun tidak jarang ada orang tua yang sengaja membeli buku panduan supaya tidak salah dalam mendidik anaknya. Secara umum mendidik anak balita yang usianya dua tahun memang bukan perkara mudah. Jika salah langkah sedikit saja, maka dampaknya bisa terbawa sampai si anak tumbuh dewasa.

Usia balita adalah usia emas atau golden age anak. Oleh karena itu sebagai orang tua, Anda harus bisa memberikan bekal yang cukup dan yang baik kepada buah hati Anda. Lingkungan keluarga menjadi pagar pertama yang dilewati oleh si anak sebelum dia berinteraksi dengan lingkungan luar. Itu dia sebabnya keluarga terutama orang tua harus bisa memberikan contoh, dan mengajarkan segala sesuatu yang baik kepada si anak. Lalu cara mendidik anak yang baik dan benar?

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun untuk Para Orang Tua

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, sebelum berinteraksi dengan lingkungan luar orang tua adalah pagar pertama bagi si anak. Jadi jika kiranya si anak belum siap, seharusnya dia belum boleh keluar dari pagar tersebut. Itu dia mengapa orang tua harus memberikan si anak bekal yang cukup terlebih dahulu sebelum membiarkan anaknya mulai bergaul dan berinteraksi dengan lingkungan luar. Sebagai orang tua, minimal Anda selalu mengawasi dan memantau perkembangan anak.

Hal pertama yang cukup penting dalam cara mendidik anak usia 2 tahun adalah dengan mengajaknya berbicara atau mengobrol. Bahkan sejak masih ada di dalam kandungan, bayi sudah bisa merespon jika diajak berbicara oleh ibunya atau oleh orang-orang terdekatnya. Bagi anak yang usianya masih dua tahun, meskipun belum lancar berbicara namun pasti si kecil sudah bisa diajak berkomunikasi. Bahkan terkadang mereka bisa merespon komunikasi hanya dengan ekspresi wajah atau sikap. Contoh sederhananya adalah jika menoleh saat dipanggil namanya, hal itu membuktikan otak si anak bisa menyerap informasi dengan baik.

Cara mendidik anak usia 2 tahun yang lainnya adalah dengan membacakan dia cerita. Seorang pakar pendidikan bernama Dr. Rosmarie Truglio mengatakan bahwa membacakan cerita bisa meningkatkan keterampilan berbahasa si anak. Jadi meskipun hanya sekadar mendengarkan, si anak secara tidak langsung bisa menyerap informasi baru berupa kosakata atau istilah-istilah baru yang dia dengarkan. Hal ini bisa Anda lakukan setiap malam sebelum dia tidur. Lebih bagus lagi apabila cerita Anda juga disertai dengan gambar-gambar yang menarik bagi si anak.

Selain itu sebagai orang tua Anda juga harus bisa masuk ke dalam dunianya. Tidak mengapa sesekali Anda kembali menjadi anak seusia dua tahun. Ikutlah bermain dengan si anak supaya hubungan Anda dan buah hati Anda bisa lebih dekat. Pasalnya saat ini tidak sedikit kasus yang terjadi ada seorang anak yang lebih dekat dengan babysitternya daripada dengan orangtuanya sendiri. Maka dari itu, sesibuk apapun Anda dengan pekerjaan, usahakan Anda selalu meluangkan waktu untuk ikut bermain bersama si kecil. Bermain adalah salah satu cara mendidik anak yang baik yang perlu diketahui semua orang tua. Untuk anak seusia dua tahun, mungkin Anda bisa mengajarkan permainan-permainan sederhana kepada anak Anda. Misalnya seperti bermain menyusun balok, mencocokkan bentuk benda, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Mendengarkan musik? Benarkah mendengarkan musik juga efektif sebagai cara mendidik anak usia 2 tahun yang baik? Tidak bisa dipungkiri memang bahwa memperdengarkan musik kepada anak bisa meningkatkan IQ dan membuat daya ingat si anak semakin tajam. Maka dari itu sejak kecil Anda bisa mengajarkan kepada anak Anda mengenai nada-nada, bunyi-bunyi berbagai macam alat musik, bersenandung, dan sebagainya. Secara tidak langsung Anda juga bisa memperdengarkan si anak lagu-lagu klasik atau lagu jazz untuk meningkatkan tumbuh kembang otak anak.

Bukan hanya mendengarkan musik, akan tetapi si anak juga sebaiknya diajarkan tentang musik. Sederhana saja, ajarkan dia lagu anak-anak yang mudah diingat dan mudah dihapal nadanya. Sebuah penelitian di Toronto University mengungkapkan fakta bahwa belajar musik bagi seorang anak bisa meningkatkan kemampuan otak kanannya. Cara mendidik anak usia 2 tahun ini bisa Anda coba sejak buah hati sudah berusia 6 bulan.

Bukan hanya mengajarkan bermain musik saja, namun cara mendidik anak yang baik adalah juga dengan mengajarkan cara menjaga kesehatan tubuh. Sejak dini, ajarkan si anak mengonsumsi makanan-makanan yang sehat. Beri dia pendidikan mengenai jenis-jenis makanan apa saja yang tidak boleh dia konsumsi. Lebih baik Anda sediakan makanan yang benar-benar sehat untuk anak Anda sehingga dia tidak meminta jajan sembarangan. Jangan salah, saat ini banyak anak yang terbiasa dengan makanan-makanan tidak sehat karena sejak kecil memang sudah dijejali jenis makanan seperti itu.

Tips Memilih Mainan yang Cocok untuk Anak 2 Tahun

Seperti yang tadi sudah kami bahas di awal, bahwa mendidik anak berusia dua tahun bukan hanya sekadar masalah teori yang diajarkan saja. Anak dua tahun masih butuh banyak bermain untuk bisa melatih kemampuan otaknya. Namun dalam memilih mainan untuk si kecil, orang tua tidak boleh salah dan tidak boleh sembarangan. Bukan hanya mengenai berapa harganya dan seperti apa bentuknya, akan tetapi jenis permainannya juga harus sesuai dengan tahap perkembangan anak.

Cara mendidik anak usia 2 tahun bisa Anda lakukan dengan membelikan mainan yang bisa dinaiki atau dioperasikan oleh si anak. Misalnya seperti mobil-mobilan kecil yang bisa didorong. Dengan mainan itu anak akan lebih aktif dan secara tidak langsung dia bisa melatih gerak motoriknya sendiri. Si anak juga akan melatih keseimbangan tubuhnya saat berada di atas mobil-mobilan tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu mengawasi dia saat sedang bermain. Anda juga bisa memberikan tambahan pelajaran misalnya seperti istilah “belok kiri”, “belok kanan”, “berhenti”, dan sebagainya.

Orang tua juga bisa membelikan mainan yang terkait dengan aktivitas sehari-hari. Tujuannya adalah untuk melatih interaksi sosial anak dan melatih imajinasi. Misal Anda bisa membelikan mainan dokter-dokteran, masak-masakan, dan sebagainya. Atau jika si anak sulit untuk diajak berolahraga atau bergerak, pancing dia dengan membelikan mainan olahraga. Misalnya bola basket kecil dan keranjangnya. Permainan tersebut cukup penting untuk melatih kordinasi otak, tangan dan kaki si anak.

Kurang lebih seperti itulah bagaimana cara mendidik anak usia 2 tahun yang mungkin bisa menjadi salah satu referensi Anda. Yang jelas, cara mendidik anak yang baik itu memang tidak mudah. Dibutuhkan kesabaran dan juga perhatian besar kepada buah hati Anda untuk bisa memberikan dampak yang positif ke depannya. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *