invisible hit counter

Follow US

Cara Mempercepat Menstruasi dengan Aman dan Alami

Cara Mempercepat Menstruasi dengan Aman dan AlamiBanyak wanita yang mengalami menstruasi terlambat atau haidnya tidak teratur, oleh karena itu penting diketahui bagaimana cara mempercepat menstruasi secara aman. Normalnya, seorang wanita mendapatkan siklus haid secara teratur/rutin setiap 21 – 35 hari sekali (umumnya 28 – 30 hari). Namun pada beberapa wanita sering mengalami keterlambatan menstruasi. Terlambat menstruasi ini biasanya dapat menimbulkan nyeri perut, rasa tidak nyaman, dan yang pasti menimbulkan perasaan resah karena khawatir terjadi hal yang tidak beres dengan organ reproduksinya. Terlambat menstruasi seringkali disebabkan karena kehamilan, tetapi jika dilakukan test kehamilan dan ternyata hasilnya negatif berarti bukan kehamilan yang menjadi penyebabnya.

Selain kehamilan, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang wanita mengalami keterlambatan menstruasi. Faktor tersebut antara lain faktor genetik atau keturunan, sedang banyak pikiran/stres, kelemahan fisik/terlalu capek, kurangnya asupan nutrisi, selaput dara yang terlalu tebal, penggunaan alat kontrasepsi suntik, berat badan berlebih (obesitas), dan penggunaan obat-obatan penenang. Terlambat datang bulan juga harus diwaspadai karena juga dapat merupakan pertanda adanya gangguan pada organ reproduksi, penyakit yang berhubungan dengan hormonal, maupun gejala yang mengarah kepada gangguan kesuburan/infertilitas. Pada keterlambatan haid ini juga dapat menjadi indikator adanya hambatan pada sistem peredaran darah khususnya di organ reproduksi.

Berbagai Cara Mempercepat Menstruasi secara Alami untuk Menormalkan Siklus Menstruasi

Menstruasi yang terlambat dapat diatasi dengan berbagai cara. Sebaiknya Anda menggunakan cara-cara yang alami agar selalu aman tanpa menimbulkan efek samping. Berikut ini adalah cara mempercepat menstruasi secara alami yang perlu Anda coba untuk mengatasi problem terlambat datang bulan:

1. Konsumsi daun seledri

Daun seledri dikenal sebagai jenis sayur yang dapat digunakan sebagai cara mempercepat menstruasi. Seledri mengandung zat apiol yang berfungsi untuk merangsang kontraksi pada uterus. Zat ini juga dapat memperlancar aliran darah menuju pelvis dan uterus. Konsumsi seledri dapat dilakukan dengan cara mencampurkannya pada makanan sebagai penyedap rasa, memakannya sebagai lalapan, atau jika ingin mendapatkan sarinya secara efektif Anda dapat membuat juss seledri kemudian diminum 1 gelas per hari.

2. Buah pepaya

Pepaya mengandung zat betakaroten yang dapat merangsang keluarnya darah haid secara teratur. Sehingga mengkonsumsi buah pepaya merupakan cara mempercepat menstruasi secara efektif. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pilihlah pepaya yang masih agak muda. Sebab pepaya yang masih muda terdapat getah/lateks yang turut membantu dalam mengaktifkan kontraksi rahim.

3. Perbanyak vitamin C

Makanan yang banyak mengandung vitamin C juga dapat dikonsumsi sebagai cara mempercepat menstruasi. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kinerja hormon estrogen sehingga haid bisa datang lebih cepat. Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah berbagai jenis buah-buahan, seperti jeruk, mangga, nanas, buah kiwi, stroberi, dan sebagainya. Pastikan bahwa buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C tersebut selalu ada dalam menu harian makanan Anda agar menstruasi selalu lancar setiap bulannya.

4. Minum ramuan herbal

Cara mempercepat menstruasi berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi minuman herbal. Minuman herbal ini dapat Anda buat sendiri dengan mudah. Ramuan dari tanaman herbal yang berkhasiat untuk melancarkan darah haid, yaitu jahe, kunyit, dan daun dewa. Anda dapat memilih salah satu dari ramuan tersebut dan meminumnya secara teratur. Untuk cara membuatnya, jika menggunakan jahe maka beberapa potong jahe dicuci kemudian ditumbuk dan dimasukkan ke dalam air panas. Tunggu beberapa saat, tambahkan sedikit gula, dan minuman jahe pun siap diminum.

Jika menggunakan bahan kunyit, maka beberapa rimpang kunyit diparut kemudian diperas untuk diambil airnya kemudian dicampurkan pada air matang yang hangat dan siap diminum. Daun dewa juga dikenal sebagai daun yang mempunyai khasiat utama untuk mempercepat menstruasi dan sering digunakan sebagai bahan obat melancarkan datang bulan. Anda pun dapat membuat ramuannya dengan mudah. Caranya ambil sekitar 5 lembar daun dewa, masukkan ke dalam wadah berisi air dan rebus sampai mendidih. Setelah itu ambil airnya, tunggu beberapa saat lalu ramuan pun siap diminum.

5. Kompres air hangat

Kompres air hangat juga dapat Anda gunakan sebagai cara mempercepat menstruasi. Anda dapat memakai handuk kecil untuk mengompres atau dapat juga menggunakan buli-buli hangat (air hangat diletakkan dalam suatu wadah untuk pengompres). Kompreskan pada perut bagian bawah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda juga dapat beberapa saat berendam di air hangat ketika mandi.

6. Cukupi asupan cairan

Terpenuhinya cairan yang cukup di dalam tubuh juga sangat membantu untuk menciptakan siklus haid yang teratur. Sehingga cara mempercepat menstruasi dapat dilakukan dengan megkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan di dalam tubuh juga dapat melancarkan metabolisme dan menghindarkan dari dehidrasi. Dalam hal mengkonsumsi cairan, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol yang dapat menyebabkan siklus haid semakin panjang.

7. Kurangi makanan berlemak

Berat badan yang berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan haid tidak teratur. Timbunan lemak dalam tubuh dapat menurunkan kinerja hormon estrogen sehingga menstruasi datang terlambat. Sehingga mengurangi makanan berlemak merupakan salah satu cara mempercepat menstruasi secara efektif. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak seperti makanan yang digoreng, makanan bersantan, makanan cepat saji, jerohan, maupun makanan/minuman yang manis-manis.

8. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan cara mempercepat menstruasi karena dapat melancarkan peredaran darah termasuk yang menuju ke organ reproduksi. Tetapi yang harus diingat adalah pilihlah olahraga yang tidak ektrim/terlalu berat. Sebab olahraga yang berat justru dapat menyebabkan haid tidak teratur. Pilihlah olahraga yang termasuk ringan seperti senam, berjalan kaki, maupun lari kecil (jogging). Lakukan olahraga tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

9. Hindari stres

Cara mempercepat haid yang sangat penting yaitu jauhkan diri Anda dari stres. Sehingga sedapat mungkin ciptakanlah pikiran yang selalu tenang dan nyaman dalam diri Anda. Buatlah setiap permasalahan mengalir apa adanya, tidak perlu dipikirkan terlalu berat. Jika Anda seorang pekerja keras, maka sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat dan salurkan hobi sebagai sarana untuk refreshing.

Untuk memperlancar datang bulan atau menstruasi, Anda juga perlu memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah karena mengandung vitamin dan mineral yang berperan penting dalam metabolisme dengan mengaktifkan hormon dan enzim dalam tubuh. Metabolisme yang lancar di dalam tubuh juga merupakan syarat agar haid datang secara teratur. Selalu amati dan perhatikan siklus bulanan Anda, apakah selalu datang teratur, kadang-kadang terlambat, mengalami keterlambatan dengan intensitas yang sering dan lama, atau terjadi berbagai keluhan yang sangat mengganggu.

Jika menstruasi selalu datang terlambat dengan disertai keluhan-keluhan misalnya nyeri hebat yang sering dan bahkan terjadi berkepanjangan maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter agar diketahui penyebabnya dan segera mendapatkan pengobatan. Atau jika Anda memiliki siklus haid yang tidak teratur dan merupakan pasangan yang telah lama menikah tetapi belum mendapatkan keturunan, maka sebaiknya Anda juga memeriksakannya ke dokter kandungan untuk mendeteksi adanya gangguan pada organ reproduksi Anda agar dapat dicarikan solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *