invisible hit counter

Follow US

Cara Membuat Infused Water Lemon dan Apa Saja Manfaatnya

Cara Membuat Infused Water Lemon dan Apa Saja ManfaatnyaBuah lemon merupakan salah satu bahan membuat infused water yang paling poluler, oleh karena itu dalam artikel ini akan disajikan cara membuat infused water lemon. Dari sejarah lahirnya infused water, lemon merupakan buah yang pertama kali digunakan sebagai bahan membuat infused water. Hal ini dkarenakan buah lemon memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan serta mudah menyatu dengan air. Selain itu, lemon dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan sering digunakan untuk membantu menurunkan berat badan. Jadi tak heran jika infused water lemon cukup banyak digemari dari berbagai kalangan.

Bagi Anda yang belum familiar dengan infused water, maka harus diketahui dahulu tentang apa itu infused water. Infused water merupakan air mineral yang ditaruh dalam botol atau gelas kemudian dicampur dengan potongan-potongan buah atau sayuran tertentu. Lalu botol atau gelas tersebut ditutup rapat dan disimpan di kulkas/lemari pendingin untuk beberapa waktu. Setelah dingin dan sari-sari buah/sayuran telah bercampur dengan air mineral, maka minuman ini pun telah siap untuk diminum. Ide pembuatan infused water ini pada awalnya yaitu untuk membuat air minum yang  ditujukan bagi mereka yang tidak menyukai air putih. Kemudian infused water semakin berkembang dan digemari sebagai minuman untuk kesehatan.

Cara Membuat Infused Water Lemon dengan Mudah

Untuk membuat infused water lemon, hal yang diperhatikan adalah sebaiknya kulitnya dikupas dahulu sebab jika direndam cukup lama dalam air minum maka kulit buah lemon tersebut akan menimbulkan rasa pahit. Anda dapat membuat infused water berbahan buah lemon murni atau dapat pula mencampurnya dengan buah/sayuran lain. Cara membuat infused water lemon yaitu sebagai berikut:

1. Infused water lemon murni

Untuk mendapatkan rasa lemon asli maka Anda dapat membuat infused water dengan bahan buah lemon saja (lemon murni). Cara membuat infused water lemon murni yaitu siapkan 1 buah lemon dan 500 ml air putih. Kupas kulit buah lemon lalu potong buah lemon menjadi beberapa bagian. Lalu masukkan buah lemon yang dipotong kecil-kecil tersebut ke dalam air putih yang telah disiapkan dalam gelas besar atau botol. Kemudian tutup gelas/botol dan masukkan ke dalam kulkas selama minimal 3 jam agar sari-sari buah lemonnya meresap ke dalam air.

2. Infused water lemon dan jeruk nipis

Agar infused water lemon lebih segar dan lebih berkhasiat, Anda dapat menambahkan bahan jeruk nipis. Jeruk nipis juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga minuman infused water ini benar-benar mempunyai kandungan vitamin C dosis tinggi. Cara membuat infused water lemon dan jeruk nipis yaitu siapkan 1 buah lemon dan 1 jeruk nipis. Kupas buah lemon dan jeruk nipis, potong kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam sebuah wadah berisi 500 ml air putih. Tutup wadah rapat-rapat, lalu masukkan ke dalam kulkas selama minimal 3 jam.

3. Infused water lemon dan daun mint

Untuk mendapatkan rasa yang semriwing, melegakan tenggorokan, atau untuk lebih menyegarkan suasana maka Anda dapat menambahkan daun mint ke dalam infused water lemon. Cara membuat infused water lemon dan daun mint yaitu siapkan 1 buah lemon yang sudah dikupas dan dipotong-potong dan 6 lembar daun mint. Masukkan potongan lemon dan daun mint ke dalam wadah berisi 500 ml air. Tutuplah wadah tersebut dan masukkan ke dalam kulkas minimal 4 jam. Untuk rasa yang lebih merasuk, Anda dapat menyimpannya di kulkas sekitar 12 sampai 24 jam.

4. Infused water lemon, stroberi, timun, dan mint

Agar nutrisi dan rasanya lebih bervariasi lagi, Anda dapat menambahkan bahan lain yaitu stroberi, timun, dan daun mint ke dalam infused water lemon. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 buah lemon yang sudah dikupas kulitnya, 4 buah stroberi, timun setengah buah, dan daun mint 6 lembar. Buah lemon, stroberi, dan timun di potong-potong lalu masukkan ke dalam wadah berisi 500 ml air bersama dengan daun mint. Tutup rapat wadah lalu masukkan kulkas, simpan minimal selama 4 jam supaya sari-sarinya dapat meresap.

5. Infused water lemon, semangka, melon, dan cherry

Anda juga dapat membuat infused water dari campuran buah lemon, semangka, melon, dan cherry. Perpaduan kali ini untuk menciptakan rasa yang lebih manis namun tentunya tetap kaya akan nutrisi yang menyehatkan. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 buah lemon, 2 irisan semangka, 2 irisan melon, dan 3 buah cherry. Buang kulit buah lemon, semangka, dan melon, lalu masukkan ke dalam wadah berisi 500 ml air putih bersama dengan buah cherry. Tutup wadah rapat-rapat lalu simpan ke dalam kulkas minimal selama 3 jam.

Manfaat Infused Water Lemon untuk Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai cara membuat infused water lemon seperti yang telah dijelaskan di atas, perlu juga diketahui berbagai macam manfaat infused water untuk kesehatan. Dengan mengetahui manfaatnya, Anda tentunya akan lebih bersemangat dalam membuat dan mengkonsumsinya. Berbagai manfaat infused water lemon untuk kesehatan antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai detoksifikasi

Di dalam tubuh kita dapat terakumulasi racun maupun zat berbahaya baik yang berasal dari makanan, polusi, radiasi, dan sebagainya. Infused water lemon ini dapat bermanfaat untuk membuang racun-racun dalam tubuh sehingga tentunya tubuh menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Dan vitamin C ini banyak mempunyai khasiat yang salah satunya adalah untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Dengan konsumsi infused water lemon secara rutin maka dapat mencegah dari serangan penyakit.

3. Melancarkan metabolisme tubuh

Air putih yang dipadukan dengan buah lemon sangat bermanfat untuk melancarkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar maka enzim-enzim, senyawa, dan semua sel-sel dalam organ tubuh dapat bekerja secara optimal sehingga tubuh selalu bugar dan dapat beraktifitas dengan lancar.

4. Sebagai antioksidan

Selain kaya akan vitamin C, lemon juga kaya akan anti oksidan. Sehingga dengan konsumsi infused water lemon secara teratur dapat terhindar dari radikal bebas serta zat-zat pemicu kanker. Kulit pun akan senantiasa segar sehingga Anda akan nampak awet muda.

5. Memperlancar pencernaan

Dengan konsumsi air putih dan buah khususnya lemon yang dikemas dalam infused water juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Maka Anda dapat terhindar dari gangguan sembelit, mual, kembung, maupun wasir.

6. Menurunkan berat badan

Infused water lemon juga mempunyai peranan dalam program diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan olahraga dan mengurangi makanan berlemak supaya mendapatkan hasil yang cepat dan optimal.

Demikian tadi resep/cara membuat infused water lemon beserta manfaatnya untuk kesehatan. Infused water ini dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan asupan nutrisi penting terutama vitamin, mineral, dan air terutama untuk Anda yang kurang suka atau jarang mengkonsumsi buah dan air putih. Pembuatan infused water ini cukup praktis dan dapat dikonsumsi kapan saja dan dimana saja sebagai minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *