invisible hit counter

Follow US

Cara Alami untuk Menghilangkan Batuk Berdahak

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Secara AlamiUmumnya cara menghilangkan batuk berdahak yang paling praktis dan mudah adalah dengan mengonsumsi obat dokter atau obat yang dibeli di pasaran. Pasalnya banyak orang yang sudah merasa lebih cocok mengonsumsi obat-obatan seperti itu ketimbang harus membuat sendiri ramuan obat batuk tradisional. Disamping repot, terkadang bahan-bahan alaminya pun tidak tersedia dan harus mencari terlebih dahulu. Obat tradisional dianggap kurang praktis dan kurang efektif. Namun sebenarnya ada beberapa jenis ramuan obat tradisional yang bisa menjadi cara menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat.

Ada beberapa jenis tanaman obat yang mungkin bisa Anda temukan di lingkungan sekitar. Misalnya seperti daun pegagan, kapulaga, kencur, bunga belimbing, jeruk nipis, dan sebagainya. Akan tetapi ternyata tidak semua obat-obatan tradisional tersebut cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Terkadang ada juga obat yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa namun kurang cocok untuk anak-anak. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan beberapa tips kepada Anda mengenai bagaimana cara mengobati batuk berdahak pada anak dan orang dewasa. Untuk lebih jelasnya simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak pada Orang Dewasa

Yang pertama kami akan memberikan beberapa contoh ramuan obat tradisional yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Meskipun sebenarnya boleh juga dikonsumsi oleh anak-anak, namun biasanya ada batasan umur tertentu yang masih belum boleh mengonsumsi obat-obatan tersebut. Selain itu kami juga menyarankan supaya Anda bisa menyaring informasi yang kami berikan atau bahkan bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu apakah obat tradisional yang akan Anda gunakan benar-benar aman atau tidak. Berikut ini adalah beberapa contoh ramuan obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa yang bisa Anda buat sendiri.

  1. Daun Pegagan

Seperti yang sudah kami sampaikan di awal tadi, daun pegagan adalah salah satu tanaman herbal yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan batuk berdahak. Yang Anda butuhkan untuk membuat ramuan obatnya adalah daun pegagan, kapulaga, kencur, dan daun jinten masing-masing sejumlah 50 gram. Cara meramunya adalah dengan merebus bahan-bahan tadi sampai mendidih, lalu saring airnya. Supaya rasanya lebih manis, Anda bisa mencampurkan madu secukupnya. Minum obat tradisional dari daun pegagan ini sampai batuk berdahak Anda sembuh.

  1. Kencur

Selain daun pegagan, Anda juga bisa memanfaatkan kencur sebagai cara menghilangkan batuk berdahak. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Yang Anda butuhkan adalah kencur dan bunga belimbing masing-masing 10 gram, daun inggu dan parutan temugiring masing-masing 5 gram, dan sebuah jeruk nipis. Cara membuat ramuannya adalah dengan merebusnya, lalu menyaring airnya. Setelah itu Anda juga boleh menambahkan ramuannya dengan gula jawa atau madu supaya rasanya lebih manis. Konsumsi obat kencur ini 3 kali sehari sampai batuk Anda sembuh.

  1. Apel

Siapa sangka buah apel bisa Anda manfaatkan sebagai obat batuk berdahak. Ramuan tradisional dari buah apel ini terbilang cukup efektif sebagai cara menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah satu buah apel. Selanjutnya Anda potong apelnya menjadi empat, kukus selama kurang lebih 10-20 menit. Setelah itu Anda konsumsi apelnya bersamaan dengan daun rebusannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsinya tiga kali sehari sampai batuk mereda.

  1. Kantung Semar

Selain populer sebagai tanaman yang bisa memangsa serangga, tumbuhan kantung semar ternyata bisa juga Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan batuk berdahak untuk orang dewasa. Untuk yang satu ini Anda tidak perlu repot membuat ramuannya. Akan tetapi Anda harus mencari daun kantung semar (Nepenthes maxima) yang daunnya masih tertutup. Pasalnya jika daun kantung semarnya masih tertutup, maka air yang ada di dalamnya masih belum terkontaminasi. Untuk menyembuhkan batuk berdahak, minumlah air yang ada di dalam daun kantung semar tersebut.

  1. Daun Pare

Cara menghilangkan batuk berdahak secara alami dan efektif lain bisa Anda coba menggunakan ramuan dari daun pare. Untuk membuat ramuan obat ini Anda membutuhkan 7 lembar daun pare yang masih segar dan dua sendok makan air matang. Pertama Anda tumbuk terlebih dahulu 7 lembar daun pare yang sudah Anda cuci sampai bersih. Setelah Anda tumbuk, tambahkan dua sendok air matang. Peras hasil tumbukannya tersebut dan saring airnya. Untuk mengobati batuk berdahak, minum ramuan dari daun pare tersebut dua kali sehari.

Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak

Yang baru saja kami jelaskan adalah beberapa macam ramuan obat tradisional untuk orang dewasa. Sedangkan mungkin obat-obatan tersebut kurang cocok untuk anak-anak. Jadi ada baiknya jika anak Anda mengalami batuk berdahak, Anda harus memberikan obat batuk khusus untuk anak. Secara umum batuk berdahak pada anak diakibatkan karena infeksi virus. Oleh karena itu umumnya batuk berdahak anak Anda bisa diobati dengan antibiotik atau obat anti jamur. Namun takarannya harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

Untuk cara mengobati batuk berdahak pada anak kami lebih menyarankan supaya Anda menggunakan ramuan tradisional jeruk nipis. Rasanya tidak terlalu pahit jika dibandingkan dengan daun pare atau ramuan-ramuan obat batuk untuk orang dewasa. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Bahan yang perlu Anda persiapkan adalah jeruk nipis dan madu. Untuk cara pembuatannya, Anda campurkan saja perasan jeruk nipis dengan lima sendok makan air matang dan empat sendok makan madu, lalu aduk sampai merata. Berikan obat tersebut dengan dosis satu sendok makan empat kali setiap hari untuk anak Anda.

Akan tetapi jika anak Anda masih bayi, ada cara menghilangkan batuk berdahak lain yang bisa Anda lakukan. Bahkan sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan obat-obatan dokter atau obat tradisional sekalipun. Yang perlu Anda lakukan apabila bayi Anda mengalami batuk atau flu adalah dengan meningkatkan imunitasnya. Caranya adalah dengan terus menerus memberikan ASI. Dengan demikian imunitas bayi bisa meningkat dan virus yang ada di dalam tubuhnya pun bisa mati. ASI juga bisa berfungsi sebagai pengontrol suhu tubuh bayi sekaligus bisa menghindari dehidrasi. Oleh karena itu saat bayi sedang mengalami batuk atau flu, ASI adalah obat paling manjur yang harus diberikan oleh sang ibu.

Itu tadi adalah penjelasan singkat kami mengenai bagaimana cara menghilangkan batuk berdahak pada orang dewasa, anak-anak dan juga pada bayi. Namun jika batuknya masih terus berlanjut dan tidak kunjung sembuh, mungkin sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan dokter sesuai dengan anjuran dokter terkait. Atau mungkin Anda juga bisa meminta saran kepada dokter untuk mencari cara menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat dengan obat-obatan tradisional. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *