invisible hit counter

Follow US

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Inilah Penjelasan LengkapnyaBolehkah ibu hamil makan mie instan? Pertanyaan ini sering sekali dipertanyakan oleh setiap wanita hamil, terutama bagi mereka yang baru mengalami kehamilan untuk pertama kali. Mie instan sendiri bukanlah jenis makanan yang asing di negara kita, begitu banyaknya pabrik makanan yang memproduksi jenis makanan ini menyebabkan mie instan sangat mudah didapatkan di seluruh pelosok negeri ini. Cara memasaknya yang mudah dan praktis dengan berbagai varian rasa juga membuat makanan ini disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.

Hal ini terjadi tidak terkecuali bagi wanita hamil, selain karena menyukainya pengolahannya yang mudah membuat makanan ini menjadi pilihan. Akan tetapi setiap wanita hamil tentu setuju bahwa moment mengetahui bahwa diri anda hamil membuat berbagai hal harus dipertimbangkan seperti halnya makanan, anda mulai akan memikirkan jumlah maupun jenis makanan yang akan anda konsumsi. Untuk itu di dalam artikel ini kita akan membahas salah satu masalah di antaranya yakni bolehkah ibu hamil makan mie instan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Pertanyaan bolehkah ibu hamil makan mie instan sebenarnya perlu kita bahas berdasarkan kandungan mie instan itu sendiri. Mie sendiri merupakan salah satu contoh bahan makanan sumber karbohidrat yang biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi atau roti. Secara garis besar mie instan dibuat dengan bahan dasar berupa tepung terigu, tepung kanji, minyak kelapa sawit dan juga garam. Untuk bumbu penyedap yang disediakan dalam kemasan mie instan ini ditambahkan penyedap rasa sintetis berupa Monosodium Glutamat (MSG) dan gula ke dalam berbagai jenis bumbu dan tentu saja terdapat sejumlah bahan pengawet makanan di dalamnya.

Dalam 100 gram mie instan dengan jumlah kalori sebanyak 453 kilokalori terkandung karbohidrat sebesar 65 gram, serat sebanyak 2,4 gram, lemak 17 gram dengan perbandingan lemak jenuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan asam lemak tak jenuh, dan juga protein sebesar 9 gram. Selain itu dalam setiap 100 gram mie instan juga terdapat beberapa jenis mineral seperti zat besi sebanyak 4,3 miligram, kalium sebanyak 120 miligram dan natrium sebanyak 1160 miligram.

Melihat kandungan seperti di atas, tentu kita mengerti mengapa mie instan dikategorikan sebagai salah satu junk food selain proses pengolahannya yang instan di dalam produk mie instan terdapat kandungan karbohidrat, lemak dan juga garam yang tinggi belum lagi jika kita membahas penyedap rasa maupun pengawet makanan yang digunakan pada produk ini. Walaupun demikian kita perlu mengakui bahwa makanan satu ini memang merupakan salah satu makanan yang praktis untuk menghilangkan rasa lapar, hanya saja kandungan gizi yang dimilikinya tidak cukup bagi seorang wanita hamil yang membutuhkan nutrisi yang optimal.

Beberapa alasan yang sering di sorot mengapa seorang wanita hamil dilarang mengkonsumsi mie instan antara lain adalah rendahnya kandungan vitamin, protein dan juga mineral di dalam sajian mie instan yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh seorang wanta hamil. Efek ibu hamil makan mie instan berikutnya yang sangat diperhatikan adalah meningkatnya kemungkinan terkena tekanan darah tinggi saat hamil. Hal ini disebabkan oleh kandungan garam tinggi yang terdapat dalam setiap kemasan mie instan. Garam dalam hal ini natrium adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan berperan dalam menarik air ke dalam pembuluh darah dan dapat berujung pada peningkatan tekanan darah pada siapa saja.

Konsumsi garam yang berlebihan saat hamil entah dari konsumsi mie instan maupun jenis makanan tinggi garam lainnya (makanan tinggi garam bukan hanya mie instan loh!) akan membuat wanita hamil semakin rentan terhadap kelebihan cairan, mengingat seorang wanita normal yang sedang hamil sudah memiliki risiko mengalami kelebihan cairan karena proses kehamilannya dengan atau tanpa konsumsi garam yang berlebihan. Kelebihan cairan yang berujung hipertensi pada kehamilan ini bisa mengganggu proses kehamilan itu sendiri dan berefek buruk pada pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Tips Mengonsumsi Mie Instan yang Aman bagi Wanita Hamil

Lalu apakah mie instan sama sekali tidak dapat dikonsumsi oleh wanita hamil? Syukurnya ada beberapa tips bagi wanita hamil agar tetap bisa menikmati mie instan setelah kita mengetahui kandungan mie instan yang berbahaya bagi kehamilan.

  • Mengurangi kandungan garam di dalam mie instan

Seperti sudah kita ketahui sebelumnya, dalam setiap kemasan mie instan terdapat kandungan garam yang cukup tinggi dan kurang baik bagi kehamilan. Untuk itu agar mengurangi kandungan garam di dalam mie instan kita bisa mengakalinya dengan beberapa cara, seperti menggunakan hanya setengah atau sedikit bumbu penyedap yang diberikan dalam setiap kemasan.

 

Selain itu kita bisa menggunakan banyak air saat mengolah mie instan dan setelah matang air rebusan itu bisa kita buang dan untuk penyajiannya kita bisa menggunakan air panas yang baru. Selain itu, anda jangan menambah garam atau bahan penyedap lain ke dalam produk mie instan, dengan cara-cara tersebut kita dapat mengurangi kadar garam yang ada di dalam produk mie instan.

 

  • Menambah kandungan gizi di dalam mie instan

Anda tidak perlu bingung menambah kandungan gizi yang ada di dalam produk kemasan mie instan bukan berarti anda harus mencari produk baru yang memang menyediakan kandungan gizi yang optimal di dalam mie instan. Cara menambah kandungan gizi dalam mie instan sangatlah mudah, anda cukup mengolah mie instan dengan berbagai sumber protein, vitamin maupun mineral. Seperti dengan menambah sayur-sayuran hijau (sawi, bayam, daun seledri atau wortel) ke dalam olahan mie instan, berbagai jenis seafood atau telur, daging-dagingan seperti daging ayam dan ikan juga akan menambah nilai gizi makanan ini.

 

  • Perhatikan jadwal makan mie instan anda

Dan tips terakhir yang perlu wanita hamil perhatikan adalah jadwal makan mie instan itu sendiri. Setelah tadi kita berusaha mengurangi kandungan garam yang berlebihan di dalam produk ini maupun berusaha menambah nilai gizinya, kita tetap tidak bisa memungkiri bahwa tedapat kandungan penyedap sintetis dan juga pengawet di dalamnya. Cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan tidak terlalu sering mengkonsumsi produk mie instan. Bagi wanita hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi mie instan hanya 2 minggu sekali.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Jawabannya boleh, asalkan sang ibu hamil dapat memperhatikan hal-hal di atas seperti bagaimana cara mengolah produk mie instan ini maupun frekuensi untuk mengkonsumsi mie instan itu sendiri. Selain itu produk mie instan bagi seorang wanita hamil tidak dianjurkan sebagai makanan pokok selama kehamilannya.

Demikian artikel mengenai bolehkah ibu hamil makan mie instan ini dibuat untuk menambah pengetahuan kita semua. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *