invisible hit counter

Follow US

Bermacam Jenis Makanan untuk Darah Rendah atau Hipotensi

Bermacam Jenis Makanan untuk Darah Rendah atau HipotensiMakanan untuk darah rendah sangat dibutuhkan bagi Anda yang mempunyai penyakit hipotensi atau tekanan darah rendah. Darah rendah atau hipotensi adalah tekanan darah seseorang yang dalam pengukuran tensinya kurang dari normal, yaitu kurang dari 90/60 mmHg. Banyak faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, antara lain yaitu karena faktor genetik, kekurangan cairan (dehidrasi), kekurangan nutrisi, adanya perdarahan, proses inflamasi yang terjadi pada organ tubuh, kelemahan otot jantung, penyumbatan pembuluh darah, detak jantung yang tidak normal, faktor kehamilan, dan dapat pula diakibatkan karena adanya infeksi mikroorganisme di dalam tubuh.

Menderita darah rendah pastilah sangat mengganggu. Orang yang menderita tekanan darah rendah biasanya akan menimbulkan gejala badan terasa lemah, letih. Lesu, sering merasa pusing, merasakan dingin pada tubuh, sering merasa mengantuk, merasa haus yang berkepanjangan, mual/muntah, dan wajah terlihat pucat. Pada beberapa kasus, ada orang yang tidak merasakan gejala apa pun ketika mengalami darah rendah. Hal ini karena sistem sirkulasi darahnya sudah terkondisikan sejak lama. Pada kondisi ini tentunya tidak menimbulkan bahaya. Tetapi pada kasus-kasus dimana penurunan tekanan darah terjadi dalam waktu yang cepat/singkat, maka seseorang tersebut akan mengalami gejala serius dalam tubuhnya sehingga harus segera diatasi.

Beberapa Jenis Makanan Untuk Darah Rendah yang Perlu Anda Coba

Untuk mengatasi darah rendah sebenarnya relatif lebih mudah daripada mengatasi darah tinggi. Sebab untuk menaikkan tekanan darah, Anda dapat mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak sekali pilihannya dengan rasa yang enak-enak. Dan sebaliknya, hanya sedikit saja makanan yang menjadi pantangannya. Beberapa jenis makanan untuk darah rendah yang dapat Anda pilih untuk menaikkan tekanan darah adalah sebagai berikut:

  1. Makanan sumber protein hewani

Sumber Protein hewani merupakan makanan untuk darah rendah yang sangat efektif mengatasi hipotensi. Makanan tersebut antara lain daging ayam, daging sapi, telur, hati, dan sebagainya. Makanan ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan sehingga penderita hipotensi lebih berselera untuk memakannya. Tetapi bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi maka perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Sebaiknya hindari jenis protein hewani yang mengandung lemak atau gajih. Aturlah menu makanan dari protein hewani tersebut yang dipadukan dengan makanan lainnya sebagai menu harian Anda.

  1. Konsumsi sayuran

Berbagai sayuran merupakan makanan untuk darah rendah karena sebagai sumber mineral penting yang berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan darah. Sehingga mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dapat mengatasi penyakit hipotensi. Sayuran yang efektif untuk menaikkan tekanan darah antara lain yaitu sayur bayam, daun singkong, kangkung, buncis, lobak, kol, sawi, kentang, dan brokoli. Sayuran juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan Anda.

  1. Berbagai jenis kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk darah rendah karena merupakan sumber protein nabati dan mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis kacang-kacangan tersebut antara lain kacang hijau, kacang polong, kacang kedelai, kacang panjang, kacang almond, mete, kenari, dan sebagainya. Berbagai jenis kacang-kacangan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sayuran ataupun sebagai camilan yang sehat.

  1. Minum susu

Susu adalah minumaln yang mengandung nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh, sehingga merupakan makanan untuk darah rendah yang ampuh untuk mengatasi hipotensi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu antara lain yaitu karbohidrat, protein, lemak, berbagai jenis mineral dan vitamin. Oleh karena itu Anda dapat mengkonsumsi susu setiap hari untuk meningkatkan tekanan darah secara cepat. Bagi Anda yang tidak terlalu suka minum susu, dapat mencampurkannya dengan makanan lain, misalnya dicampurkan pada jus buah atau pada roti.

  1. Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. Sehingga bagi Anda yang memiliki penyakit hipotensi atau tekanan darah rendah dapat mengkonsumsi buah secara rutin sebagai makanan untuk darah rendah. Buah-buahan yang dapat Anda konsumsi antara lain yaitu alpukat, mangga, jeruk, pisang, pepaya, anggur, delima, sirsat, jambu biji, dan sebagainya. Selain dapat menjaga stabilitas tekanan darah, mengkonsumsi buah secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah serangan berbagai penyakit, melancarkan metabolisme tubuh, menangkal radikal bebas, dan membuat kulit Anda senantiasa segar alami.

  1. Banyak minum air putih

Darah rendah atau hipotensi dapat disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu bagi Anda yang menderita darah rendah, cukupi kebutuhan cairan setiap harinya. Minum air putih sedikitnya 8 gelas per hari. Minum air putih yang cukup setiap hari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, dan membuat tubuh selalu bugar. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih Anda juga terhindar dari dehidrasi dan semua sel, jaringan, organ tubuh Anda dapat bekerja secara optimal.

  1. Cukupi kebutuhan natrium

Di samping memperbanyak konsumsi air putih, Anda juga perlu mengimbanginya dengan konsumsi garam/natrium yang cukup. Sebab natrium mempunyai sifat mengikat cairan, sehingga jika Anda mengkonsumsi air, cairan tersebut dapat mudah diserap oleh jaringan tubuh atau pembuluh darah dan tidak cepat dikeluarkan sebagai urine atau keringat. Kondisi ini secara otomatis akan meningkatkan tekanan darah seseorang secara signifikan. Tetapi untuk melakukan hal tersebut Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan Anda apakah sedang menderita penyakit tertentu atau tidak. Sebab ada beberapa jenis penyakit yang mengharuskan penderitanya mengkonsumsi sedikit garam. Oleh karena itu pada kondisi tersebut konsultasikan dahulu kepada dokter Anda sebelum melakukan cara yang satu ini.

Selain mengkonsumsi makanan untuk darah rendah yang telah dijelaskan di atas, Anda juga harus memperhatikan pantangan makanan untuk darah rendah. Makanan tersebut antara lain daun seledri, buah mengkudu/pace, mentimun, blewah, belimbing, blewah, dan semangka. Makanan tersebut perlu dihindari karena bersifat diuretik atau mengeluarkan cairan dari dalam tubuh sehingga akan menurunkan tekanan darah Anda. Makanan jenis diuretik ini justru lazim digunakan sebagai terapi untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Cara untuk mengatasi hipotensi di samping dengan makanan untuk penderita darah rendah, Anda juga perlu melakukan olahraga secara teratur agar peredaran darah dalam tubuh selalu lancar. Sebaiknya istirahatlah yang cukup, sebab terlalu banyak melakukan aktifitas kerja ditambah lagi dengan stres dapat meningkatkan risiko menderita hipotensi. Anda juga perlu meningkatkan selera makan, sebab banyak penderita hipotensi yang memiliki selera makan yang buruk. Lakukan variasi menu makanan Anda dengan memilih makanan yang disukai sekaligus berkhasiat menjaga tekanan darah agar selalu normal.

Bagi Anda yang sering mengalami tekanan darah rendah yang mengakibatkan berbagai keluhan yang mengganggu kesehatan dan aktifitas Anda, maka konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan solusinya. Sebab memiliki tekanan darah rendah dapat pula menjadi indikator terjadinya suatu bahaya yang mengarah pada terjadinya penyakit tertentu. Oleh karena itu sebaiknya pantau tekanan darah Anda secara berkala dengan rajin mengontrol tensi darah baik melakukannya sendiri di rumah atau cek kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *