invisible hit counter

Follow US

Berbagai Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin E dalam Jumlah Tinggi

Berbagai Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin E dalam Jumlah TinggiTahukah anda makanan dan buah yang mengandung vitamin E ternyata banyak di sekitar kita. Makanan dan berbagai jenis buah ini bisa kita lihat di pasar hingga beberapa diantaranya merupakan hasil import dari negara lain. Kandungan vitamin E di dalam berbagai jenis makanan dan buah-buahan ini penting bagi tubuh kita. Bagaimana tidak, vitamin E sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam kelangsungan hidup kita, seperti menjaga sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, menjaga kesehatan kulit dan rambut dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak perusahaan kesehatan yang memproduksi suplemen yang mengandung vitamin E dengan harga yang cukup terjangkau, hanya saja kita tentu ingin mendapat khasiat vitamin E yang alami dan caranya sangat mudah. Anda cukup mengkonsumsi buah yang mengandung Vitamin E ini sebagai salah satu menu makanan harian anda. Apa saja buah maupun makanan yang kaya vitamin E yang dapat kita temui di sekitar kita?

Berbagai Jenis Buah yang Mengandung Vitamin E yang Perlu Rutin Dikonsumsi

Vitamin E selain memegang peranan penting dalam beberapa proses metabolisme di dalam tubuh seperti yang sudah dijelaskan di atas, ternyata juga merupakan salah satu anti oksidan loh! Untuk itu asupan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak tubuh kita ini sangat penting guna mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Kacang almond

Kacang almond atau yang dikenal dengan istilah kacang badam di negara kita ini merupakan salah satu makanan dengan sejuta manfaat, dan salah satunya adalah sebagai buah yang mengandung Vitamin E dalam jumlah yang cukup tinggi. Anda bisa mendapatkan asupan kurang lebih 26,2 miligram vitamin E setiap mengkonsumsi 100 gram kacang almond.

Selain kandungan vitamin E, kacang almond ini juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal seperti oleat dan palmitoleat yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Anda bisa mencoba menambahkan kacang almond cincang pada roti anda saat sarapan atau dengan mengkonsumsi almond panggang sebagai menu snack kaya protein setiap harinya.

  1. Biji bunga matahari

Mengkonsumsi biji bunga matahari mungkin belum begitu familiar di telinga kita, tetapi buah yang mengandung Vitamin E satu ini sudah banyak dipasarkan dengan nama kuaci. Sama halnya dengan kacang almond, biji bunga matahari juga merupakan tanaman dengan sejuta manfaat karena kandungan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C dan juga vitamin E, asam folat, kalsium, zinc dan juga nutrisi lainnya. Dengan mengkonsumsi 1 cangkir tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini, anda bisa mendapatkan sekitar 46,52 miligram Vitamin E dan ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian anda.

  1. Buah alpukat

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini, buah ini sangat banyak dan sangat mudah ditemukan di setiap penjuru negeri ini jika sedang musimnya. Untuk kebutuhan vitamin E dengan mengkonsumsi setengah buah alpukat, anda dapat memperoleh sebanyak 2 miligram Vitamin E. Buah alpukat memang dikenal banyak orang karena kandungan lemaknya. Hal ini memang benar, sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat adalah lemak. Hanya jangan salah, kandungan lemak yang dimiliki oleh buah ini adalah lemak tak jenuh tunggal yakni asam oleat yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sama halnya dengan kacang almond.

  1. Buah kiwi

Buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil hitam di tengahnya ini memang salah satu diantara sekian banyak buah yang mengandung Vitamin E yang bisa kita konsumsi setiap harinya. Seperti halnya buah-buahan di atas, buah kiwi ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan kita seperti dapat melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya, sebagai antioksidan dan juga sebagai obat penurun darah tinggi karena kandungan mineral baik di dalamnya. Buah yang berasal dari tanah Cina ini memiliki kandungan vitamin E sekitar 1,11 miligram per buah dengan ukuran sedang.

  1. Buah tomat

Buah yang mengandung Vitamin E berikutnya yang akan kita bahas adalah buah tomat. Buah yang biasanya kita gunakan sebagai bahan dasar dalam membuat makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain kaya akan vitamin C, buah ini juga mengandung vitamin E sekitar 0,66 miligram dalam setiap buah dengan ukuran sedang.

  1. Buah mangga

Buah yang satu ini juga tentu tidak asing di telinga anda, selain rasanya yang manis dengan warna kuning menggoda ketika matang buah ini juga mengandung banyak nutrisi bagi kesehatan kita. Selain kaya serat dan vitamin C, dalam 1 buah mangga juga mengandung sekitar 2,32 miligram vitamin E atau sekitar 11% dari kebutuhan vitamin E bagi orang dewasa.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin E

Selain berbagai jenis buah-buah di atas, ternyata beberapa jenis makanan di bawah ini juga kaya akan vitamin E dan dapat mencukupi kebutuhan tubuh anda akan vitamin E jika dikonsumsi. Simaklah beberapa daftar makanan berikut ini.

  • Minyak sayuran atau minyak nabati. Jika anda ingin mencukupi kebutuhan vitamin E di dalam tubuh anda, maka gantilah minyak goreng anda dengan menggunakan minyak nabati atau minyak yang berasal dari sayuran maupun biji bunga matahari.
  • Selai kacang. Makanan praktis satu ini ternyata mengandung vitamin E yang cukup tinggi yakni sekitar 2,5 miligram per 2 sendok makannya.
  • Sayuran hijau yang satu ini juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi, selain kandungan anti oksidan dan berbagai vitamin lainnya. Dengan mengkonsumsi sekitar satu cangkir sayuran brokoli ini anda dapat mencukupi 4% dari kebutuhan vitamin E harian anda.
  • Sayur bayam. Sayuran lezat yang satu ini juga diketahui mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Selain vitamin E, sayur ini juga mengandung kalsium, zat besi dan juga asam folat yang juga dibutuhkan tubuh.
  • Sayur sawi hijau. Jika anda tidak menyukai 2 jenis sayuran di atas, maka anda bisa mencoba sayuran sawi hijau ini sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin E. Dengan memasak 1 cangkir sayur ini anda sudah dapat mencukupi 14% kebutuhan harian vitamin E anda.
  • Salah satu jenis seafood ini selain kaya akan protein dan mineral ternyata juga kaya akan vitamin E.
  • Margarin yang dimaksud disini adalah margarin yang berasal dari olahan minyak jagung, hanya saja konsumsi dalam jumlah yang berlebihan sangat tidak dianjurkan karena makanan ini juga memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Setelah membahas mengenai makanan dan buah yang mengandung Vitamin E di atas, sekarang anda dapat mencoba mengkonsumsi berbagai jenis makanan maupun buah tersebut sebagai menu harian anda guna mencukupi kebutuhan vitamin E di dalam tubuh. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *