invisible hit counter

Follow US

Berbagai Pilihan Buah untuk Bayi 6 Bulan sebagai MPASI

buah untuk bayi 6 bulanBuah-buahan merupakan makanan alami pendamping ASI yang kaya akan nutrisi, sehingga penting diketahui bagaimana memilih jenis buah untuk bayi 6 bulan. Umur 6 bulan adalah saat yang tepat untuk mulai mengenalkan bayi pada jenis makanan tambahan untuk mendampingi ASI. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tetapi karena sistem pencernaan bayi belum berfungsi secara sempurna layaknya orang dewasa, maka tidak semua buah boleh diberikan. Selain itu juga harus diperhatikan dalam penyajiannya, di mana bayi baru bisa mencerna makanan yang halus dan kehegienisannya harus benar-benar dijaga.

Tips Memilih Buah untuk Bayi 6 Bulan

Dalam memilih buah untuk bayi 6 bulan sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Pilihlah buah-buahan yang berwarna, semakin kuat warnanya maka kandungan nutrisinya semakin bagus
  2. Aturlah menu pemberian buah secara beragam agar bayi tidak bosan sekaligus memperoleh asupan nutrisi yang lebih lengkap
  3. Berikan buah sesuai tahap perkembangan usianya. Bila masih tahap awal maka berikan sedikit demi sedikit dulu
  4. Buah disajikan dalam bentuk lunak (dihaluskan atau diblender), jika terlalu kental dapat ditambahkan air
  5. Perhatikan setiap respon yang ditunjukkan bayi terhadap setiap buah yang diberikan, misalnya apakah bayi mengalami alergi, diare, muntah, dan sebagainya. Jika mengalami reaksi negatif maka dihentikan dulu pemberian buah tertentu tersebut dan digantikan dengan jenis buah lain
  6. Jangan diberikan buah kalengan, sebaiknya pilihlah buah segar yang alami
  7. Selalu perhatikan kebersihan buah yang akan diberikan kepada bayi, selalu cuci dengan air bersih sebelum dihaluskan.

Jenis Buah-Buahan Untuk Bayi Berusia 6 Bulan

Jenis buah untuk bayi 6 bulan yang dapat Anda pilih sebagai makanan pendamping ASI adalah sebagai berikut:

  1. Pepaya

Buah ini sudah sangat lazim diberikan kepada bayi berusia 6 bulan. Teksturnya yang lembut dan empuk sehingga mudah ditelan dan sangat cocok untuk pencernaan bayi. Pepaya banyak mengandung serat, vitamin C, vitamin B, vitamin A, omega 3, betakaroten, dan antioksidan. Selain itu pepaya juga mengandung suatu enzim yang sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh, khususnya dalam sistem pencernaan.

  1. Pisang

Pisang juga merupakan buah untuk bayi 6 bulan yang sering kita jumpai di masyarakat. Hampir sama dengan pepaya, buah ini juga memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah untuk dicerna. Pisang banyak mengandung gula sehingga sangat baik untuk sumber kalori bayi. Selain itu pisang juga banyak mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, asam folat, kalium, omega 3, dan nutrisi penting lainnya.

  1. Mangga

Mangga memiliki tekstur yang lembut sekaligus memiliki rasa enak dan manis yang biasanya disukai oleh bayi. Mangga banyak mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Mangga juga kaya akan kalori dan fiber/serat.

  1. Jeruk

Jeruk juga dapat diberikan kepada bayi berumur 6 bulan karena mempunyai kandungan vitamin C yang cukup banyak (75%). Selain itu jeruk juga banyak mengandung vitamin B, antioksidan, dan omega 3. Jeruk sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal radikal bebas.

  1. Anggur

Anggur merupakan buah yang banyak mengandung air, kalori, serta vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi bayi. Penyajian anggur dapat dicampurkan dengan makanan lain yang tentunya setelah dihaluskan terlebih dahulu. Anggur kaya akan kalsium, omega 3, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan kalium

  1. Buah Pir

Buah pir juga merupakan buah untuk bayi 6 bulan yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang renyah sehingga disukai bayi. Buah pir sangat baik untuk pencernaan bayi karena banyak mengandung fiber. Selain itu buah pir juga mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium.

  1. Alpukat

Alpukat yang sering kita jumpai sebagai bahan utama untuk dibuat jus ini sudah pasti memiliki rasa yang lezat dan sangat cocok diberikan kepada bayi berusia 6 bulan. Alpukat kaya akan asam lemak baik yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sang buah hati. Alpukat juga banyak mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, dan protein

  1. Kiwi

Buah kiwi mungkin belum tersedia melimpah di sekitar kita, tetapi sudah banyak dijual di toko swalayan. Buah ini juga bagus untuk diperkenalkan kepada bayi karena banyak mengandung Vitamin C yang mencapai 155%. Jika rasanya agak kecut bisa ditambahan sedikit gula. Buah kiwi juga banyak mengandung vitamin K, vitamin, A, vitamin B, kalori, fiber, omega 3, dan antioksidan.

  1. Apel

Apel yang dikenal memiliki rasa yang sangat enak juga merupakan buah yang penting untuk memenuhi nutrisi bayi. Apel kaya akan asam lemak Omega 3, vitamin B, vitamin C, vitamin K, antioksidan flavanoid, polifenol, kalium, fosfor,dan kalsium. Buah apel mempunyai fungsi penting untuk meningkatkan ketahanan tubuh, menangkal penyakit, menunjang perkembangan tulang dan gigi, dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Melon

Melon merupakan salah satu buah untuk bayi 6 bulan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, kalium, dan omega 3. Melon juga mengandung betakaroten yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Baik melon putih maupun melon kuning sama baiknya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi.

Sayuran Untuk Bayi Berusia 6 Bulan

Selain buah-buahan, bayi berusia 6 bulan juga sudah saatnya diperkenalkan kepada sayur-sayuran untuk semakin melengkapi kebutuhan nutrisi bayi yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Berbagai sayur untuk bayi 6 bulan adalah sebagai berikut:

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayur yang sangat baik untuk perkembangan bayi karena kaya akan asam folat dan kalsium. Dalam 100 gram brokoli mengandung asam folat sebanyak 56 mikrogram dan kalsium sebanyak 88 milligram.

  1. Bayam

Bayam juga merupakan sayuran yang sangat baik untuk bayi terutama untuk perkembangan otak karena kandungan nutrisinya. Nutrisi yang terkandung dalam bayam antara lain kalsium, zat besi, fosfor, mangan, asam folat, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

  1. Seledri

Seledri merupakan sayur untuk bayi 6 bulan yang biasanya disajikan sebagai campuran bubur bayi. Dalam 100 gram seledri mengandung kalsium (50 mg) dan fosfor (40 mg).

  1. Tomat

Tomat dikenal sebagai jenis sayur yang mengandung banyak vitamin C. Dalam 100 gram tomat terdapat 40 mg vitamin C. Selain itu tomat juga mengandung likopen yang merupakan zat antioksidan yang sangat bermnafaat untuk menangkal radikal bebas.

  1. Wortel

Wortel sangat baik diberikan kepada bayi karena banyak mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Dalam 100 gram wortel, terdapat 3600 mikrogram vitamin A.

Buah-buahan dan sayuran di atas sangat baik sebagai makanan pendamping ASI pada bayi berusia 6 bulan, sehingga nutrisi bayi akan semakin lengkap. Terlebih lagi jika ASI yang dihasilkan ibu keluarnya lebih sedikit, maka konsumsi buah dan sayur menjadi pilihan alternatif sebagai penyedia nutrisi yang efektif. Setiap bayi mungkin mempunyai selera dan respon masing-masing terhadap buah dan sayur tersebut. Oleh karena orang tua harus memperhatikan secara cermat mengenai buah dan sayur apa saja yang cocok dan disukai oleh bayinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *