invisible hit counter

Follow US

Berbagai Penyebab Sakit Mata yang Perlu Diwaspadai

Mengetahui apa saja penyebab sakit mata merupakan salah satu langkah pencegahan termudah supaya Anda tidak terserang sakit mata. Pasalnya mata adalah indera yang sangat sensitif, sehingga pastinya banyak aktivitas yang akan terganggu saat mata sedang bermasalah. Jadi tugas Anda adalah menjaga mata supaya tetap sehat meskipun terus menerus dipergunakan. Sebab sakit mata bisa berasal dari hal-hal yang sepele. Bahkan terkadang sebab sakit mata bisa berasal dari sebuah ketidaksengajaan. Misalnya saat sedang tidur Anda tidak sengaja menggores mata Anda dengan tangan. Ketika bangun, tiba-tiba mata Anda terasa pedih dan sakit.

Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan kepada Anda mengenai apa saja penyebab sakit mata yang perlu diwaspadai dan bagaimana cara mengatasinya. Tapi karena pencegahan lebih baik daripada mengatasi, jadi kami juga akan membahas bagaimana cara mencegah dan mengurangi risiko terkena sakit mata. Benarkah sakit mata bisa menular? Ada berapa macam sakit mata? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Penyebab Sakit Mata dan Cara Pencegahan Sesuai Penyebabnya

Penyebab sakit mata merah, gatal, pedih, dan sebagainya tidak bisa disamakan antara satu penderita dan penderita yang lain. Diperlukan pengenalan lebih lanjut melalui gejala-gejala yang terjadi supaya Anda tahu apa penyebab utamanya. Selain itu jika Anda mengetahui apa penyebabnya, obat sakit mata yang digunakan pun lebih spesifik sehingga pengobatannya juga bisa lebih efektif. Sekarang kita bahas satu per satu apa saja faktor penyebab penyakit mata. Secara garis besar, sakit mata dibedakan menjadi dua, yakni ocular atau sakit di permukaan mata dan orbital atau sakit di dalam orbit mata. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Sakit di Permukaan Mata

Sakit mata ocular biasanya terjadi di luar struktur mata. Ada pun penyebab sakit mata ocular diantaranya adalah konjungtivis. Penyakit ini juga sering disebut dengan istilah belekan, karena selama terkena konjungtivis mata akan mengeluarkan kotoran mata. Faktor penyebabnya cukup beragam, mulai dari karena infeksi bakteri, virus, alergi, atau karena pengaruh zat kimia. Berbagai penyebab sakit mata merah dan gatal tersebut akan menyerang membran pelapis kelopak mata.

Untuk mencegah penyakit konjungtivis ini sejak dini, Anda perlu mengenali gejala-gejalanya. Pertama, mata biasanya akan berubah menjadi merah muda. Meskipun cukup mengganggu, nyeri yang dirasakan biasanya tidak terlalu parah. Bahkan terkadang tidak ada rasa sakit sedikit pun. Sedangkan gejala lain yang paling sering terjadi adalah gatal-gatal di sekitar area mata. Jika sudah demikian, minimal gunakan obat tetes mata sebelum penyakitnya semakin parah.

Selain konjungtivis, jenis sakit mata ocular lainnya adalah lecet kornea. Penyebab sakit mata yang satu ini biasanya adalah karena terjadi goresan pada permukaan kornea. Mungkin karena kemasukkan benda dari luar atau karena penggunaan lensa kontak yang terlalu sering. Cara pencegahannya tentu dengan membatasi penggunaan lensa kontak. Atau kalau Anda membeli lensa kontak, belilah yang berkualitas dan yang tidak terbuat dari bahan-bahan berbahaya.

Anda juga harus mewaspadai penyebab sakit mata karena efek bahan-bahan kimia. Meskipun kelihatannya sepele, namun akibatnya cukup signifikan. Zat kimia bisa membuat mata mengalami luka bakar dan pasti akan sangat berpengaruh pada pengelihatan. Beberapa zat kimia yang perlu Anda waspadai supaya jangan sampai terkena mata adalah zat asam atau zat basa. Zat-zat tersebut biasanya teradapat pada pemutih pakaian atau pembersih lantai. Hindari mengusap mata menggunakan tangan secara langsung Anda sedang mencuci pakaian.

Jenis sakit mata ocular yang lain adalah karena terjadi iritasi mata. Untuk jenis penyakit yang satu ini biasanya menimbulkan gejala berupa benjolan kecil di sekitar area mata. Munculnya benjolan tersebut disebabkan oleh adanya kelenjar minyak yang ada di mata. Tak bisa dipungkiri bahwa jenis gangguan mata ini membuat mata terasa nyeri dan pedih.

2. Sakit Mata di Dalam Orbit Mata

Selain terjadi di permukaan mata, penyakit mata juga bisa terjadi di dalam orbit mata atau yang disebut dengan orbital. Penyakit ini bisa terjadi di bagian dalam mata. Oleh karena itu efeknya lebih berbahaya ketimbang sakit mata ocular. Penyebab sakit mata orbital ini juga cukup beragam. Sebagian besar berasal dari penyakit lain yang kemudian mempengaruhi kesehatan mata.

Salah satu jenis sakit mata orbital adalah glaukoma. Penyakit ini akan membuat nyeri di bagian dalam mata. Meskipun pada beberapa kasus justru tidak akan menyebabkan rasa nyeri atau rasa sakit. Penyebab sakit mata yang satu ini adalah karena adanya peningkatan tekanna intraokular atau tekanan internal mata. Akibatnya mata bisa mengalami gangguan pengelihatan bahkan bisa sampai menyebabkan kebutaan jika tidak segera diobati. Biasanya penyakit glaukoma ini terjadi pada orang dewasa atau lansia.

Penyakit mata orbital lainnya adalah iritis dan neuritis. Di mana iritis adalah terjadinya peradangan pada bagian iris. Sedangkan pada neuritik, peradangan terjadi di bagian saraf optik. Kedua jenis peradangan pada mata ini bisa menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu dari bagian dalam mata. Adapun penyebab sakit mata yang mengakibatkan iritis dan neuritis ini biasanya adalah karena infeksi virus ataupun bakteri. Sama halnya seperti sinusitis yang juga disebabkan oleh kedua faktor penyebab tersebut.

Cara Membuat Obat Sakit Mata Alami

Jika Anda sudah terlanjur terkena sakit mata, yang bisa Anda lakukan tentunya adalah mengobati penyakit tersebut. Setelah itu barulah Anda menghindari penyebab sakit mata yang tadi sudah kami sampaikan setelah sakit mata Anda sembuh. Ada beberapa obat sakit mata alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah, ketimbang harus membeli obat tetes mata di warung atau di apotek.

Obat alami yang pertama bisa Anda buat dari irisan mentimun. Biasanya mentimun ini cocok untuk menobati penyebab sakit mata merah dan nyeri. Bahan yang Anda butuhkan adalah mentimun yang diameternya besar. Setelah itu iris tipis-tipis, lalu tempelkan pada mata Anda yang terasa sakit. Mentimun cukup efektif untuk mengobati mata karena memiliki sifat antibakteri. Selain itu kesegaran mentimun juga bisa membuat mata menjadi fresh kembali dan membuat kantung mata lebih ringan. Irisan mentimun juga cocok digunakan untuk menghilangkan mata panda.

Selain irisan mentimun Anda juga bisa mencoba irisan kentang, air mawar, susu murni, atau air sirih. Obat-obatan alami tersebut dinilai cukup efektif untuk mengobati sakit mata. Kurang lebih itu dia penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja penyebab sakit mata, cara pencegahannya dan bagaimana cara mengobatinya. Tapi kalau sakit mata yang Anda alami mungkin cukup parah, lebih baik periksakan saja ke dokter supaya mendapat penanganan medis lebih lanjut. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberi wawasan baru bagi Anda yang membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *