invisible hit counter

Follow US

Berbagai Obat Batuk Anak Tradisional sebagai Pilihan Alternatif

Berbagai Obat Batuk Anak Tradisional sebagai Pilihan AlternatifBatuk adalah penyakit yang sering diderita oleh anak-anak, sehingga penting diketahui obat batuk anak tradisional yang mujarab. Usia anak-anak merupakan usia yang sangat rentan menderita berbagai penyakit, terutama batuk. Pada usia ini merupakan tahap pertumbuhan dan perkembangan sel dan jaringan tubuh, termasuk dalam membentuk antibodi alami dalam memerangi penyakit untuk menciptakan ketahanan yang kuat di kemudian hari. Sehingga sedapat mungkin sebagai orang tua tidak sembarangan dalam memberikan obat kepada anak agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Jika menggunakan obat-obatan kimia sebaiknya selalu konsultasikan kepada dokter agar anak mendapatkan obat yang tepat serta dosis yang sesuai untuk anak.

Untuk penyakit batuk, sebenarnya alam sudah menyediakan berbagai bahan yang terbukti ampuh untuk membasmi batuk pada anak. Obat batuk anak tradisional biasanya diketahui secara turun temurun sebagai warisan nenek moyang. Tetapi dengan kemajuan riset dan teknologi, banyak dari obat-obatan warisan nenek moyang tersebut yang telah diteliti oleh para peneliti dan ternyata memang berguna untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang dan efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Batuk yang dialami oleh anak tentunya sangat mengganggu aktifitas anak dan membuat orang tua khawatir. Karakteristik anak yang gemar berkumpul dan bermain dengan teman seusianya, maka penularan penyakit batuk menjadi lebih mudah.

Berbagai Resep Obat Batuk Anak Tradisional

Batuk pada anak dapat berupa batuk kering atau berdahak. Terjadinya batuk dapat juga disertai dengan gejala lainnya seperti demam, pilek, sakit kepala, sakit tenggorokan, tidak enak badan, anak kurang bersemangat, tidak nafsu makan, dan sebagainya. Keuntungan pemberian obat batuk tradisional pada anak yaitu kandungannya yang alami tanpa menimbulkan efek samping, sangat praktis dan ekonomis karena bahannya sangat mudah ditemukan di sekitar kita, dan khasiatnya yang cukup ampuh mengobati batuk. Berikut ini merupakan berbagai pilihan resep obat batuk anak tradisional untuk menyembuhkan batuk pada buah hati Anda:

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang sudah dikenal secara turun-temurun sebagai obat batuk anak tradisional. Dari aromanya sudah dapat dirasakan kesegarannya. Rasanya yang agak pedas dan hangat membuat lega tenggorokan. Jahe mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan antiinflamasi, sehingga efektif untuk menyembuhkan batuk pada anak. Cara menyajikannya yaitu satu ruas jahe dibersihkan kemudian digepuk agar aroma segarnya lebih keluar kemudian dimasukkan ke dalam segelas air panas. Tambahkan segikit gula untuk memberikan rasa manis. Tunggu sampai airnya hangat, kemudian minumkan pada anak.

  1. Kencur

Kencur juga merupakan tanaman obat yang mempunyai kandungan antibiotik alami sehingga ampuh digunakan sebagai obat batuk anak tradisional. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu tradisional yang sudah dikenal luas khasiatnya. Untuk mengobati batuk pada anak, cara membuatnya yaitu siapkan beberapa ruas kencur, dikupas lalu cuci sampai bersih. Kencur tersebut diparut kemudian diperas untuk diambil airnya. Tambahkan air hangat secukupnya dan campurkan madu atau sedikit gula sebagai pemanis. Minuman kencur pun siap diberikan kepada si kecil.

  1. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Buah sekaligus bunga belimbing wuluh juga berkhasiat sebagai obat batuk anak tradisional. Cara membuat ramuannya yaitu masukkan empat buah belimbing wuluh dan bunganya sekitar satu genggam ke dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus beberapa saaat sampai tersisa airnya 1 gelas saja. Lalu saring dan ambil airnya. Tambahkan gula batu sebagai pemanis.

  1. Daun Sirih

Daun sirih mempunyai khasiat untuk membasmi kuman sekaligus sebagai antioksidan. Cara membuat ramuan daun sirih untuk mengobati batuk pada anak yaitu beberapa lembar daun sirih direbus kemudian airnya disaring. Tambahkan madu sebagai pemanis kemudian berikan pada anak selagi hangat.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga merupakan buah yang kaya manfaat terutama mengandung vitamin C dan asam sitrat yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Jeruk nipis juga sangat dikenal sebagai obat batuk anak tradisional yang sangat ampuh. Cara menyajikannya yaitu ambil 1 buah jeruk nipis diperas lalu ambil airnya dan campurkan pada 1 gelas air hangat. Tambahkan madu atau sedikit gula sebagai pemanis dan berikan pada si kecil untuk menyembuhkan batuknya.

  1. Asam Jawa

Asam jawa yang dikenal sebagai campuran sayuran atau sambal rujak ini juga berkhasiat sebagai obat batuk untuk anak. Cara membuatnya sangat mudah, yaitu seduh asam jawa bersama gula jawa pada satu gelas air panas. Tunggu beberapa saat lalu minumkan pada anak selagi masih hangat.

  1. Daun Kemangi

Obat batuk anak tradisional berikutnya yaitu dengan menggunakan ramuan daun kemangi. Daun kemangi yang sering digunakan sebagai lalapan ini sudah dikenal luas manfaatnya, termasuk untuk menyembuhkan batuk. Cara membuat ramuannya yaitu ambil segenggam daun kemangi lalu direbus dengan dua gelas air. Setelah itu disaring kemudian diambil airnya untuk diminumkan pada anak yang menderita batuk.

  1. Serai

Serai merupakan salah satu bumbu dapur sekaligus sebagai tanaman herbal yang berkhasiat sebagai obat batuk tradisional untuk anak. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu beberapa akar serai dicuci kemudian direbus pada 1 gelas air yang dimasukkan ke dalam wadah/panci. Tunggu beberapa saat lalu disaring untuk di ambil airnya dan siap disajikan pada anak untuk menyembuhkan batuknya.

  1. Olesi minyak telon

Selain obat tradisional yang dikonsumsi atau diminum, Anda juga dapat mengoleskan minyak telon untuk membantu mengobati batuk pada anak. Minyak telon yang digunakan dapat berupa minyak peppermint, minyak kayu putih, maupun minyak rosemery yang dioleskan pada leher dan dan dada. Aromanya yang segar dan sensasinya yang hangat dapat melegakan saluran pernafasan dan mempercepat penyembuhan batuk pada anak.

Obat batuk anak tradisional yang telah dijelaskan di atas tentunya tidak dapat memberikan kesembuhan secara instan, tetapi harus digunakan secara teratur 2-3 kali sehari. Di samping itu, untuk mendapatkan hasil yang optimal pada proses penyembuhan batuk pada anak maka berikan selalu makanan yang bergizi pada anak terutama buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral. Agar terhindar dari kekurangan cairan atau dehidrasi maka anjurkan anak untuk banyak mengkonsumsi air putih. Pada waktu batuk sebaiknya anak jangan banyak bermain dulu, anjurkan untuk beristirahat yang cukup.

Sebagai orang tua Anda harus mengamati gejala batuk yang dialami oleh anak. Anda harus waspada jika batuk disertai dengan gejala lain yang mengarah pada penyakit berbahaya. Misalnya batuk yang disertai sesak nafas, batuk yang tidak kunjung sembuh walaupun diobati dengan berbagai cara, penurunan berat badan yang drastis, batuk bercampur darah, dan sebagainya. Dalam kondisi demikian, maka sebaiknya segera periksakan anak ke dokter atau ke sarana layanan kesehatan agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *