invisible hit counter

Follow US

Berbagai Macam Gejala Ginjal Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Berbagai Macam Gejala Ginjal Bermasalah dan Cara MengatasinyaGejala ginjal bermasalah hendaknya diketahui sejak dini, karena jika sudah terlanjur parah biasanya sakit ginjal akan sulit untuk disembuhkan, hingga bisa berakibat fatal. Namun sangat disayangkan karena pengetahuan masyarakat awam mengenai apa saja gejala penyakit ginjal masih sangat minim. Kurangnya sosialisasi dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mencari informasi tentang gejala-gejala sakit ginjal menjadi salah satu penyebab utamanya. Mengetahui apa saja gejala ginjal bermasalah dan cara mengatasinya sangatlah penting untuk meningkatkan kewaspadaan akan penyakit ini.

Banyak orang yang baru menyadari bahwa ginjalnya bermasalah saat penyakit tersebut sudah mulai parah. Pada umumnya orang awam tidak langsung mengenali apa saja gejala ginjal bermasalah karena pada umumnya gejala-gejala yang terjadi tidak terlihat atau terasa dengan jelas. Pada tahap awal, sakit ginjal tidak menunjukkan adanya gejala yang khusus. Meskipun organ ginjal berada di perut sebelah kanan dan kiri namun pada tahap awal sakit ini jarang sekali bagian perut tersebut merasakan sakit.

Berbagai Gejala Ginjal Bermasalah yang Harus Diketahui

Ginjal sangat vital untuk kesehatan, membersihkan darah dari racun-racun kemudian membuangnya keluar tubuh. Pada saat ginjal tidak bekerja sempurna maka racun-racun dalam tubuh tidak akan sepenuhnya bersih. Dengan adanya kandungan racun dalam tubuh dalam darah, tubuh akan bermasalah secara keseluruhan. Pada tahap awal ginjal bermasalah, gejala yang muncul pada tubuh masih dalam level yang rendah, yang akan meningkat dan semakin jelas seiring dengan semakin parahnya sakit ginjal ini.

1. Perubahan Urinasi
Pada tahap awal gangguan ginjal akan terjadi perubahan urinasi atau perubahan pada hal yang terkait dengan urin (buang air kecil. Perubahan yang terjadi adalah Anda akan terbangun di malam hari untuk buang air kecil. Pada orang normal tidak perlu buang air kecil di tengah malam kecuali sebelum tidur minum banyak. Kemudian urin juga bisa berubah menjadi berbusa, hal ini dikarenakan filterisasi pada ginjal yang tidak sempurna.

Perubahan juga terjadi pada jumlah air kencing yang berkurang dari biasanya dan warnanya juga menjadi lebih gelap. Pada tahap lebih lanjut urin akan mengandung darah, urin akan berwarna kemerah-merahan. Pada tahap ini berarti kerusakan ginjal sudah cukup parah dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau rumah sakit.

2. Pembengkakan
Gejala ginjal bermasalah berikutnya adalah adanya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, biasanya terjadi pada kaki, tangan, ataupun pada wajah. Hal ini dikarenakan ginjal yang tidak bekerja sempurna tidak mampu membuang kelebihan air yang ada dalam tubuh dengan baik, yang biasanya dibuang dalam bentuk urin namun malah menumpuk pada bagian tubuh tertentu.

3. Berat Badan Turun dan Hilangnya Nafsu Makan
Racun yang bersikulasi dalam tubuh diantaranya akan menyebabkan berubahnya indera pengecapan. Membuat mulut terasa seperti aneh, seperti terasa sesuatu yang asing. Hal ini akan menyebabkan hilangnya nafsu makan. Makanan selezat apapun saat indera pengecapan tidak sehat, tidak akan terasa enaknya. Kurangnya asupan makanan ke dalam tubuh dalam waktu lama akan menyebabkan turunnya berat badan.

4. Kelelahan
Tubuh akan terasa kelelahan juga bisa menjadi pertanda gejala ginjal bermasalah. Pembentukan sel darah merah oleh tubuh salah satunya diatur oleh ginjal. Ginjal yang sehat akan menghasilkan hormon EPO yang mana fungsinya adalah mengatur pembentukan sel darah merah. Dengan berkurangnya EPO yang dihasilkan saat ginjal tidak berkerja optimal, maka jumlah sel darah merah pada tubuh akan berkurang, yang menyebabkan organ-organ kekurangan oksigen yang berakibat kelelahan yang amat sangat.

Fungsi organ ginjal sangat penting untuk kesehatan tubuh. Mengetahui gejala ginjal bermasalah sejak awal berarti memperbesar peluang untuk mengobatinya. Ketahui lebih banyak lagi tentang gejala-gejalanya di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *