invisible hit counter

Follow US

Berbagai Macam Buah untuk Darah Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Macam Buah untuk Darah Tinggi yang Perlu Anda KetahuiBuah untuk darah tinggi banyak tersedia di sekitar kita yang mempunyai khasiat ampuh tanpa menimbulkan efek samping. Darah tinggi atau hipertensi yaitu suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang lebih dari normal, yaitu lebih dari 140/90 mmHg pada pengukuran tensinya. Darah tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, yang paling utama adalah penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke. Tanda gejala yang sering dikeluhkan oleh penderita hipertensi antara lain yaitu sakit kepala, tegang atau kaku pada tengkuk, sering kesemutan, telinga berdenging, pandangan mata kabur, dan rasa tidak nyaman pada badan atau mudah lelah. Darah tinggi juga dapat ditandai dengan perdarahan pada pembuluh darah tepi, seperti terjadinya mimisan.

Banyak faktor yang dapat menimbulkan darah tinggi, antara lain yaitu faktor genetik, pola makan yang banyak mengandung lemak dan garam, berat dadan berlebih (obesitas), kurangnya aktifitas fisik (olahraga), kebiasaan mengkonsumsi rokok dan alkohol, dan stres. Darah tinggi lebih besar risikonya diderita oleh orang lanjut usia, dikarenakan terjadinya penyakit ini dapat dipicu oleh adanya penurunan fungsi organ tubuh manusia, terutama pada sistem pembuluh darah. Oleh karena darah tinggi termasuk salah satu jenis penyakit degeneratif. Banyak orang yang tidak menyadari menderita darah tinggi sampai akhirnya menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Oleh karena sebelum berakibat fatal, darah tinggi harus dikendalikan dan ditangani sedini mungkin.

Buah Untuk Darah Tinggi Yang Paling Manjur

  1. Mengkudu

Buah mengkudu atau yang sering disebut pace ini sudah dikenal sejak lama sebagai buah untuk darah tinggi yang telah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Selain sebagai tanaman obat, mengkudu juga banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sayur maupun rujak. Buah yang ketika dewasa berwarna putih dengan bintik-bintik hitam ini merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur di dataran rendah. Mengkudu mengandung zat antibakteri, asam arkobat, xereonine, terpenoid, scopeletin, dan zat anti kanker. Mengkudu juga mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, seperti protein, vitamin, dan berbagai mineral penting.

Untuk membuat ramuan dari mengkudu ini caranya yaitu dengan menyiapkan 2 buah mengkudu yang dikupas dan dicuci bersih kemudian dihaluskan atau diblender. Lalu tambahkan satu sendok madu sebagai pemanis. Minum ramuan mengkudu ini secara teratur 2 kali sehari maka tekanan darah yang semula tinggi dapat menjadi normal.

  1. Mentimun

Mentimun merupakan buah yang sering digunakan sebagai sayur atau rujak. Buah mentimun kaya akan kalium dan bersifat diuretik (mengeluarkan cairan dari dalam tubuh melalui urine) sehingga sangat efektif sebagai buah untuk darah tinggi. Mentimun merupakan buah yang rendah kalori dan sama sekali tidak mengandung lemak jenuh, sehingga juga cocok digunakan sebagai diet untuk menurunkan berat badan. Nutrisi penting lain yang terkandung dalam mentimun antara lain betakaroten, alfakaroten, vitamin A, B, C, E, K, lutein, zeaxanthin, karbohidrat, protein, serat, zat antioksidan, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan berbagai mineral penting lainnya.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan buah mentimun, caranya yaitu dengan menyiapkan beberapa buah mentimun yang masih segar kemudian dicuci sampai bersih kemudian dibuat juss. Selain dibuat juss Anda juga dapat mengkonsumsinya dengan memakannya secara langsung. Konsumsilah buah mentimun atau juss mentimun ini 2 kali secara teratur.

  1. Blewah

Buah yang sering digunakan sebagai bahan minuman segar ini juga merupakan buah untuk darah tinggi karena banyak mengandung potasium dan kalium. Buah blewah juga mengandung mutrisi penting lain seperti karbohidrat, protein, vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan, zink, lemak tak jenuh, beta karoten, senyawa antioksidan, dan kaya serat. Blewah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga juga cocok digunakan sebagai diet untuk penderita kencing manis/diabetes. Cara mengkonsumsi blewah untuk menurunkan tekanan darah yaitu dengan membuatnya sebagai juss kemudian diminum secara teratur 2 kali dalam sehari.

  1. Belimbing

Belimbing merupakan buah untuk darah tinggi karena kaya akan kalium dan mengurangi cairan dalam tubuh (diuretik). Belimbing juga banyak mengandung vitamin C sehingga dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Buah belimbing juga dikenal sebagai buah yang bermanfaat sebagai antiinflamasi dan analgesik (pereda rasa nyeri). Kandungan zat anti oksidannya yaitu flavanoid yang cukup tinggi membuat buah ini juga berkhasiat untuk menangkal radiasi bebas untuk mencegah kanker. Nutrisi lain yang terkandung dalam buah belimbing antara lain yaitu serat, protein, karbohidrat, vitamin A, C, E, K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng. Anda dapat menkonsumsi belimbing secara langsung untuk menurunkan tekanan darah atau dapat juga dibuat juss dan meminumnya 2 kali dalam sehari secara rutin.

  1. Semangka

Buah untuk darah tinggi yang berikutnya yaitu buah semangka. Selain rasanya enak, semangka berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur baik dimakan langsung maupun dibuat juss semangka yang menyegarkan. Kandungan zat penting yang terdapat dalam semangka antara lain yaitu potasium, kalium, magnesium, asam spantotenik, asam amino sitrulin, tembaga, likopen, betakaroten, karbohidrat, protein, vitamin A, C, E, kalsium, zink, dan nutrisi penting lainnya.

  1. Kersen

Mungkin banyak diantara Anda yang belum menyadari manfaat buah yang satu ini. Tanaman kersen merupakan jenis tanaman peneduh yang seringkali ditanam di depan rumah maupun di pinggir jalan. Dan seringkali buahnya hanya dibiarkan begitu saja tanpa ada orang yang memetiknya. Buah kersen mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai makanan untuk darah tinggi. Buah kersen mengandung nutrisi penting seperti karoten, riboflavin, tianin, niacin, vitamin C, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan zat penting lainnya. Untuk mengobati darah tinggi, Anda dapat membuat juss dari buah kersen untuk diminum 2 kali sehari atau memakannya secara langsung karena buahnya cukup enak dimakan.

  1. Buah naga

Buah naga dikenal sebagai buah yang mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sebagai obat darah tinggi. Saat ini buah naga sudah banyak dikembangkan di Indonesia, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya di pasar maupun di toko swalayan. Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah naga antara lain kalori, protein, karbohidrat, serat, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12, zat antioksidan, dan berbagai mineral penting lainnya.

Selain mengkonsumsi buah untuk darah tinggi yang telah disebutkan di atas, untuk menurunkan tekanan darah Anda juga harus mengatur pola makan, yang mana mengurangi asupan garam dan makanan berlemak. Berolahragalah secara teratur untuk melancarakan peredaran darah sekaligus mengendalikan berat badan, istirahat yang cukup, dan hindari stres. Sebaiknya lakukan cek tekanan darah/tensi secara teratur ke fasilitas layanan kesehatan. Anda juga dapat menyediakan alat untuk memeriksa tekanan darah (spygnomanometer) di rumah sehingga dapat lebih rutin mengontrol tensi. Jika mengalami sakit berlanjut atau mengalami gejala komplikasi akibat darah tinggi sebaiknya periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *