invisible hit counter

Follow US

Berbagai Hal tentang Sakit Maag yang Perlu Diketahui

Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Tentang Sakit MaagBanyak sekali orang yang pernah menderita sakit maag, maka pengetahuan mengenai ciri-ciri sakit maag merupakan hal yang patut Anda ketahui. Penyakit maag merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh radang pada lambung. Sakit maag dapat dipicu beberapa faktor seperti infeksi bakteri atau juga stress pikiran. Perasaan nyeri pada perut bagian ulu hati dan mual merupakan tanda-tanda penyakit maag yang umum.

Lambung, Organ yang Berperan Dalam Pencernaan dan Penyakit Maag

Lambung merupakan suatu organ di dalam perut yang berfungsi membantu pencernaan dalam tubuh. Organ ini juga membantu sistem pertahanan tubuh untuk melawan kuman jahat yang tertelan dalam makanan. Cara lambung membantu sistem pertahanan tubuh adalah dengan mengeluarkan zat azam lambung. Asam lambung bersifat asam, dan sifat asam ini dapat membunuh kuman di makanan atau minuman yang kita konsumsi. Sayangnya, asam lambung juga dapat mengiritasi lambung sehingga memberikan ciri-ciri sakit maag yang khas.

Penyakit maag terjadi karena adanya radang pada lambung. Radang ini terutama disebabkan oleh asam lambung yang mengiritasi lambung. Radang yang sangat parah pada lambung dapat membuat permukaan lambung menjadi luka dan berdarah. Komplikasi paling berbahaya dari sakit maag ialah bila terjadi bolong pada dinding lambung. Maka sangatlah penting untuk mengetahui ciri-ciri sakit maag sejak dini.

Faktor Pemicu Terjadinya Penyakit Maag

Pengeluaran asam lambung yang berlebih dapat mencetuskan penyakit maag. Stres fisik dan psikologis dapa meningkatkan pengeluaran asam lambung. Stress fisik misalnya kecapaian atau sedang dalam kondisi penyakit tertentu sedangkan stress psikologis misalnya banyak pikiran yang dikhawatirkan. Bila Anda sedang sakit atau banyak pikiran jangan lupa makan teratur untuk menetralisir asam lambung yang meningkat.

Jaman dahulu, peningkatan asam lambung dianggap sebagai faktor utama penyebab sakit lambung. Sejak ditemukannya bakteri Helicobacter pylori sejak tahun 1982, jelaslah sudah bahwa ternyata suatu infeksi kronis bakteri ini di lambung dapat menyebabkan penyakit maag.

Penggunaan obat penghilang nyeri menjadi salah satu penyebab tersering sakit maag. Begitu juga dengan konsumsi jamu-jamuan penghilang nyeri dan penambah tenaga. Obat yang termasuk di sini contohnhya adalah yang mengandung asam mefenamat, aspirin, kortikosteroid, ibuprofen dan penahan nyeri lainnya. Jamu yang dimaksud di atas ialah jamu yang mengandung obat penahan nyeri, terutama kortikosteroid. Meski seharusnya jamu hanya berisi bahan alami, namun tak jarang biasanya ada yang iseng mencampur kandungan jamu dengan obat penahan nyeri supaya efeknya lebih ampuh.

Mengenal Ciri-Ciri Sakit Maag

Mengetahui tanda-tanda penyakit maag lebih dini dapat membantu kita menghindari komplikasi penyakit maag yang lebih berbahaya

Nyeri pada ulu hati merupakan ciri-ciri sakit maag yang paling khas dan utama. Nyeri ulu hati dirasakan sebagai nyeri pada perut yang terasa di perut bagian tengah, tepat di bawah dada. Sifat nyeri dirasakan seperti terbakar atau perih. Nyeri dapat reda setelah makan, namun ada juga yang merasakan nyeri justru timbul setelah makan. Bila hebat, nyeri ulu hati dapat membangunkan penderita dari jam tidurnya.

Perut kembung dan terasa penuh merupakan tanda-tanda penyakit maag lainnya. Perut terasa penuh, disertai keinginan untuk bersendawa. Hal ini terjadi karena banyaknya asam lambung yang memicu terbentuk banyaknya gas di dalam lambung. Kondisi ini akan menyebabkan perut kembung dan bersendawa terus menerus. Biasanya sendawa berbau asam.

Mual dan muntah dapat terjadi pada penyakit maag. Perasaan mual dapat dipicu karena perut yang kembung. Bila muntah sebaiknya penderita sakit maag memperhatikan apa yang dimuntahkannya. Bila ia memuntahkan sisa makanan maka ia masih belum perlu terlalu waspada. Namun bila isi muntahan berwarna hitam atau kecokelatan atau mengandung darah maka ini adalah tanda penyakit maag yang gawat dan harus dibawa berobat ke dokter.

Nyeri dada dan nyeri kerongkongan dapat menjadi ciri sakit maag yang lain. Nyeri dada dirasakan sebagai sensasi panas dan terbakar di bagian dada, dan haruslah diwaspadai karena nyeri dada juga dapat menjadi salah satu tanda penyakit jantung. Jadi disarankan untuk berobat ke dokter bila Anda mendapati nyeri dada pada gejala Anda.

Asam lambung yang banyak dapat naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan nyeri pada kerongkongan. Selain nyeri, asam lambung dapat membuat sensai terbakar pada kerongkongan. Naiknya asam lambung dapat pula memicu terjadinya batuk yang tak kunjung sembuh, suara serak, bahkan memicu terjadi serangan asma.

Bila terjadi diare yang terus menerus terutama bila kotoran yang dikeluarkan berwarna kehitaman dan konsistensinya lembek, bawa diri Anda segera berobat ke dokter. Begitu pula dengan perasaan sakit yang tajam, makin memburuk, tidak menghilang dengan obat dan disertai sesak napas. Muntah berwarna kehitaman dan kecokelatan juga merupakan tanda-tanda gawat dari sakit maag.

Mengenal Obat Sakit Maag dan Mencegah Sakit Maag

Obat sakit maag paling terkenal dan banyak dijual bebas di apotek adalah obat yang mengandung antasida. Antasida merupakan basa lemah yang dapat menetralisir sifat asam pada asam lambung. Contoh antasida adalah obat yang mengandung aluminium hidroksida atau magnesium hidroksida. Biasanya dijual dengan preparat sirup atau tablet serta tablet kunyah. Obat ini diminum saat perut kosong, dapat 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Obat lain yang cukup terkenal adalah golongan antagonis reseptor histamin. Lebih dikenal dengan obat yang mengandung ranitidin. Obat ini akan menghambat pengeluaran asam lambung, sehingga berguna bagi mereka yang pengeluaran asam lambungnya berlebih. Penggunaan obat ini diminum sebelum atau setelah makan.

Setelah ditemukannya bakteri yang dapat menyebabkan penyakit maag, kini pengobatan pun bertujuan membunuh kuman tersebut. Namun, obat untuk membunuh bakteri tersebut haruslah diminum berdasarkan resep dokter dan tidak boleh dibeli secara bebas. Penggunaan obat antibakteri yang tidak tepat dapat memicu timbulnya resistensi bakteri sehingga bakteri tersebut tidak dapat dibunuh lagi oleh obat tersebut. Bila dokter Anda telah memastikan bahwa bakteri menjadi salah satu penyebab sakit maag Anda, maka ia akan memberikan tambahan obat yang tepat bagi Anda.

Selain obat, penderita penyakit maag juga perlu mengetahui makanan yang dapat mencetuskan penyakit maag. Beberapa makanan yang dapat memicu penyakit maag ialah kafein, coklat, makanan yang berminyak dan berlemak, alkohol, makan dalam jumlah yang sangat besar, makanan asam dan makan 2-3 jam sebelum tidur. Asap rokok juga dapat mencetuskan terjadinya sakit maag.

Setelah membaca tulisan ini, tentunya Anda dapat lebih waspada terhadap penyakit yang hampir pernah dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia ini. Jangan lupa untuk selalu berhati – hati akan tanda gawat penyakit maag yang sebaiknya diabawa berobat ke dokter. Menjaga pola makan teratur dan makan makanan sehat juga sangat disarankan untuk mencegah penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *