invisible hit counter

Follow US

Berbagai Buah untuk Ibu Menyusui yang Baik untuk Ibu dan Bayi

buah untuk ibu menyusuiIbu menyusui yang up to date pasti pernah membaca bahwa ada beberapa buah untuk Ibu menyusui yang bermanfaat dan sebaiknya dikonsumsi pada masa laktasi. Selain menjaga asupan nutrisi pada masa kehamilan, Ibu juga haruslah menjaga nutrisi apa saja yang dikonsumsinya pada masa menyusui. Seperti yang kita ketahui, pemerintah Indonesia mencanangkan program ASI ekslusif, yaitu program yang menyarankan dan mewajibkan Ibu untuk hanya memberikan ASI pada bayi mereka saat masa 6 bulan pertama kehidupan anak mereka. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja buah untuk Ibu menyusui yang memberikan efek baik bagi buah hati maupun Ibu sendiri.

Daftar Buah Untuk Ibu Menyusui yang Wajib Ibu Konsumsi

Cukup banyak manfaat yang dapat Ibu menyusui dan bayi terima bila Ibu mengonsumsi jenis makanan yang tepat saat Ia menyusui. Buah untuk Ibu menyusui haruslah dikonsumsi oleh semua Ibu menyusui karena kandungan nutrisi yang dmilikinya. Bukan hanya itu, ternyata penelitian yang dilakukan di negara-negara benua bagian barat menyatakan bahwa Ibu menyusui yang rutin mengonsumsi buah akan memberikan pengaruh yang baik bagi bayi mereka; yaitu bayi mereka pun jadi senang mengonsumsi buah ketika beranjak dewasa nanti.

Melihat manfaat yang cukup banyak tersebut, tidak ada salahnya Anda membaca daftar singkat dari buah untuk Ibu menyusui yang dapat Anda konsumsi pada masa habis melahirkan ini. Apalagi mengingat bila selama 6 bulan bayi Anda hanya mendapatkan ASI ekslusif yang bersumber dari Ibu menyusui. Nutrisi yang Ibu konsumsi sehari-hari akan sangat mempengaruhi nutrisi apa sajakah yang bayi Anda dapatkan. Berikut adalah beberapa buah untuk Ibu menyusui yang baik untuk Ibu menyusui yang sudah kami susun untuk Anda:

  • Jeruk

Buah untuk Ibu menyusui yang pertama adalah buah yang udah dimakan dan dibawa kemanapun Anda pergi, yaitu buah jeruk. Mengapa buah jeruk baik bagi Ibu menyusui? Karena Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak Vitamin C dibadingkan ketika Ibu sedang hamil. Bila tidak sempat memakan buah jeruk, Anda juga dapat meminum air jeruk peras yang asli dan alami sebagai asupan Vitamin dan antioksidan bagi tubuh Ibu dan bayi. Selain jeruk, Ibu juga dapat mengonsumsi lemon, jeruk nipis dan buah sejenis jeruk lainnya.

  • Pepaya Muda

Buah pepaya sudah terkenal baik karena mengandung Vitamin dan mineral serta serat yang banyak untuk kebutuhan tubuh kita. Ternyata, pepaya muda, kira-kira tepat sebelum matang merupakan buah untuk Ibu menyusui yang sangat bermanfaat. Pepaya muda menganung banyak enzim, vitamin dan mineral, termasuk Vitamin A, B, C, D dan E. Bila terasa keras, buah pepaya muda dapat ditumis atau dikukus sebentar agar terasa lebih lunak.

  • Blueberry

Meski kurang umum, buah-buahan yang termasuk di keluarga beri terutama blueberry ternyata merupakan buah yang baik untuk Ibu menyusui. Selain blueberry, Anda juga dapat mencoba raspberry atau strawberry sebagai asupan buah untuk Ibu menyusui. Blueberry dan buah berry lainnya mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh Ibu maupun bayi yang sedang menyusui.

  • Apricot, Korma dan Kismis

Ketiga jenis buah ini merupakan buah untuk Ibu menyusui yang sangat bermanfaat. Mengapa? Karena buah-buahan ini merupakan makanan yang dapat memicu timbulnya hormon yang akan memperbanyak produksi air susu ibu. Buah yang mengandung kalsium yang tinggi seperti apricot, korma dan kismis akan meningkatkan produksi air susu ibu. Konsumsi minimal 1/2 gelas korma atau kismis kering atau 1 gelas buah apricot segar setiap harinya. Dengan mengonsumsi buah ini, diharapkan jumlah ASI Anda selalu dapat mencukupi kebutuhan bayi Anda.

  • Kelapa

Selanjutnya, buah untuk Ibu menyusui yang wajib Ibu konsumsi adalah buah tropis yang banyak terdapat di pesisir pantai, alias buah kelapa. Semua komponen buah kelapa, baik air dan dagingnya ternyata memberikan banyak manfaat untuk Ibu menyusui. Kandungan mineral dan elektrolit yang terdapat di air kelapa mampu menjaga Ibu agar tetap terhidrasi dengan baik. Sedangkan daging kelapa sendiri mempunyai peran meningkatkan produksi air susu ibu. Selain itu, Buah kelapa juga mengandung kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan manfaat untuk mencegah Ibu dan bayi jatuh ke dalam keadaan anemia.

Tambahan Makanan yang Baik Untuk Ibu Menyusui

Selain mengonsumsi buah untuk Ibu menyusui, para Mommies juga sebaiknya mengetahui pola makan sehat yang baik selama masa menyusui. Nutrisi yang Ibu dapatkan sehari-hari merupakan jenis nutrisi yang akan didapatkan bayi yang menyusui pula. Cobalah berbagai macam makanan sehat di bawah ini agar Anda dapat memberikan gizi yang terbaik bagi bayi Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk Ibu menyusui yang sebaiknya Ibu konsumsi:

  • Produk Susu Rendah Lemak

Selain buah-buahan, makanan yang baik untuk ibu menyusui lainnya adalah produk susu. Banyak sekali produk susu yang dapat Anda pilih seperti yogurt, susu dan keju. Produk makanan berbahan dasar susu ini menjadi salah satu makanan yang sangat penting bagi Ibu menyusui karna mengandung Vitamin D, Vitamin B dan tentunya protein. Produk susu juga merupakan salah satu makanan berkalsium yang paling tinggi, yang penting bagi pertumbuhan tulang bayi Anda. Konsumsi produk susu minimal 3 gelas per hari dan pilihlah produk yang rendah lemak.

  • Daging Tanpa Lemak

Meski masa kehamilan Anda sudah usai, seorang Ibu menyusui tetap membutuhkan asupan zat besi yang banyak. Daging tanpa lemak, terutama daging merah seperti daging sapi merupakan salah satu produk makanan yang mengandung banyak zat besi. Kekurangan zat besi dapat membuat Ibu menyusui merasa cepat lelah. Daging juga memberikan asupan protein dan Vitamin B12 yang tak kalah penting bagi Ibu menyusui. Maka, daging tanpa lemak merupakan salah satu makanan yang baik untuk Ibu menyusui.

  • Sayuran Hijau

Sayuran dengan daun berwarna hijau seperti bayam, caisim, sawi dan brokoli kaya akan Vitamin A yang tentu saja sangat bagus untuk tubuh Ibu menyusui dan tubuh bayi. Sayuran hijau juga merupakan sumber kalsium, Vitamin C dan zat besi, sehingga menjadikannya sebagai makanan yang baik untuk ibu menyusui. Tidak lupa, sayuran hijau pun mengandung antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas dan kandungan kalorinya pun rendah, cocok untuk Ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan.

Selain menawarkan banyak manfaat untuk orang sehat lainnya, buah pun ternyata memiliki manfaat uniknya tersendiri untuk Ibu menyusui. Anda dapat, bahkan wajib, memasukkan menu buah-buahan ke dalam jam makanan selingan atau snack. Dan memahami apa saja manfaat dan nutrisi yang dikandung dalam setiap makanan yang baik untuk Ibu menyusui tentunya akan meningkatkan kesadaran dan keinginan Ibu untuk mengonsumsi makanan sehat tersebut. Seimbangkan juga makanan yang baik untuk Ibu menyusui di atas dengan minum air putih yang cukup, agar tubuh Ibu tidak dehidrasi dan volume air susu selalu ada dalam jumlah yang memadai. Selamat memasuki masa menyusui yang menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *