invisible hit counter

Follow US

Beragam Obat Sariawan yang Manjur dari Bahan-Bahan Alami

Beragam Obat Sariawan yang Manjur dari Bahan-Bahan AlamiAnda pasti pernah mengalami sariawan yang pastinya terasa sangat mengganggu, sehingga penting diketahui apa saja obat sariawan yang manjur dan alami. Banyak faktor yang dapat menyebabkan sariawan, antara lain yaitu karena adanya trauma/luka pada pada permukaan rongga mulut, menkonsumsi makanan terlalu panas atau pedas, gangguan panas dalam/gangguan pencernaan, penurunan daya tahan tubuh, efek dari pemasangan kawat gigi dan gigi tiruan, gangguan pada gigi (karies gigi), faktor stres, dan adanya alergi terhadap pasta gigi tertentu atau terhadap lipstik yang mengandung zat tertentu. Selain itu sariawan juga sering diakibatkan karena kurangnya kebersihan mulut sehingga menyebabkan kuman berkembang biak di dalamnya, dan dapat juga disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu seperti zat besi, asam folat, vitamin C, dan vitamin B12.

Seseorang yang menderita sariawan biasanya akan mengalami rasa nyeri di rongga mulutnya di area yang terkena di sariawan, seperti di lidah, bibir, gusi, daerah dinding mulut, dan sebagainya. Rasa nyeri tersebut akan menimbulkan kesulitan penderitanya untuk mengunyah maupun menelan makanan. Kondisi ini pastinya sangat menyiksa dan nafsu makan pun dapat menurun. Sariawan ditandai dengan adanya perlukaan pada mukosa mulut yang biasanya berupa cekungan yang diliputi bercak berwarna putih atau kuning. Sariawan dapat timbul cuma di satu area saja dan dapat juga tersebar di beberapa area. Dan kalau sariawan yang diderita berada di banyak tempat, tentunya penderitanya akan semakin kesakitan pada waktu makanan di masukkan ke mulut.

Berbagai Obat Sariawan yang Manjur

Obat sariawan berikut ini merupakan obat sariawan yang manjur yang terbuat dari bahan-bahan alami sehingga terjamin keamanannya dan tanpa menimbulkan efek samping. Obat alami tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Bawang putih

Bawang putih yang sering digunakan untuk bumbu dapur ini mempunyai kandungan zat antibiotik alami sehingga sangat cocok digunakan sebagai obat sariawan yang manjur. Bawang putih juga dikenal berkhasiat mempercepat pertumbuhan jaringan yang luka. Cara mengobati sariawan menggunakan bawang putih yaitu dengan menyiapkan beberapa siung bawang putih kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah halus, oleskanlah bawang putih ke bagian yang menderita sariawan.

  1. Air kelapa

Air kelapa merupakan obat sariawan yang manjur karena mempunyai zat-zat elektrolit yang efektif atasi sariawan. Air kelapa juga dapat meredakan panas dalam di saluran pencernaan. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam air kepala antara lain yaitu zat besi, kalium, natrium, kalsium, magnesium, vitamin, protein, dan karbohidrat. Gunakanlah air kelapa untuk berkumur atau dapat juga digunakan untuk minuman agar sariawan yang Anda derita cepat sembuh.

  1. Air garam

Larutan air garam juga dapat digunakan sebagai obat sariwan di lidah maupun mulut karena kandungan natrium dalam garam dapat mempercepat pengeringan luka. Caranya sangat mudah, siapkan 1 sendok teh garam dapur lalu masukkan ke dalam 1 gelas air matang yang hangat dan aduk hingga rata. Setelah itu gunakanlah untuk berkumur secara rutin 3 kali sehari maka sariawan akan segera sembuh.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji merpakan jenis tanaman yang mempunyai kandungan alami untuk menyembuhkan sariawan. Caranya yaitu siapkan beberapa lembar daun jambu biji kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan pada area yang terkena sariawan. Lakukanlah secara rutin 3 kali sehari untuk menyembuhkan sariawan yang Anda derita.

  1. Kunyit

Obat sariawan yang manjur berikutnya yaitu kunyit. Kunyit merupakan tanaman yang dikenal memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan anti inflamasi. Kunyit mempunyai kandungan zat besi, vitamin C, kalsium, dan fosfor yang cukup tinggi sehingga dapat mendorong penyembuhan sariawan. Caranya yaitu siapkan beberapa potong kunyit yang sudah dikupas dan dicuci sampai bersih. Haluskan kunyit dengan cara ditumbuk atau diblender. Setelah halus, oleskanlah ramuan kunyit itu pada area yang terkena sariawan secara rutin 3 kali sehari..

  1. Pisang dan madu

Pisang dan madu dikenal sebagai zat untuk mempercepat penyembuhan luka sehingga digunakan sebagai obat sariawan mulut maupun lidah yang mujarab. Caranya sangat mudah yaitu ambil buah pisang, ambil sebagian untuk dihaluskan dalam sebuah wadah kemudian campurkan madu secukupnya. Lalu oleskan pada daerah yang menderita sariwan.

  1. Kulit manggis

Kulit manggis dikenal memiliki memiliki kandungan zat anti inflamasi dan anti radikal bebas sehingga cocok digunakan sebagai obat sariawan yang manjur. Caranya yaitu siapkan 2 buah kulit manggis yang telah dicuci sampai bersih lalu dipotong-potong. Kemudian masukkan kulit manggis yang telah dipotong-potong tersebut ke dalam wadah/panci yang berisi 3 gelas air. Rebus ramuan kulit manggis sampai airnya tersisa separuhnya. Ambil airnya dengan cara disaring, kemudian gunakan air itu untuk berkumur dan lakukan secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

  1. Memperbanyak asupan vitamin C

Anda dapat megobati sariawan dengan memperbanyak asupan vitamin C. Vitamin C banyak didapatkan di dalam buah-buahan, seperti jeruk, tomat, mangga, stroberi, buah kiwi, belimbing, dan sebagainya. Anda dapat memakan buah-buahan tersebut secara langung atau dapat pula dibuat sebagai jus. Larutannya pun juga dapat dipakai untuk cepat menyembuhkan sariawan, misalnya dengan menggunakan larutan jeruk nipis. Caranya jeruk nipis diambil airnya dan campurkan pada setengah gelas air hangat kemudian gunakanlah untuk berkumur.

  1. Memperbanyak asupan zat besi

Kekurangan zat besi juga dapat mengakibatkan sariawan. Oleh karena tingkatkanlah asupan zat besi dalam tubuh Anda dengan banyak makan sayuran. Jenis sayuran yang banyak mengandung zat besi diantaranya yaitu bayam, daun singkong, kangkung, asparagus, daun pepaya, dan brokoli. Berbagai jenis kacang-kacangan juga kaya akan zat besi, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang koro, dan kacang kapri.

Di samping mengetahui informasi tentang obat sariawan yang manjur seperti yang telah dipaparkan di atas, penting juga bagi Anda untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena sariawan. Untuk mencegah datangnya sariawan hal yang harus Anda lakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut Anda antara lain dengan selalu menggosok gigi secara rutin setiap. Selain itu hindari kebiasaan makan makanan yang terlalu pedas atau panas, berhati-hati saat makan untuk menghindari bagian mulut trauma akibat terkena alat makan atau karena tergigit, dan cukupi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh untuk menghindari terjadinya sariawan seperti zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C.

Penting juga untuk banyak mengkonsumsi air putih untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah panas dalam, dan melancarkan metabolisme tubuh. Hindari kebiasaan buruk seperti konsumsi rokok dan alkohol, serta kelola pikiran dengan baik agar terhindar dari stres yang dapat memicu terjadinya sariawan. Jika Anda menderita sariawan dalam waktu yang lama dan susah sembuh, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mendapat dapat dicari penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab berbagai penyakit yang berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh juga dapat menyebabkan terjadinya sariawan yang berkepanjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *