invisible hit counter

Follow US

Beberapa Penyebab Terlambat Datang Bulan dan Solusi Penanganannya

Beberapa Penyebab Terlambat Datang Bulan dan Solusi PenanganannyaPenyebab terlambat datang bulan pada setiap wanita biasanya memang berbeda-beda. Namun tak bisa dipungkiri ada beberapa faktor penyebab khusus yang paling sering dialami oleh para wanita. Sayangnya, kebanyakan wanita tidak mengetahui berbagai faktor penyebab tersebut dan justru sering salah kaprah. Banyak wanita yang beranggapan bahwa terlambat datang bulan berarti menandakan bahwa mereka sedang hamil. Faktanya, tidak semua kondisi terlambat haid disebabkan oleh kehamilan. Yang perlu Anda pahami di sini adalah siklus menstruasi terkadang bisa meleset dari jadwal bulanan yang mungkin sudah Anda hapal sebelumnya. Anda tidak perlu panik, dan sebaiknya pastikan dulu apa penyebab terlambat datang bulan yang terjadi.

Jika sebelumnya Anda tidak pernah melakukan hubungan badan dengan seseorang yang memungkinkan menyebabkan hamil, tentunya telat menstruasi yang Anda alami bukan merupakan pertanda kehamilan. Begitu pula sebaliknya, jika Anda sedang sangat berharap mendapat kehamilan, jangan langsung menyimpulkan bahwa Anda hamil ketika Anda mengalami terlambat haid. Ketimbang nantinya Anda kecewa, lebih baik cari tahu dulu apa penyebab yang sebenarnya. Bisa jadi di dalam tubuh Anda memang sedang mengalami gangguan kesehatan yang bisa menyebabkan terlambat haid.

Penyebab Terlambat Datang Bulan yang Perlu Diketahui Wanita

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih jauh lagi tentang berbagai penyebab terjadinya telat haid atau datang bulan. Pada kondisi normal, datang bulan biasanya terjadi dalam kurun waktu satu bulan sekali. Menstruasi akan terjadi karena dinding rahim tidak dibuahi, sehingga akhirnya meluruh. Peluruhan tersebutlah yang kemudian menjadi darah yang keluar dari kemaluan wanita. Ini proses yang normal dan wajar terjadi. Namun jika menstruasi yang biasanya didapatkan sebulan sekali, kemudian jadwalnya mundur atau terlambat, apa penyebabnya?

  1. Kehamilan

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu pertanda atau ciri-ciri awal kehamilan adalah haid yang terlambat. Meskipun tidak semua kondisi haid yang terlambat bisa diartikan sebagai kondisi hamil. Oleh karena itu jika Anda curiga apakah penyebab terlambat datang bulan yang Anda alami adalah hamil atau bukan, lebih baik pastikan dengan melakukan tes urine menggunakan test pack. Jika Anda telat haid selama dua minggu dan ketika dites urine hasilnya negatif, kemungkinan besar Anda memang tidak sedang hamil.

  1. Baru Menstruasi

Para remaja yang baru mengalami menstruasi biasanya juga sering mengalami kondisi telat haid. Lalu apakah artinya itu ciri-ciri hamil? Jangan terlalu ringan mengambil kesimpulan. Saat perempuan masih berusia remaja atau baru beranjak remaja dan baru saja mulai mengalami datang bulan, maka bisa dikatakan telat haid ini adalah kondisi yang sangat wajar. Penjelasannya adalah karena ketika baru pertama kali mulai menstruasi, keseimbangan hormon pada anak perempuan masih belum stabil seperi perempuan yang sudah mulai beranjak dewasa.

  1. Masalah Kelenjar Tiroid

Selain karena kondisi hormon yang belum stabil pada remaja, penyebab terlambat datang bulan lainnya juga bisa disebabkan karena adanya masalah kelenjar tiroid. Biasanya kondisi ini terjadi pada wanita dewasa. Kelenjar tiroid yang terganggu ternyata bisa mempengaruhi siklus datang bulan. Bahkan berbagai masalah tentang haid juga bisa disebabkan oleh kelenjar tiroid. Di mana kelenjar tersebut memang bertugas menghasilkan hormon yang berguna untuk mengatur fungsi tubuh dengan tepat, termasuk siklus menstruasi.

  1. Stres atau Depresi

Bukan hanya masalah fisik, tapi ternyata masalah psikis yang dialami oleh para wanita juga bisa mempengaruhi siklus datang bulan wanita. Biasanya penyebab terlambat datang bulan karena masalah psikis ini terjadi karena seorang wanita sedang mengalami stres atau depresi. Bahkan ketika Anda melakukan hubungan badan dan menginginkan ‘ada hasilnya’, kondisi stres dan deperesi ini akan sangat mengganggu. Bahkan usaha sekeras apapun akan sulit berhasil jika Anda melakukan hubungan badan dalam kondisi pikiran tertekan.

  1. Masalah Berat Badan

Penyebab terlambat datang bulan lainnya adalah karena masalah berat badan. Baik masalah kelebihan berat badan ataupun kehilangan berat badan. Jika Anda mengalami masalah berat badan dalam kurun waktu sekitar sebulan terakhir, maka kondisi tersebut bisa mempengaruhi siklus datang bulan. Bahkan terlambat datang bulan bisa sering terjadi. Konsumsilah makanan yang sehat supaya siklus haid bisa tetap teratur. Seperti buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian. Hindari terlalu banyak makan junkfood karena dinilai bisa berdampak pada siklus haid.

Jika Anda tidak merasa mengalami lima permasalahan di atas, jangan panik. Kemungkinan Anda sudah mendekati masa menopause, apalagi jika Anda menyadari usia Anda sudah memasuki 45 tahun atau lebih. Ini adalah proses yang ilmiah, meskipun Anda mengalami telat haid selama 1 atau 2 minggu. Adakah cara untuk mengatasi kondisi terlambat datang bulan?

Cara Mengatasi Terlambat Datang Bulan

Jika Anda mengalami gangguan terlambat haid, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya siklus haid Anda kembali seperti semula. Siklus haid setiap wanita pastinya bervariasi. Jadi setelah mengetahui berbagai penyebab terlambat datang bulan, seharusnya Anda tidak merasa khawatir lagi. Jangan panik, karena yang paling penting adalah Anda tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengatasi terlambat datang bulan yang paling mudah adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya, daun nipis ini menyimpan sangat banyak manfaat. Di dalam jeruk nipis diketahui memiliki kandungan asam askrobat, kalsium, kalori, mineral, dan fosfor. Nah, untuk membuat obat terlambat datang bulan dari jeruk nipis, cukup seduh perasan jeruk nipis dan madu murni dengan secangkir air hangat. Minum setiap hari dan rasakan perubahannya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan daun pepaya. Meskipun rasanya pahit dan tidak lebih nikmat dari jeruk nipis, namun daun pepaya cukup manjur untuk mengatasi terlambat datang bulan.

Cara mengatasi terlambat datang bulan dengan daun pepaya ini cukup mudah, yakni dengan merebus daun pepaya yang masih muda dengan 2 gelas air bersih. Campurkan juga asam, garam dan sedikit gula. Aduk sampai merata dan tunggu rebusannya sampai mendidih. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai hangat, dan minum ramuan tradisional tersebut dua kali sehari sampai siklus haid Anda kembali normal.

Jika Anda tidak mau meminum ramuan-ramuan tradisional untuk mengatasi penyebab terlambat datang bulan tersebut, ada satu cara yang lebih praktis, yakni dengan berolahraga. Lakukan olahraga secara teratur setiap minggunya supaya hormon dan siklus menstruasi lebih stabil. Jangan lupa juga untuk selalu mendapatkan waktu istirahat yang cukup setiap harinya. Jangan biasakan tidur malam atau begadang karena selain siklus haid, kesehatan Anda pun akan ikut terganggu. Sekian penjelasan tentang berbagai penyebab terlambat haid dan bagaimana cara mengatasi terlambat datang bulan. Dengan begitu, sekarang Anda merasa tidak perlu merasa khawatir ketika mengalami telat datang bulan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *