invisible hit counter

Follow US

Beberapa Ciri Ciri Wanita Hamil Muda yang Mudah Dikenali

Beberapa Ciri Ciri Wanita Hamil Muda Usia Kehamilan 1 MingguMengetahui ciri ciri wanita hamil muda saat usia kehamilan masih 1 minggu memang bukan hal yang mudah. Pasalnya ciri kehamilan yang masih sangat dini terkadang bisa menipu. Misalnya gejala telat haid, yang sering dikait-kaitkan dengan tanda kehamilan. Namun bisa saja kondisi tersebut disebabkan oleh masalah hormonal atau masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan beberapa gejala khusus yang lebih spesifik supaya Anda tidak hanya menerka-nerka apakah Anda hamil atau tidak. Apalagi ciri kehamilan 1 minggu memang belum seperti ciri ciri wanita hamil 1 bulan yang sudah bisa terlihat lebih jelas.

Pada artikel kali ini kami akan sedikit menjelaskan kepada Anda mengenai beberapa ciri ciri wanita hamil muda yang mungkin belum banyak diketahui oleh para wanita, terutama yang belum pernah hamil. Mengapa seorang wanita perlu mengetahui hal ini? Ketika seorang wanita hamil, tentu kehamilan tersebut harus sesegera mungkin mendapatkan penanganan dan perhatian khusus. Mulai dari mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan lebih teratur, membatasi aktivitas fisik dan sebagainya. Lalu tanda-tanda kehamilan seperti apa saja yang perlu dikenali sejak dini? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Mengenali Ciri Ciri Wanita Hamil Muda Secara Non Medis

Ciri ciri wanita hamil 1 bulan mungkin sudah bisa dideteksi dengan cara-cara medis, seperti pemeriksaan USG misalnya. Tapi untuk usia kehamilan yang baru 1 minggu atau belum genap 1 minggu, tentu belum bisa dilakukan pemeriksaan USG. Paling tidak saat kehamilan usianya baru 1 minggu Anda hanya bisa melakukan pengecekkan dengan menggunakan alat test pack. Namun ada juga beberapa gejala atau ciri ciri kehamilan non medis yang bisa Anda ketahui. Seperti beberapa hal berikut ini.

  1. Ukuran Payudara Membesar

Ciri ciri wanita hamil muda yang pertama adalah membesarnya ukuran payudara. Ini menjadi ciri ciri wanita hamil 1 minggu secara fisik yang paling mudah diidentifikasi. Anda bisa berdiri di depan cermin lalu melihat ukuran payudara Anda. Biasanya ada salah satu yang lebih besar dan payudara Anda juga akan lebih sensitif ketimbang biasanya. Kondisi ini terjadi akibat tubuh sedang mempersiapkan diri untuk ASI. Akan tetapi menurut beberapa ahli, ternyata tidak semua wanita hamil mengalami gejala payudara membesar, terutama yang menggunakan pil KB.

  1. Perubahan Bentuk Tubuh

Bukan hanya payudara saja yang akan menjadi lebih besar dan lebih sensitif. Tapi jika diperhatikan lebih lanjut, ciri ciri wanita hamil muda yang lain adalah wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh. Ketika hamil muda, seorang wanita biasanya akan mengalami pembesaran di beberapa bagian, mulai dari bokong, paha dan dada. Bagian tubuh atas yakni lengan kiri dan kanan biasanya juga akan mengalami pembesaran.

  1. Sering Buang Air Kecil

Ketika seorang wanita sedang hamil muda, biasanya akan mulai mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil atau bahkan konstipasi. Ciri ciri wanita hamil muda ini disebabkan oleh rahim yang semakin tumbuh besar. Rahim akan semakin menekan kandung kemih dan pada akhirnya mengakibatkan frekuensi buang air kecil semakin sering. Kondisi ini juga akan menyebabkan kandung kemih menjadi lebih cepat dipenuhi urine. Itu dia yang membuat wanita hamil muda biasanya lebih sering buang air kecil.

  1. Lebih Mudah Lelah

Ciri ciri wanita hamil 1 minggu secara fisik lainnya adalah lebih mudah lelah. Kondisi ini memang sangat terjadi di awal-awal kehamilan. Wanita yang hamil muda biasanya sering merasa ingin bermalas-malasan di tempat tidur atau di tempat-tempat yang dianggap nyaman. Kondisi ini terjadi akibat tubuh sedang melakukan penyesuaian diri terhadap adanya makhluk hidup baru, yakni janin. Ciri ciri wanita hamil muda yang mudah lelah juga sering dikaitkan dengan meningkatnya kadar hormon progesteron di dalam tubuh dan penurunan kadar gula darah.

  1. Morning Sickness

Morning Sickness ini adalah kondisi di mana seorang wanita hamil mengalami mual-mual di pagi hari bahkan sering diakhiri dengan muntah. Bahkan bukan hanya di pagi hari, namun wanita hamil muda juga bisa mengalami morning sickness sepanjang hari. Kondisi ini juga bisa terjadi sampai beberapa bulan masa kehamilan. Namun bagi sebagian wanita hamil, terkadang juga tidak merasakan gejala ini. Beberapa peneliti menyimpulkan bahwa gejala morning sickness yang dialami wanita hamil muda ini terjadi supaya si wanita hamil tidak makan sembarangan. Tujuannya adalah untuk melindungi janin yang ada di dalam kandungan dari zat-zat beracun.

Ciri Ciri Wanita Hamil 1 Minggu Secara Psikologis

Selain lima ciri ciri wanita hamil muda secara fisik seperti yang barusan sudah kami sampaikan, wanita yang usia kehamilannya baru 1 minggu juga bisa merasakan gejala mental atau psikologis. Namun terkadang gejala ini tidak dihiraukan sehingga hanya dianggap sebagai angin lalu saja. Gejala psikologis pertama yang pasti dirasakan oleh semua wanita hamil adalah mood yang labil. Mood kebanyakan wanita hamil biasanya sangat mudah berubah. Bahkan perubahan dari mood bahagia ke mood sedih atau marah bisa terjadi hanya dalam beberapa saat saja.

Ini adalah masalah yang wajar dan sepele, tapi kalau Anda menyadari pasangan Anda mengalami gejala ini, kemungkinan si wanita sedang hamil. Kondisi mood yang labil ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon secara drastis di dalam tubuh. Kemudian tubuh akan mulai menyesuaikan diri lagi dengan kehadiran hormon baru. Ciri ciri wanita hamil muda yang selanjutnya adalah wanita akan lebih sensitif terhadap bau. Terutama aroma atau bau-bauan yang menyengat. Bau tersebut bisa menyebabkan wanita hamil muda merasa mual dan muntah.

Ciri ciri wanita hamil 1 minggu secara psikologis lainnya adalah gejala ngidam. Namun menurut medis, ngidam memang tidak masuk dalam gejala wanita hamil. Tanpa alasan yang jelas seorang wanita hamil akan meminta jenis-jenis makanan tertentu, terutama yang rasanya asam atau manis. Bahkan terkadang terjadi ngidam yang tidak wajar. Misalnya wanita hamil menginginkan buah mangga, tapi harus dari pohon tetangga. Aneh sekali, bukan? Ada mitos yang mengatakan kalau ngidam sang istri tidak dituruti, maka bayi yang lahir nantinya akan berliur atau “ngiler”.

Kurang lebih seperti itulah bagaimana ciri ciri wanita hamil muda yang perlu Anda pahami dan Anda kenali sejak dini. Bukan hanya gejala fisik, namun ada juga beberapa gejala psikologis yang sering dialami oleh wanita hamil muda. Gejala-gejala kehamilan tersebut terkadang tidak disadari oleh diri sendiri, namun diketahui oleh orang lain. Namun untuk memastikan kehamilan, lebih baik lakukan pemeriksaan lanjutan secara medis di rumah sakit atau dokter kandungan. Demikian informasi singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan baru kepada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *