invisible hit counter

Follow US

Beberapa Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Mudah Dideteksi dan Dikenali

Beberapa Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Mudah Dideteksi dan DikenaliTidak semua orang tahu bagaimana mengenali ciri-ciri hamil 1 bulan pada seorang wanita. Pengetahuan ini penting terutama bagi para wanita pasangan muda yang baru menikah yang biasanya bertanya-tanya apakah dirinya sudah hamil atau belum. Kehamilan pada umumnya selalu dinanti-nantikan oleh sebagian besar pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan. Namun ada beberapa pasangan juga yang sengaja menunda kehamilan karena beberapa alasan. Apapun itu, yang pasti semua wanita perlu mengetahui tanda-tanda adanya kehamilan pada bulan pertama, agar dapat melakukan perencanaan selanjutnya jika dirinya benar-benar hamil. Tak hanya bagi wanita, bagi seorang suami pun hendaknya juga tanggap tentang kehamilan yang sedang dialami istrinya.

Dengan mengetahui ciri-ciri hamil 1 bulan ini, maka seorang calon ibu akan dapat lebih memperhatikan kesehatan janinnya. Karena ada berbagai aktifitas yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil muda karena dapat membahayakan janin yang dikandungnya, misalnya saja melakukan olahraga ekstrem, minum obat-obatan kimia tanpa resep dokter, atau makan makanan yang memicu terjadinya kontraksi pada rahim. Untuk memastikan kehamilan, biasanya wanita menggunakan alat test kehamilan (test pack) atau periksa ke dokter kandungan untuk melakukan USG. Namun, ada beberapa wanita yang kurang suka melakukannya karena was-was jangan-jangan dia tidak jadi hamil sehingga takut mengecewakan diri sendiri maupun suami yang sudah tidak sabar menantikan buah hatinya.

Mengetahui Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan Tanpa Alat

Untuk mengetahui ciri-ciri hamil 1 bulan dengan mudah tanpa menggunakan alat pada dasarnya adalah dengan memperhatikan tanda-tanda fisik maupun fisiologis yang terjadi pada tubuh seorang wanita. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Terlambat menstruasi/datang bulan

Terlambat menstruasi/datang bulan merupakan ciri-ciri hamil 1 bulan yang paling umum. Jika Anda mengalami siklus haid yang teratur dan ternyata pada bulan ini tidak mendapatkan menstruasi maka besar kemungkinan Anda sedang hamil. Tetapi cara ini biasanya agak susah diterapkan pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur, sehingga harus dipadukan dengan cara yang lain. Secara fisiologis, haid terjadi karena sel telur yang telah matang tidak dibuahi atau gagal dibuahi oleh sel sperma sehingga luruh sebagai darah haid. Tetapi jika proses pembuahan berhasil, maka sel telur (ovarium) tidak keluar dari organ intim wanita tetapi akan menempel di dinding rahim sebagai embrio.

  1. Keluarnya bercak darah/flek

Pada awal kehamilan terdapat ciri-ciri hamil 1 bulan yang sangat khas yaitu berupa keluarnya bercak darah/flek dari organ intim. Keluarnya bercak darah ini dikarenakan adanya proses implantasi (penempelan) embrio di dinding rahim. Bercak darah yang dikeluarkan biasanya hanya sedikit atau berupa flek yang berwarna merah muda atau coklat. Keluarnya bercak darah ini biasanya juga disertai adanya tanda kram perut yang terjadi dalam skala ringan. Walaupun tanda ini termasuk normal, namun harus diwaspadai jika bercak darah dikeluarkan dalam volume yang banyak dan terdapat kram perut yang hebat karena bisa jadi merupakan tanda kehamilan abnormal atau terjadinya keguguran.

  1. Payudara yang membesar

Ciri-ciri hamil 1 bulan yang berikutnya yaitu payudara menjadi lebih besar dan kencang. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Pada daerah aerola (lingkaran seputar puting susu) lebih hitam dari biasanya. Payudara biasanya lebih sensitif dan terdapat urat-urat biru di jaringan kulit yang mulai terlihat. Bahkan pada awal kehamilan beberapa wanita ASI nya sudah mulai keluar walaupun baru sedikit.

  1. Mual muntah

Adanya perubahan hormonal dan munculnya janin di dalam rahim menimbulkan ciri-ciri hamil 1 bulan berupa mual muntah. Kondisi ini biasanya terjadi di pagi hari sehingga sering disebut sebagai morning sickness. Mual muntah ini intensitasnya berbeda-beda antara wanita yang satu dengan yang lain, ada yang hanya kadang-kadang tetapi ada pula yang seringkali terjadi tanpa mengenal waktu. Bahkan ada juga wanita yang mengalami mual muntah sepanjang masa kehamilannya sampai bayinya lahir. Pada wanita hamil biasanya juga lebih sensitif terhadap bau-bau tertentu sehingga dapat lebih memicu terjadinya mual. Perubahan hormon juga dapat menjadikan wanita sangat menginginkan jenis makanan tertentu atau yang sering disebut ngidam.

  1. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil merupakan ciri-ciri hamil 1 bulan yang disebabkan adanya peningkatan hormon kehamilan, peningkatan volume darah dalam tubuh, ginjal yang bekerja ekstra keras, atau karena adanya janin yang mendesak kandung kemih. Pada wanita hamil dalam urine bercampur dengan hormon kehamilan yaitu hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang sering digunakan sebagai indikator pada test kehamilan.

  1. Mudah capek

Mudah capek merupakan ciri-ciri hamil 1 bulan yang disebabkan karena adanya janin di dalam rahim membuat jantung bekerja lebih ekstra untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibawa oleh darah dari jantung menuju janin. Pada awal kehamilan, wanita hamil biasanya riskan menderita anemia atau kurang darah. Sehingga sangat penting diperhatikan asupan nutrisi bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin yang dikandungnya.

  1. Sering sembelit

Tanda-tanda hamil 1 bulan juga dapat berupa sering mengalami sembelit. Hal ini dikarenakan karena adanya peningkatan hormon progesteron yang mengendurkan otot rahim sekaligus otot dinding usus. Mengendurnya otot dinding usus ini akan berakibat pada terjadinya sembelit pada ibu hamil. Untuk mengatasinya perbanyak makanan yang mengandung serat yang banyak terdapat pada berbagai buah-buahan dan sayuran.

  1. Perubahan pada bentuk tubuh

Pada masa awal kehamilan, walaupun perut masih kecil namun jika diamati secara teliti maka terdapat tanda-tanda kehamilan perubahan pada bentuk tubuh wanita. Selain payudara yang membesar, biasanya bagian tubuh lain seperti bokong, paha, dan lengan juga terlihat membesar. Pada wajahpun biasanya juga terlihat lebih berisi dan terlihat sayu. Namun perubahan bentuk tubuh ini biasanya agak susah dideteksi terutama pada wanita yang memiliki badan yang gemuk.

Untuk memastikan kebenaran dari ciri-ciri hamil 1 bulan yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya Anda segera melakukan test kehamilan dengan test pack maupun periksa ke bidan atau dokter kandungan agar memperoleh kepastian yang benar-benar akurat. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut paling tidak Anda sudah merasa yakin dan tidak merasa cemas atas kehamilan Anda. Jika Anda telah benar-benar hamil, maka selalu perhatikan pola hidup Anda agar tidak berdampak buruk bagi perkembangan sang buah hati, seperti menghindari rokok dan minuman beralkohol. Berusahalah untuk selalu melengkapi kebutuhan nutrisi dan beristirahat yang cukup.

Lakukan olahraga ringan untuk melatih otot dan memperlancar peredaran darah. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur sebagai penyedia vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin serta untuk memperlancar pencernaan. Jika mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya sesuai resep dari dokter, sebab ada beberapa jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi pada saat wanita sedang hamil. Jangan lupa untuk memeriksakan kehamilan Anda secara berkala baik ke bidan maupun ke dokter kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *