invisible hit counter

Follow US

Bagaimana Cara Diet Mayo yang Benar dan Efektif? Ini Dia Tipsnya

cara diet mayoMungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk mencoba cara diet mayo jika ingin mendapatkan tubuh ramping yang ideal dengan cara yang sehat. Diet Mayo merupakan suatu program diet selama 13 hari yang diciptakan oleh Mayo Clinic’s USA yang menekankan pada pantangan terhadap garam. Diet ini harus dijalankan secara penuh selama 13 hari tanpa bolong. Jika dalam masa itu ternyata Anda melanggar pantangan garam walau hanya satu kali saja, maka diet Anda dinyatakan gagal dan harus diulang dari awal. Jadi kedisiplinan menjadi kunci utama pada diet ini. Diet Mayo jika melihat pada program menu yang ditawarkan, merupakan diet yang cukup aman dilakukan tanpa menimbulkan efek samping. Pada susunan menunya, sebagian besar terdiri dari sayur dan buah-buahan.

Prinsip utama cara diet Mayo yaitu menghindari makanan yang asin atau mengandung garam. Mengapa garam harus dihindari dalam diet Mayo? Garam atau Natrium mempunyai sifat dasar menyerap air. Jadi jika di dalam tubuh kita banyak mengandung garam, maka akan terjadi penumpukan atau retensi cairan di dalam tubuh. Retensi cairan dapat terjadi di pembuluh darah maupun di berbagai jaringan tubuh. Retensi di dalam pembuluh darah menyebabkan volume darah meningkat sehingga tekanannya pun juga meningkat. Keadaan inilah yang memicu terjadinya hipertensi. Dan jika retensi cairan terjadi pada jaringan otot, maka volumenya juga akan meningkat sehingga berat badan akan terus naik dan dapat menimbulkan obesitas.

Mungkin Anda sering mendengar istilah sapi gelonggongan. Adanya penumpukan cairan yang dilakukan secara paksa ke tubuh sapi membuat berat badannya meningkat secara signifikan. Begitu juga yang terjadi pada tubuh manusia, akumulasi cairan dalam jaringan otot juga dapat meningkatkan berat badan. Dengan terdapatnya unsur garam dalam jumlah berlebih, maka air akan terikat lebih kuat dalam tubuh dan membuat ginjal menyerap kembali cairan yang normalnya dikeluarkan dalam wujud air kencing atau urine. Parahnya lagi, garam seringkali berpadu dengan makanan yang berlemak atau berkalori tinggi sehingga sangat kondusif untuk menimbulkan obesitas. Konsep inilah yang dipakai dalam diet Mayo.

Daftar Menu Makanan Cara Diet Mayo

Menu makanan diet Mayo disusun selama 13 hari, dimana untuk pengaturannya yaitu menu disusun berbeda selama 1 minggu (7 hari) dan akan diulangi pada minggu kedua. Sehingga menu hari pertama sama dengan menu hari kedelapan, menu hari kedua sama dengan menu hari kesembilan, dan seterusnya. Susunan menu makanan harian dalam diet Mayo secara rinci adalah sebagai berikut:

  1. Hari ke-1 dan 8

Cara diet Mayo pada hari ke-1 dan 8 yaitu:

Pagi    : Minum secangkir kopi atau teh, dengan menambahkan 1 sendok gula pasir

Siang  : 2 telur rebus, dengan sayuran berupa 1 ikat bayam dan 1 buah tomat

Sore   : 1,5 ons daging/bistik yang digoreng atau direbus, dengan lalapan selada yang diberi perasan jeruk lemon/sitrun. Jika tidak ada jeruk lemon, dapat diganti dengan jeruk nipis

  1. Hari ke-2 dan 9

Cara diet Mayo pada hari ke-2 dan 9 yaitu:

Pagi    : Secangkir kopi atau teh, dengan 1 sendok gula pasir

Siang  : 1,5 ons bistik yang digoreng atau direbus ditambah daun selada dan 1 buah pear

Sore   : 2,5 ons ayam kukus dan 1 buah pisang

  1. Hari ke-3 dan 10

Cara diet Mayo pada hari ke-3 dan 10 yaitu:

Pagi    : Secangkir kopi atau teh, tambahkan 1 sendok gula pasir

Siang  : 2 telur rebus, dengan sayur 1 ikat bayam dan tomat, serta 1 buah pear

Sore   : 2,5 ons ayam kukus dan selada bertabur perasan jeruk lemon

  1. Hari ke-4 dan 11

Cara diet Mayo pada hari ke-4 dan 11 yaitu:

Pagi    : Minum secangkir kopi atau teh, dengan 1 sendok gula pasir, dan makan 1 iris roti bakar

Siang  : telur rebus, wortel rebus, dan keju trim 20 gram

Sore   : 1 mangkok pepaya yang ditambahkan perasan jeruk lemon, dan minum 1 gelas susu tanpa lemak

  1. Hari ke-5 dan 12

Cara diet Mayo pada hari ke-5 dan 12 yaitu:

Pagi    : 1 wortel mentah ukuran besar yang diparut kasar kemudian diberi perasan jeruk lemon

Siang  : 2,5 ons ayam kukus, tambahkan saus mentega yang tidak asin

Sore   : 2,5 ons bistik goreng/rebus, dengan sayuran selada dan bayam

  1. Hari ke-6 dan 13

Cara diet Mayo pada hari ke-6 dan 13 yaitu:

Pagi    : Minum secangkir kopi atau teh dengan 1 sendok gula pasir, dan makan 1 iris roti bakar

Siang  : 2,5 ons ayam kukus, dan lalapan selada ditaburi perasan jeruk lemon

Sore   : 2 telur rebus, wortel mentah berukuran besar diparut dan diberi perasan jeruk lemon

  1. Hari ke 7

Cara diet Mayo pada hari ke-7 yaitu:

Pagi    : Minum secangkir kopi atau teh tanpa ditambahi gula

Siang  : 2,5 ons bistik goreng, dan 1 buah pear

Sore   : 2 telur rebus, dan makan 2 buah pisang

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Diet Mayo

Jika melakukan diet Mayo secara benar, maka berat badan Anda akan berkurang secara signifikan yaitu sekitar 7 – 8 kilogram. Selain menjalankan menu yang telah diterangkan di atas dan berpantang terhadap garam, dalam melakukan cara diet yang baik ala diet Mayo terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari makan di waktu malam hari

Makan di waktu malam hari akan memudahkan badan Anda menjadi gemuk. Sebab pada waktu malam hari tubuh sudah jarang melakukan aktifitas fisik sehingga kalori atau lemak akan sulit terbakar. Terlebih lagi jika Anda makan menjelang tidur, maka dapat dipastikan lemak dengan mudahnya menumpuk di dalam jaringan tubuh. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari diet Mayo ini maka gantilah makan malam menjadi makan sore (makan maksimal pukul 18.00).

  1. Minum air putih minimal 8 gelas per hari

Dalam menerapkan cara diet Mayo clinic, Anda tetap harus minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan minum air putih/mineral tersebut maka akan memperlancar metabolisme dalam tubuh sekaligus memperlancar pencernaan. Karena dalam diet Mayo dilarang mengkonsumsi garam maka secara otomatis Anda akan sering buang air kecil karena ginjal akan lebih sering mengeluarkan air dari dalam tubuh. Proses ini sangat baik untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya maupun yang tidak berguna dari dalam tubuh.

  1. Gunakan gula rendah kalori

Pada waktu membuat teh atau kopi dalam menerapkan diet Mayo, gunakanlah gula yang rendah kalori. Anda dapat memilih beberapa produk gula rendah kalori yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Selalu hindari minuman terlalu manis apalagi yang mengandung pemanis buatan.

  1. Terapkan pola makan sehat setelah masa diet Mayo berakhir

Setelah diet Mayo berakhir dalam 13 hari, pada hari ke-14 Anda sudah dapat kembali ke menu normal/biasa. Namun walaupun diet Mayo berakhir, bukan berarti Anda langsung makan secara bebas layaknya melakukan balas dendam. Makanlah secara wajar, jangan berlebihan. Kurangi makanan yang asin/mengandung garam, hindari makanan cepat saji (junkfood), kurangi makanan berlemak atau berkarbohidrat tinggi, perbanyak makan buah dan sayur, dan kurangi makanan/minuman yang manis-manis.

  1. Perhatikan kondisi tubuh

Walaupun cara diet Mayo ini aman bagi kesehatan, namun dalam keadaan tertentu Anda mungkin tidak dapat melakukannya karena pertimbangan medis. Misalnya saja ketika Anda sedang sakit, sedang menjalani program medis tertentu dari dokter, pada wanita hamil dan menyusui, atau pada anak dalam masa pertumbuhan. Jika ragu-ragu, maka jangan segan untuk mengkonsultasikannya kepada dokter maupun ahli gizi tentang diet yang akan Anda jalani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *