invisible hit counter

Follow US

Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia? Ini Penjelasannya

Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia? Ini PenjelasannyaDi kehidupan sehari-hari, sebenarnya ada banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan manusia. Baik secara jasmani atau untuk tubuh dan untuk kesehatan mental atau rohani. Oleh karena itu setiap orang disarankan untuk selalu meluangkan waktu berolahraga sesibuk apapun aktivitas sehari-harinya. Pasalnya tanpa melakukan olahraga, biasanya tubuh manusia akan mengalami banyak gangguan kesehatan, baik secara fisik ataupun mental. Apalagi olahraga adalah kegiatan yang sangat umum dan banyak sekali jenisnya.

Anda bisa memilih jenis olahraga favorit Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda. Sepadat apapun aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan, minimal luangkan waktu dua atau tiga hari setiap minggunya untuk berolahraga. Berolahragalah minimal 30 menit setiap sesinya. Secara umum olahraga bisa melepaskan penat yang Anda rasakan di rumah atau di kantor. Anda juga bisa meluangkan waktu dengan keluarga Anda. Benarkah demikian? Lalu apa saja manfaat olahraga manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani? Berikut penjelasan selengkapnya.

Fakta Mengenai Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Manusia

Manusia membutuhkan olahraga untuk membantu menjaga kesehatan tubuhnya. Namun faktanya, masih banyak orang yang belum tahu kesehatan seperti apa yang dimaksudkan. Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan atau mengencangkan otot saja. Melakukan olahraga secara rutin juga bukan hanya untuk melatih stamina tubuh. Banyak sekali efek secara fisik ataupun psikologi yang bisa Anda rasakan apabila Anda melakukan olahraga secara rutin. Bahkan tanpa Anda sadari, tubuh Anda lebih mudah terserang penyakit apabila tidak pernah berolahraga.

Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang, olahraga bermanfaat untuk menyehatkan dan menyegarkan badan. Mengapa bisa demikian? Saat Anda berolahraga, tubuh Anda pasti mengeluarkan keringat yang merupakan energi sisa selama beraktivitas. Nantinya energi tersebut akan segera diganti dengan yang baru. Ada baiknya jika energi yang hilang tersebut digantikan dengan makanan dan minuman yang sehat. Bukan hanya menjaga kesehatan tubuh secara umum, manfaat olahraga bagi kesehatan manusia adalah bisa melatih daya pacu jantung. Oleh karena itu orang yang rajin berolahraga biasanya tidak terlalu berisiko terkena penyakit jantung.

Jika jantung bisa bekerja dengan baik, maka darah bisa beredar ke seluruh tubuh secara lancar. Peredaran darah yang lancar bisa meringankan risiko seseorang terkena berbagai macam penyakit seperti stroke atau masalah-masalah ringan seperti keram dan kesemutan. Itulah yang membuat manfaat olahraga bagi kesehatan manusia sebenarnya sangat luas. Bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga juga sangat berperan dalam pertumbuhan. Dengan kegiatan olahraga, pertumbuhan tubuh bisa lebih cepat. Misalnya seperti pertumbuhan tinggi badan dan otot tubuh.

Manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani yang lainnya adalah mampu membuat daya ingat dan daya serap otak meningkat. Pasalnya olahraga memang bisa membantu meningkatkan kapasitas otak. Seorang ahli bernama David Atkinson mengatakan bahwa berolahraga bisa meningkatkan energi dan menambah serotonin di dalam otak. Di mana serotonin ini adalah hormorn di dalam otak yang berfungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak. Tugasnya meliputi mengatur stabilitas emosi, mengatur nafsu makan dan juga meningkatkan kemampuan pemahaman seseorang. Dengan demikian olahraga memang bisa meningkatkan produktivitas seseorang. Baik dalam melakukan pekerjaan, membangun suasana, dan sebagainya.

Bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia adalah untuk memperbaiki kualitas diet Anda. Jika Anda hanya berdiet tanpa berolahraga, hasilnya tidak akan maksimal. Dengan berolahraga otot akan lebih banyak membakar kalori saat tubuh beristirahat. Jadi metabolisme di dalam tubuh akan berjalan lebih lancar dan lebih baik. Hal tersebut juga bisa memicu seseorang untuk mengatur pola makannya, karena olahraga juga bisa membantu otak mengontrol nafsu makan. Jika itu tadi adalah beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan secara fisik, lalu apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan jiwa?

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental dan Jiwa

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa stres adalah salah satu sumber dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu janganlah stres karena Anda lebih rentan terkena berbagai penyakit. Salah satu cara mencegah stres adalah dengan berolahraga. Pasalnya aktivitas olahraga memang dinilai memiliki efek relaksasi bagi semua orang yang melakukannya. David Atkinson juga berpendapat bahwa bahagia adalah kondisi perasaan yang paling menguntungkan untuk diri orang itu sendiri. Tanpa stres orang bisa lebih mudah berbahagia, dan dengan berbahagia orang menjadi tidak mudah marah dan tentunya bisa lebih mudah menjalin hubungan baik dengan orang lain. Itulah salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia terutama dari segi psikologi.

Manfaat olahraga bagi kesehatan jiwa yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan gelombang otak alfa. Di mana gelombang otak ini memang sangat berhubungan dengan kondisi rileks atau santai. Biasanya gelombang otak ini lebih mendominasi saat seseorang melakukan meditasi. Gelombang otak alfa secara umum mulai mendominasi di otak ketika seseorang melakukan jogging selama kurang lebih 20-30 menit. Lalu apa fungsinya? Sama seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, gelombang otak ini bisa mengurangi kecemasan dan tentunya sangat menguntungkan bagi kesehatan jiwa seseorang.

Olahraga juga sangat bermanfaat bagi otak manusia. Seperti yang tadi juga sudah kami sampaikan, salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia adalah mampu meningkatkan kualitas kemampuan otak. Aktivitas olahraga bisa melancarkan penyaluran saraf di dalam otak atau yang disebut dengan brain neurotransmitter. Itulah yang membuat pikiran dan jiwa bisa merasa lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Baik saat melakukan pekerjaan atau saat melakukan ibadah. Dengan demikian tentu ini menjadi keuntungan yang sangat baik bagi manusia apabila rutin berolahraga.

Tips Melakukan Olahraga Supaya Mendapatkan Manfaat yang Maksimal

Meskipun banyak manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang bisa Anda rasakan, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Diantaranya adalah Anda tidak boleh berlebihan saat berolahraga. Misalnya Anda menyukai olahraga futsal, lalu Anda memaksakan diri untuk melakukan olahraga tersebut setiap hari selama berminggu-minggu. Jika tubuh Anda kuat melakukan hal tersebut, mungkin tidak akan ada masalah. Asalkan Anda bisa mengatur waktu istirahat Anda dengan cukup. Akan tetapi olaharaga yang berlebihan seperti itu juga bisa mengakibatkan tubuh menjadi sakit. Selain itu sebisa mungkin Anda mengimbangi olahraga rutin dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Jika Anda ingin merasakan hasil olahraga yang maksimal, usahakan selalu memenuhi kebutuhan gizi harian Anda. Jangan justru mengandalkan makanan atau minuman cepat saji, karena dampaknya kurang baik bagi tubuh.

Itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani yang mungkin beberapa diantaranya masih belum Anda ketahui. Jadi semoga setelah membaca artikel ini, wawasan Anda bisa bertambah dan bisa lebih rutin berolahraga. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *