invisible hit counter

Follow US

9 Obat Sakit Perut Melilit dari Bahan Alami yang Terbukti Ampuh

 9 Obat Sakit Perut Melilit dari Bahan Alami yang Terbukti AmpuhInformasi tentang obat sakit perut melilit berikut ini sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami gangguan pada pencernaan. Sakit perut melilit merupakan indikasi adanya gangguan dalam sistem pencernaan, biasanya pada bagian lambung dan usus. Banyak penyakit yang dapat menimbulkan terjadinya sakit perut melilit, antara lain diare, sakit maag, disentri, konstipasi (sembelit), usus buntu, dan sebagainya. Tetapi ada juga kondisi khusus yang juga dapat menyebabkan sakit perut melilit terkait dengan fungsi reproduksi, misalnya pada wanita pada saat datang bulan atau pada saat hamil. Menderita sakit perut melilit sering kali dirasakan sebagai rasa mulas atau perut seperti diremas-remas. Sakit perut melilit juga dapat terjadi akibat gangguan pada organ hati, kandung empedu, pankreas, limpa, ginjal, dan saluran kemih.

Terserang sakit perut melilit pastilah sakit mengganggu. Biasanya penderita akan susah berkonsentrasi, tidak nafsu makan, susah tidur, dan sering menahan sakit akibat gejala yang tak kunjung reda. Sakit perut melilit seringkali disertai dengan gejala lainnya, seperti rasa ingin buang air besar terus menerus, susah buang angin, sering bersendawa, susah BAB, rasa penuh di perut (kembung), nyeri hebat, maupun mual atau muntah. Kondisi ini dapat terjadi kapan saja dan dapat menyerang siapa saja yang dapat datang secara tiba-tiba maupun hilang timbul. Walaupun kelihatannya sepele, namun menderita sakit perut melilit ini jika sering datang dan sulit mengendalikannya maka tentunya dapat menurunkan produktifitas Anda.

Obat Sakit Perut Melilit yang Paling Manjur

Untuk mengobati sakit perut melilit ini, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang alami yang tersedia di alam yang sudah terbukti khasiatnya. Selain berkhasiat, obat-obat dari bahan alami pastilah lebih aman karena tanpa menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Berikut ini adalah 9 Obat sakit perut melilit yang dapat Anda pilih:

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat sakit perut melilit. Cara membuat ramuannya yaitu, ambil 1 ruas kunyit, dikupas, lalu dicuci sampai bersih. Kemudian kunyit tersebut diblender atau diparut dan diperas untuk diambil airnya. Tambahkan satu sendok madu untuk menambah khasiat sekaligus untuk mengurangi rasa getirnya. Minum secara teratur 3 kali dalam sehari untuk menyembuhkan sakit perut yang melilit.

  1. Akar bunga teratai

Di sekitar Anda pasti sering dijumpai tanaman bunga teratai. Tanaman ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat sakit perut melilit. Cara membuatnya yaitu kumpulkan akar bunga teratai kira-kira 50 gram lalu dicuci sampai bersih. Kemudian blender sampai halus akar bunga teratai tersebut lalu diperas untuk diambil airnya. Minumlah hasil perasan itu secara teratur 2 kali dalam sehari maka sakit perut melilit yang Anda alami akan segera sembuh.

  1. Daun iler

Daun iler merupakan jenis tanaman herbal yang dikenal sejak nenek moyang sebagai obat sakit perut melilit. Cara menyembuhkan sakit perut melilit dengan menggunakan daun iler yaitu petiklah daun iler yang masih muda dan segar. Cuci sampai bersih daun iler tersebut kemudian dicocolkan pada garam seperti makan rujak. Kemudian makan daun iler bersama garam dengan dikunyah sampai halus lalu ditelan. Setelah itu minum air hangat sebagai pelarut agar khasiat daun iler cepat terserap oleh usus.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji sudah sering digunakan sebagai bahan obat sakit pencernaan yang diolah secara modern. Anda pun juga dapat membuat ramuannya secara alami sebagai obat sakit perut melilit yang ampuh. Cara membuatnya yaitu siapkan beberapa daun jambu biji yang masih muda dan segar, cuci bersih, lalu masukkan ke dalam wadah berisi air kira-kira 2 gelas. Rebus beberapa saat sampai tersisa airnya sekitar 1 gelas. Saring airnya dan minum selagi hangat, konsumsi secara rutin 3 kali dalam sehari untuk menyembuhkan sakit perut.

  1. Daun delima putih

Daun delima putih juga dapat digunakan sebagai ramuan untuk obat sakit perut melilit. Cara membuat ramuannya yaitu cari beberapa lembar daun delima putih yang masih segar dan cuci sampai bersih. Lalu masukkan daun delima putih tersebut ke dalam panci berisi sekitar 2 gelas air dan direbus. Tunggu beberapa saat sampai airnya tersisa setengahnya (1 gelas). Kemudian airnya disaring dan ditampung dalam gelas, lalu diminum. Minumlah secara rutin ramuan ini untuk mengobati sakit perut melilit yang Anda alami.

  1. Akar bunga matahari

Obat sakit perut melilit yang berikutnya yaitu akar bunga matahari. Tanaman ini mempunyai khasiat alami dalam mengobati berbagai masalah pencernaan dalam perut Anda. Cara membuatnya yaitu kumpulkan beberapa akar bunga matahari lalu cuci sampai bersih. Kemudian keringkan akar bunga matahari tersebut sampai benar-benar kering dan ditumbuk sampai halus. Setelah itu masukkan hasil tumbukan itu ke dalam segelas air panas untuk diseduh. Tunggu beberapa saat sampai tidak panas (hangat), lalu diminum secara teratur 3 kali dalam sehari.

  1. Daun cermai

Daun cermai juga dapat digunakan sebagai obat perut melilit yang alami. Cara membuatnya hampir sama dengan cara membuat ramuan dari akar bunga matahari, yaitu siapkan beberapa lembar daun cermai lalu dicuci sampai bersih. Keringkan daun cermai tersebut kemudian tumbuk sampai halus. Setelah halus, lalu masukkan pada setengah gelas air panas untuk diseduh. Tunggu beberapa saat lalu minum ramuan tersebut beserta ampasnya untuk menyembuhkan sakit perut.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri baik yang bermanfaat bagi pencernaan. Sehingga dengan mengkonsumsi yogurt maka bakteri baik dalam usus Anda akan bekerja secara optimal untuk memerangi bakteri yang jahat. Yogurt merupakan minuman enak yang sangat menyegarkan. Sehingga untuk menyembuhkan sakit perut melilit, Anda dapat meminumnya secara langsung 2 kali dalam sehari.

  1. Jahe

Tanaman jahe adalah tanaman herbal serba guna untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk diantaranya sebagai obat sakit perut melilit. Cara membuat ramuannya cukup mudah, yaitu siapkan 1 ruas jahe, cuci sampai bersih, lalu digepuk supaya aromanya keluar. Masukkan jahe tersebut ke dalam 1 gelas air panas, tambahkan gula secukupnya sebagai pemanis. Kemudian minum ramuan ini selagi hangat, konsumsi 2 kali dalam sehari secara teratur.

Di samping mengkonsumsi obat sakit perut melilit yang telah dijelaskan di atas, Anda juga dapat melakukan langkah pencegahan untuk menghindari sakit perut. Langkah tersebut antara lain dengan menghindari makan yang terlalu asam atau pedas, menjaga kebersihan makanan yang Anda makan, makan makanan yang telah dimasak secara sempurna, menghindari minuman bersoda, dan menghindari makanan yang banyak mengandung gas. Makanlah secara teratur, istirahat yang cukup, jauhi rokok dan alkohol, dan hindari stres. Jika sakit perut melilit yang Anda derita tidak kunjung reda dalam waktu yang lama, sebaiknya konsultasikan ke dokter karena bisa jadi disebabkan oleh penyakit berbahaya yang harus ditanggulangi secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *